Gambaran Umum PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk Kantor Wilayah Makassar

Sejarah Singkat PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk Kantor Wilayah Makassar
Dirikan pada tanggal 5 Juli 1946, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI menjadi bank pertama milik negara yang lahir setelah kemerdekaan Indonesia. Lahir pada masa perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia, BNI sempat berfungsi sebagai bank sentral dan bank umum sebagaimana tertuang dalam Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang No.2/1946, sebelum akhirnya beroperasi sebagai bank komersial sejak tahun 1955. Oeang Republik Indonesia atau ORI sebagai alat pembayaran resmi pertama yang dikeluarkan Pemerintah Indonesia pada tanggal 30 Oktoer 1946 dicetak dan diedarkan oleh Bank Negara Indonesia. 
Menyusul penunjukan De Javache Bank yang merupakan warisan dari Pemerintah Belanda sebagai bank sentral pada tahun 1949, Pemerintah membatasi peran BNI sebagai bank sentral. BNI lalu ditetapkan sebagai bank pembangunan dan diberikan hak untuk bertindak sebagai bank devisa pada tahun 1950 dengan akses langsung untuk transaksi luar negeri. Kantor Cabang BNI pertama di luar negeri dibuka di Singapura pada tahun 1955.
Peran BNI untuk mendukung perekomonomian Indonesia semakin strategis dengan munculnya inisiatif untuk melayani seluruh lapisan masyarakat dari Sabang sampai Merauke pada tahun 1960-an dengan memperkenalkan berbagai layanan perbankan seperti Bank Terapung, Bank Keliling, Bank Bocah dan Bank Sarinah. Tujuan utama dari pembentukan Bank Terapung adalah untuk melayani masyarakat yang tinggal di kepulauan seperti di Kepulauan Riau atau daerah yang sulit dijangkau dengan transportasi darat seperti Kalimantan. BNI juga meluncurkan Bank Keliling, yaitu jasa layanan perbankan di mobil keliling sebagai upaya proaktif untuk mendorong masyarakat menabung.
Sesuai dengan UU No. 17 Tahun 1968 sebaga bank umum dengan nama Bank Negara Indonesia 1946, BNI bertugas memperbaiki ekonomi rakyat dan berpartisipasi dalam pembangunan ekonomi nasional.
Segmentasi nasabah juga telah dibidik BNI sejak awal dengan dirintisnya bank yang melayani khusus nasabah wanita yaitu Bank Sarinah dimana seluruh petugas bank adalah perempuan dan Bank Bocah yang memberikan edukasi kepada anak-anak agar memiliki kebiasaan menabung sejak dini. Pelayanan Bank Bocah dilakukan juga oleh anak-anak. Bahkan sejak 1963, BNI telah merintis layanan perbankan di perguruan tinggi saat membuka Kantor Kas Pembantu di Universitas Sumatera Utara (USU) di Medan.  Saat ini BNI telah memiliki kantor layanan hampir di seluruh perguruan tinggi negeri maupun swasta terkemuka di Indonesia.
Dalam masa perjalanannya BNI telah mereposisi identitas korporatnya untuk menyesuaikan dengan pasar keuangan yang dinamis. Identitas pertama sejak BNI berdiri berupa lingkaran warna merah dengan tulisan BNI 1946 berwarna emas melambangkan persatuan, keberanian, dan patriotisme yang memang merefleksikan semangat BNI sebagai bank perjuangan. Pada tahun 1988 , identitas korporat berubah menjadi logo layar kapal & gelombang untuk merepresentasikan posisi BNI sebagai Bank Pemerintah Indonesia yang siap memasuki pasar keuangan dunia dengan memiliki kantor cabang di luar negeri. Gelombang mencerminkan gerak maju BNI yang dinamis sebagai bank komersial Negara yang berorientasi pada pasar.
Setelah krisis keuangan melanda Asia tahun 1988 yang mengguncang kepercayaan masyarakat terhadap perbankan nasional, BNI melakukan program restrukturisasi termasuk diantaranya melakukan rebranding untuk membangun & memperkuat reputasi BNI. Identitas baru ini dengan menempatkan angka ‘46’ di depan kata ‘BNI’. Kata ‘BNI’ berwarna tosca yang mencerminkan kekuatan, keunikan, dan kekokohan. Sementara angka ‘46’ dalam kotak orange diletakkan secara diagonal untuk menggambarkan BNI baru yang modern.

Visi dan Misi PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk Kantor Wilayah Makassar
a. Visi BNI
“Menjadi Lembang Kuangan yang Unggul dalam Layanan dan Kinerja”
b. Misi BNI
1. Memberikan layanan prima dan solusi yang bernilai tambah kepada seluruh nasabah, dan selaku mitra pilihan utama.
2. Meningkatkan nilai investasi yang unggul bagi investor.
3. Menciptakan kondisi terbaik bagi karyawan sebagai kebanggan untuk berkarya dan berprestasi.
4. Meningkatkan kepedulian dan tanggung jawab kepada lingkungan dan komunitas.
5. Menjadi acuan pelaksanaan kepatuhan dan tata kelola perusahaan yang baik bagi indsutri.

Lokasi PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk Kantor Wilayah Makassar    
PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. Kantor Wilayah Makassar terletak di jalan Jenderal Sudirman No.1 Makassar 90222

Budaya PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk Kantor Wilayah Makassar
Budaya Kerja BNI “Prinsip 46” merupakan Tuntunan Perilaku Insan BNI, terdiri dari:
a. 4 (empat) nilai budaya kerja
1) Profesionalisme
2) Integritas
3) Orientasi Pelanggan
4) Perbaikan Tanpa Henti
b. 6 (Enam) Nilai Perilaku Utama Insan BNI
1) Meningkatkan Kompetensi dan Memberikan Hasil Terbaik
2) Jujur, Tulus, dan Ikhlas
3) Disiplin, Konsisten dan Bertanggungjawab
4) Memberikan Layanan Terbaik Melalui Kemitraan yang Sinergis
5) Senantiasa Melakukan Penyempurnaan
6) Kreatif dan Inovatif

Penghargaan PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk Kantor Wilayah Makassar
1. Best Trade Finance Bank dan Best Cash Management Bank yang kesepuluh kalinya dari Alpha Southest Asia Best Financial Institution Awards.
2. Best Local Cash Management Bank in Indonesia (as voted by Large and Medium Corporates) dan 2nd Best Local Cash Management Bank in Indonesia (as voted by Small Companies) 2016 dari Asiamoney.
3. Best In Cash Management Indonesia Bank 2016 dari CFO Innovation.
4. Most Trusted Company Based On Investors and Analysts Assesment Survey 2016 dari Majalah SWA.
5. Most Trusted Company Based On Corporate Governance Perception Index (CGPI) 2016 dari Majalah SWA.
6. Best State Owned Enterprise 2016 dari Indonesia Institute for Corporate Directorship.
7. Peringkat I Sustainability Reporting Award 2016 dari NCSR.
8. Peringkat II Sustainable Finance Award 2016 dari Otoritas Jasa Keuangan.
9. Best Digital Brand (Kartu Kredit Bank Umum Konvensional) dari Infobank
10. Rekor Muri berupa Pembukaan 100.000 Rekening Tabungan SIMPEL saat Program Makassar Smart Student Card 2016.
11. Rekor Bisnis 2016 dari Koran Sindo dan Tera Foundation
12. Indonesia Best e-Mark Award 2016 dari Telkom University.

Struktur Organisasi PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk.
Di dalam sebuah organisasi, baik itu berbentuk organisasi perusahaan maupun organisasi perkumpulan biasa, pasti mempunyai struktur organisasi. Salah satu tujuannya adalah untuk menggambarkan batas-batas tugas, wewenang, dan tanggung jawab serta bagaimana hubungan antara suatu bagian dengan bagian yang lainnya dalam organisasi, dibutuhkan personil yang memegang jabatan tertentu dalam organisasi. Struktur organisasi pada PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel