Gambaran Umum PT. Bank Sulselbar Cabang Pembantu Daya Makassar

1. Riwayat Singkat PT. Bank Sulselbar Cabang Pembantu Daya Makassar
Bank Pembangunan Daerah Sulawesi Selatan didirikan di Makassar pada tanggal 13 Januari 1961 dengan nama PT Bank Pembangunan Daerah Sulawesi Selatan Tenggara sesuai dengan Akta Notaris Raden Kadiman di Jakarta No. 95 tanggal 23 Januari 1961. Kemudian berdasarkan Akta Notaris Raden Kadiman No. 67 tanggal 13 Juli 1961 nama PT Bank Pembangunan Daerah Sulawesi Selatan Tenggara diubah menjadi Bank Pembangunan Daerah Sulawesi Selatan Tenggara.
Berdasarkan Peraturan Daerah Tingkat I Sulawesi Selatan Tenggara No. 002 tahun 1964 tanggal 12 Februari 1964, nama Bank Pembangunan Daerah Sulawesi Selatan Tenggara diubah menjadi Bank Pembangunan Daerah Tingkat I Sulawesi Selatan Tenggara dengan modal dasar Rp250.000.000. Dengan pemisahan antara Propinsi Daerah Tingkat I Sulawesi Selatan dengan Propinsi Tingkat I Sulawesi Tenggara, maka pada akhirnya Bank berganti nama menjadi Bank Pembangunan Daerah Sulawesi Selatan.
Dengan lahirnya Peraturan Daerah No. 01 tahun 1993 dan penetapan modal dasar menjadi Rp25 milyar, Bank Pembangunan Daerah Sulawesi Selatan dengan sebutan Bank BPD Sulsel dan berstatus Perusahaan Daerah (PD). Selanjutnya dalam rangka perubahan status dari Perusahaan Daerah (PD) menjadi Perseroan Terbatas (PT) diatur dalam Peraturan Daerah No. 13 tahun 2003 tentang Perubahan Status Bentuk Badan Hukum Bank Pembangunan Daerah Sulawesi Selatan dari PD menjadi PT dengan Modal Dasar Rp. 650 milyar.
Akta Pendirian PT telah mendapat pengesahan dari Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia RI berdasarkan Surat Keputusan No. C-31541.HT.01.01 tanggal 29 Desember 2004 tentang Pengesahan Akta Pendirian Perseroan Terbatas Bank Pembangunan Daerah Sulawesi Selatan disingkat Bank Sulsel, dan telah diumumkan pada Berita Negara Republik Indonesia No. 13 tanggal 15 Februari 2005, Tambahan No. 1655/2005.
Pada tanggal 10 Februari 2011, telah dilakukan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPS LB) yang dilakukan secara circular resolution dan Keputusan RUPS LB tersebut telah disetujui secara bulat oleh para pemegang saham. Keputusan RUPS LB tersebut telah dibuatkan aktanya oleh Notaris Rakhmawati Laica Marzuki, SH dengan Akta Pernyataan Tentang Keputusan Para Pemegang Saham sebagai Pengganti Rapat Umum Pemegang Saham Perseroan Terbatas PT. Bank Sulsel, Nomor 16 Tanggal 10 Februari 2011. Dimana dalam Akta tersebut para pemegang saham memutuskan untuk merubah nama PT. Bank Pembangunan Daerah Sulawesi Selatan disingkat PT. Bank Sulsel menjadi PT. Bank Pembangunan Daerah Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat disingkat PT. Bank Sulselbar.   
Perubahan ini telah memperoleh persetujuan dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia dengan nomor AHU-11765.AH.01.02. Tahun 2011 Tentang Persetujuan Perubahan Anggaran Dasar Perseroan. Disamping itu, perubahan nama ini juga telah memperoleh Persetujuan Bank Indonesia berdasarkan kepada Keputusan Gubernur Bank Indonesia Nomor: 13/32/KEP. GBI/2011 Tentang Perubahan Penggunaan Izin Usaha Atas nama PT. Bank Pembangunan Daerah Sulawesi Selatan Disingkat PT. Bank Sulsel Menjadi Izin Usaha Atas Nama PT. Bank Pembangunan Daerah Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat Disingkat PT. Bank Sulselbar.
Elemen 1 dan elemen 2 tampil sebagai satu-kesatuan (tidak terpisahkan) membentuk imaginatif sebuah perahu. Bank Sulselbar mengadopsi nilai-nilai semangat, team work, etos kerja, budaya dari sebuah perahu sebagai simbol/ciri khas daerah Sulawesi Selatan. Perahu/sompe diartikan sebagai bepergian mencari rejeki (bergerak luas mengumpulkan keuntungan) diangkat sebagai salah satu unsur budaya Sulawesi Selatan yang begitu kuat, kokoh tapi stabil dalam kedinamisannya dan bercitra modern terbuka akan segala peluang dan tantangan menuju tujuan kemakmuran bagi daerahnya. Tampil berkesan korporat perbankan/lembaga keuangan yang bersih sebagai wujud manajemen yang bersih di bawah kepemimpinan yang handal, mengerti perjalanan Bank Sulselbar dan berpijak pada nilai budaya Sulawesi Selatan dalam mengembangkan daerahnya. Bank Sulselbar dengan semangat “Good Corporate Governance” senantiasa dinamis mengemban visi dan misinya demi terwujudnya gerak perekonomian yang terus menerus.
Corporhate,mature, elegan, stabil, konstan, kokoh, handal, pengalaman, dapat diandalkan, wakil dari air dan langit (harapan).Bank Sulselbar tampil penuh keyakinan dan rasa bangga terus bergerak membangun perekonomian Indonesia dan rasa bangga membawa nama wilayah Sulawesi Selatan serta bangga membangun daerah Sulawesi Selatan. Nilai-nilai ‘PRIORITAS PRIMA.’

2. Visi dan Misi PT. Bank Sulselbar Cabang Pembantu Daya Makassar
Visi PT. Bank Sulselbar Cabang Pembantu Daya Makassar
Visi PT. Bank Sulselbar adalah menjadi Bank yang terbaik dikawasan Indonesia Timur dengan dukungan sumber daya manusia yang professional serta memberikan nilai tambah kepada Pemda dan Masyarakat.
Misi PT. Bank Sulselbar Cabang Pembantu Daya Makassar
a. Memberikan Pelayanan Prima yang berkualitas dan terpecaya
b. Mitra Strategi PEMDA dalam menggerakan sector riil
c. Memberikan nilai tambah optimum bagi stakeholder

3. Nilai-Nilai Prioritas Prima PT. Bank Sulselbar Cabang Pembantu Daya Makassar
a. Nilai Profesional
Selalu meningkatkan kemampuan untuk menjadi ahli bidangnya agar dapat memahami arah dan tujuan kerja, bertanggung jawab terhadap hasil yang dicapai dan menghasilkan
Perilaku Utama
1. Bertindak cermat dengan melakukan check dan re-check pada setiap kesempatan.
2. Bertanggung jawab terhadap tugas yang dibebankan.
3. Memberikan hasil kerja dengan kualitas terbaik pada setiap kesempatan.
4. Menggunakan waktu kerja dengan efektif dan efisien.
5. Aktif mengembangkan diri dari waktu ke waktu sesuai bidang pekerjaan.

b. Nilai Inovasi
Mengembangkan ide baru untuk menghasilkan sistem, teknologi, produk dan layanan unggulan dan dapat memberikan nilai tambah kepada stakeholder dan siap untuk mengantisipasi perubahan.
Perilaku Utama :
1. Berpikir di luar kerangka kelaziman untuk menemukan solusi terbaik.
2. Mengidentifikasi dan memanfaatkan peluang untuk menghasilkan pengembangan sistem, teknologi, produk dan layanan unggulan.
3. Mengikuti perkembangan jaman dan kemajuan teknologi.
4. Terbuka terhadap ide-ide baru yang membangun.
5. Proaktif dalam mengantisipasi perubahan.
6. Belajar dari keberhasilan dan kegagalan untuk kemajuan perusahaan

c. Nilai Kerjasama
Meningkatkan sinergi antar individu, unit kerja dan institusi dengan membagi fungsi dan peran yang sesuai serta tetap memperhatikan hubungan baik antar individu dengan prinsip kesetaraan untuk mencapai sasaran perusahaan.
Perilaku Utama :
1. Melakukan koordinasi anggota tim sesuai fungsi, peran dan tanggung jawab masing-masing untuk menyelesaikan pekerjaan.
2. Berkomunikasi dengan efektif terhadap anggota tim maupun unit-unit kerja terkait.
3. Selalu siap membantu satu sama lain untuk mencapai kepentingan bersama.
4. Saling menghargai perbedaan pendapat yang ada sebagai peluang untuk mendapatkan hasil terbaik sesuai dengan tujuan.
5. Menerima dan memberikan kritik dengan baik.
6. Saling menghormati dan mengapresiasi.

d. Nilai Integritas
Berpegang teguh pada etika bisnis perusahaan, jujur, satunya kata dengan perbuatan dan mengutamakan kepentingan perusahaan di atas kepentingan pribadi.
Perilaku Utama
1. Jujur
2. Satunya kata dengan perbuatan
3. Berani menindak atau melaporkan segala bentuk penyimpangan
4. Menjaga rahasia perusahaan
5. Mengemukakan data dan informasi secara akurat dan benar
6. Mengutamakan kepentingan perusahaan di atas kepentingan pribadi dan unit kerja

e. Nilai Layanan Prima
Kami meningkatkan sinergi antar individu, unit kerja dan institusi dengan membagi fungsi dan peran yang sesuai serta tetap memperhatikan hubungan baik antar individu dengan prinsip kesetaraan untuk mencapai sasaran perusahaan.
Perilaku Utama :
1. Memberikan layanan dengan sepenuh hati.
2. Menjiwai pekerjaan dengan berperilaku 5S (senyum, salam, sapa, sopan, santun) setiap saat.
3. Memberikan nilai tambah kepada nasabah.
4. Memberikan solusi layanan yang cepat dan akurat.
5. Menjalankan standard layanan dengan konsisten.
6. Memahami kebutuhan dan keinginan nasabah.

4. Jenis  Produk dan Layanan PT. Bank Sulselbar Cabang Pembantu Daya Makassar
Untuk memberikan jasa layanan yang optimal sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan nasabah melalui upaya peningkatan teknologi, perluasan jaringan kantor, dan kemitraan dengan lembaga/badan usaha/instansi lainnya sehingga diharapkan akan memberikan kontribusi yang semakin meningkat terhadap kinerja Bank Sulselbar yang berkaitan dengan fee based income, Bank Sulselbar memiliki jasa-jasa perbankan lainnya sebagai berikut:
a. Kiriman Uang
b. Inkasso
c. Transfer BI-RTGS
d. Bank Garansi (Jaminan Bank)
e. Surat Keterangan Bank (Referensi Bank)
f. Penerimaan Pembayaran telepon (Telkom), Listrik, air minum (PAM)
g. Telepon seluler (Telkomsel dan Indosat),pembayaran pajak
h. Pembayaran gaji/pensiunan, Bank Penerima setoran biaya penyelengaraan ibadah haji (BPIH)
i. Electronic Banking : »» ATM & »» SMS Banking

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel