Sejarah Singkat PT Suraco Jaya Abadi Motor

PT Suraco Jaya Abadi Motor didirikan pada tahun 1969 di Makassar dan berkedudukan di jalan Sulawesi no. 55. Pada awalnya bernama UD. Surako dan memulai aktivitasnya pada penjualan sepeda motor merek Yamaha.Pada tahun 1970,UD.Suraco berganti nama menjadi UD.Suraco Jaya Abadi Motor,kemudian pada tahun 1987 UD. Suraco Jaya Abadi Motor mengubah statusnya menjadi perseroan terbatas dengan nama PT Suraco Jaya Abadi Motor sesui dengan SIUP No. 152.138120-23/PB/1/1995.
Tahun 2000, PT Suraco Jaya Abadi Motor kemudian mengembangkan usahanya di Kota Palopo dan menjadi cabang resmi penjualan sepeda motor merek Yamaha satu-satunya di Tana Luwu sampai tahun 2005 dengan memulai jaringan resmi Yamaha dengan aktivitas 3S, yaitu Sales (penjualan), Spare Parts (suku cadang) dan Service (perbaikan).
Di Tana Luwu, PT Suraco Jaya Abadi Motor mempunyi cabang lain antara lain cabang Masamba, cabang Malili dan cabang belopa. Di antara beberapa cabang PT Suraco Jaya Abadi Motor, cabang Palopo yang memiliki tingkat aktivitas 3S yang lebih tinggi dari cabang-cabang lain. Dengan kata lain, dalam bidang penjualan motor, penjualan spare parts dan jumlah motor yang diservis setiap hari menunjukan bahwa cabang Palopomencapai rating teratas. Hal ini mungkin disebabkan jumlah penduduk dan pengguna sepeda motor merek Yamaha di kota Palopo lebih tinggi serta ditunjang lokasi yang strategis dan terletak di pusat kota, sedangkan dalam hal penyediaan suku cadang (spare parts) dan servis tidak semua cabang Yamaha melakukan aktivitas ini.
Sejalan dengan peningkatan kesejahteraan masyarakat dan terbukanya kesempatan berusaha yang diberikan oleh pemerintah serta dukungan tersedianya sumber daya manusia, sumber daya alam yang melimpah dan kemajuan teknologi memungkinkan banyaknya perusahaan didirikan dalam satu bidang usaha dan menghasilkan barang dan jasa yang sama, hal ini mengakibatkan persaingan usaha yang semakin kompetitif saat ini.
Oleh karena itu, bagi perusahaan yang bergerak dibidang marketing (pemasaran) hendaknya memberi sumbangan pada perluasan dan pemuasan kebutuhan dan keinginan manusia. Pemasaran haruslah merupakan sarana dari organisasi untuk mengetahui kebutuhan manusia yang tidak terpenuhi, barulah menjadi peluang usaha, menciptakan pemenuhan kebutuhan yang digunakan itu sendiri. Mempertahankan untuk tetap hidup dan memperoleh keuntungan sangat tergantung dari kemampuan untuk menciptakan manusia yang selalu berubah.
PT Suraco Jaya Abadi Motor sebagai perusahaan yang bergerak di bidang penjualan motor, spare parts dan jasa service yang berupa jasa service bergaransi dan umum (servis bayar) berupa mengoptimalkan sumber daya yang dimiliki secara berkesinambungan dalam sistem manajemen yang diterapkan untuk mengutamakan kepuasan pelanggan/konsumen.

Aspek Kegiatan Usaha PT Suraco Jaya Abadi Motor
Kegiatan penjualan (sales counter) adalah kegiatan menawarkan dan memasarkan produk sepeda motor merek Yamaha.
Kegiatan pada bagian spare parts adalah penjualan suku cadang, baik itu penjualan secara terpisah maupun penjualan dalam hubungannya dengan servis motor (penggantian alat saat servis).
Kegiatan aktivitas servis adalah kegiatan pelayanan jasa perawatan sepeda motor konsumen, khususnya merek Yamaha. Dalam kegiatan servis ini, hal-hal yang dilakukan mencakup perwatan berkala, penggantian alat dan turun mesin (over houle).

Struktur Organisasi dan Pembagian Tugas PT Suraco Jaya Abadi Motor
Organisasi merupakan sekumpulan orang atau para pemilik modal untuk melakukan kegiatan secara bersama-sama. Jadi, organisasi merupakan satuan lembaga yang turut menentukan keberhasilan suatu perusahaan, dimana hal ini dapat tercapai bila perusahaan dapat menciptakan koordinasi yang baik antara fungsi-fungsi yang ada.
Struktur organisasi yang diterapkan oleh PT Suraco Jaya Abadi Motor Cabang Palopo adalah stuktur organisasi yang berbentuk garis (LINI). Dimana pimpinan perusahaan dalam menjalankan tugasnya dan mengelola perusahaan dibantu oleh staf masing-masing karyawan. Struktur organisasi PT Suraco Jaya Abadi Motor Cabang Palopo dapat dilihat pada gambar berikut :
Gambar 3  : Stuktur Organisasi PT Suraco Jaya Abadi Motor Cabang Palopo

STRUKTUR ORGANISASI
PT SURACO JAYA ABADI MOTOR CABANG PALOPO
KEPALA CABANG
SALES COUNTER
CHIEF MECHANIC
ADMINISTRASI
KEUANGAN
KOORD.SALES

SERVICE COUNTER
SPARE PART  COUNTER
SALES FORCE
MECHANIC
DRIVER
Sumber : PT Suraco Jaya Abadi Motor Cabang Palopo

Tugas dan Tanggung Jawab PT Suraco Jaya Abadi Motor
Dari struktur tersebut terdapat fungsi-fungsi yang dalam kegiatan sehari-harinya melaksanakan tugas dan kewajiban masing-masing, sebagai berikut :
Kepala Cabang
Tugas dan tanggung jawab kepala cabang antara lain sebagai berikut:
Menyusun dan merencanakan penjualan.
Menginteraksikan pencapaian target pejualan dan jasa secara efektif dan efisien.
Menjaga hubungan baik dengan image customer.
Menganalisa, mengevaluasi dan merekomendasikan sistem prosedur pengerjaan service umum bodi repair dan lain-lainyanmg berhubungan dengan jasa service.
Mengawasi dan memotori keberhasilan dan keselamatan kerja karyawannya.
Membuat program/advertensi dengan cara yang efektif dan efisien serta mendukung peningkatan penjualan sepeda motor dan service jasa kepada pelanggan.
Memastikan tercapainya target penjualan dengan sistem strategi penjualan jasa service yang efektif dan efisien serta meningkatkan hubungan baik dengan costumer.

Sales Counter
Kegiatan pada bagian adalah :
Kegiatan menawarkan produk Yamaha, khususnya motor.
Memasarkan produk perusahaan khususnya motor merek Yamaha.
Membuat rencana penjualan dan promosi atas produk perusahaan.
Mengkoordinir berbagai kegiatan pemasaran perusahaan.
Membuat program pemasaran serta menetapkan kebijakan pemasaran yang berorientasi pada persaingan dan pengusaan pangsa pasar.
Berusaha memanfaatkan tenaga pemasaran serta maksimal untuk dapat meningkatkan penjualan produk perusahaan.

Spare Parts Counter
Kegiatan pada bagian ini adalah:
Penjualan suku cadang, baik itu penjualan secara terpisah maupun penjualan dalam hubungannya dengan service motor (penggantian alat saat service)
Menyediakan dan menjual suku cadang kendaraan bermotor yang dipasarkan.
Menjaga persediaan suku cadang secara stabil agar setiap saat dapat memenuhi permintaan konsumen.
Mengarahkan dan mengawasi kegiatan kerja kepada pelaksanaan yang menunjang kegiatan penjualan kendaraan bermotor.
Bertanggung jawab penuh atas segala kegiatan yang berhubungan dengan Spare Parts.

Service Counter
Kegiatan pada bagian ini adalah:
Pelayanan jasa perawatan sepeda motor konsumen, khusus merek Yamaha yang mencakup perawatan berkala, penggantian alat dan turun mesin (over houle) yang mengutamakan kualitas.
Melaksanakan dan menyelesaiakan administrasi keuangan dari transaksi penjualan.
Membuat program pelayanan yang bisa menjamin kepuasan konsumen.
Menyediakan fasilitas dan sarana pelayanan secara maksimal.

Chief Mechanic
Tugas dan tanggung jawab Chief Mechanic adalah:
Mengadakan pengawasan terhadap peralatan dan fasilitas-fasilitas perusahaan yang disusun pada setiap personil atau dialer perusahaan.
Mengidentifikasi sumbangan personil kepada perusahaan dan meningkatkan profesi dengan sistem tertentu.

Keuangan
Tugas dan tanggung jawab keuangan adalah:
Bertanggung jawab atas administrasi dan keuangan perusahaan, baik urusan transaksi penerimaan maupun pengeluaran uang.
Bertanggung jawab dalam pembuatan laporan, baik yang menyangkut data seluruh kegiatan atau aktivitas yang berkaitan erat dengan urusan administrasi perusahaan.
Memberi wewenang kepada bagian kredit untuk melakukan penagihan atas piutang perusahaan.
Memberi wewenang kepada bagian kasir dan administrasi keuangan perusahaan.
Mengevaluasi kegiatan yang dapat meminimumkan biaya sumber data manusia dan menyelesaiakan keluhan yang muncul.
Bertanggung jawab atas pengelolaan keuangan perusahaan.

Staf Administrasi
Memiliki tugas dan tanggung Jawab sebagai berikut:
Bertanggung jawab atas kelancaran dan pelaksanaan administrasi.
Mengurus pembukuan.
Memelihara, menyusun dan mengevaluasi statistik, membandingkan dan membantu aktivitas promosi.
Mempersiapakan, menulis dan menyusun faktur.
Mengatur file dan mempersiapakan pembayaran gaji.
Berkorespondensi dengan customer bila dibutuhkan dan pekerjaan kantor rutin.
Menyiapakan segala kebutuhan rumah tangga perusahaan pada saat dibutuhkan.

Driver
Tugas dari driver adalah mengantarkan motor kepada pelanggan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel