Latar Belakang Peran Sekretaris Pada PT Pelindo IV (Persero) Makassar

Tugas Akhir / Skripsi - Latar Belakang Peran Sekretaris Pada PT Pelindo IV (Persero) Makassar

Seiring dengan kemajuan teknologi yang begitu pesat mengakibatkan kemajuan di berbagai bidang, tidak terkecuali bidang sekretaris yang mengalami banyak perubahan. Salah satunya mengenai peran sekretaris. Pekerjaan sekretaris terus berkembang seiring dengan tingkat kedudukan sekretaris serta tugas dari pimpinan. Sejalan dengan kemajuan teknologi dan tingkat kebutuhan yang tinggi, pekerjaan semakin bertambah. Dari masa ke masa pekerjaan sekretaris awalnya hanya membantu pimpinan di kantordalam menangani surat-menyurat, selanjutnya tugas sekretaris semakin diperluas dengan pekerjaan lainnya dalam membantu pimpinan. Sekarang seorang sekretaris pada umumnya adalah seseorang yang membantu pimpinan untuk meringankan pekerjaannya agar pimpinan dapat bertindak secara efektif dan efisien dalam melaksanakan tugasnya.

Dalam dunia kerja yang sibuk membutuhkan banyak karyawan untuk meringankan tugas dalam mencapai tujuan kantor, seorang sekretaris diharapkan dapat membantu mengatasi berbagai kesibukan, membantu menyelesaikan kesulitan pekerjaan sehingga bisa dicapai dengan hasil sesuai dengan yang diharapkan, serta memberikan motivasi bagi pemimpin.

Seorang sekretaris merupakan cerminan dari sebuah perusahaan atau kantor tempat bekerja, maka sekretaris yang baik adalah sekretaris  yang mampu membawa dan menempatkan dirinya dimanapun dia berada. Selalu bersikap profesional dalam menghadapi masalah. Bersikap ramah kepada siapa saja dan selalu siap membantu tanpa merasa dirinya paling benar. Selain itu, dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih seperti adanya internet, sangat membantu dalam tugas sekretaris sebagai penyedia informasi.

Sekretaris harus selalu mencari informasi baik yang berhubungan dengan kepentingan kantor maupun informasi yang tidak berkaitan dengan kantor agar sekretaris mempunyai pandangan dan wawasan yang tinggi. Selain itu sekretaris juga harus mempunyai sikap sopan dan bijak dalam mengambil setiap keputusan. Jika hal ini diterapkan, maka citra nama kantor akan naik dengan sendirinya. Banyak juga perusahaan yang berkembang dilatar belakangi oleh seorang  sekretaris yang ahli, cekatan dan mampu dalam menyelesaikan tugasnya. Karena sekretaris tidak hanya dituntut untuk membantu tugas pimpinannya, namun turut berpartisipasi dan berperan dalam membantu kelancaran aktivitas dunia kerja atau kantor yang menaunginya. Sekretaris harus banyak memahami tentang perusahaan tempatnya bekerja, apa yang akan dihadapi, bagaimana mengatasinya dengan cepat dan tepat dan memiliki informasi-informasi yang dapat membantu kelancaran tugas pimpinan maupun kantor atau organisasinya.

Selain itu sekretaris bukan semata mata hanya memberikan bantuan kepada pimpinannya dalam hal mengetik, menyimpan surat, menerima tamu dan menelepon saja, akan tetapi sekretaris dituntut dapat membantu dalam hal menyiapkan serta menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan bidang perkantoran.Sekretaris mempunyai peranan penting untuk membantu kantor, karena dengan adanya sekretaris maka pekerjaan dapat berjalan lancar serta membantu tercapainya tujuan yang diinginkan sesuai dengan aturan-aturan yang ada dalam kantor tersebut. Peranan sekretaris dalam kantor salah satunya adalah menjaga rahasia dan membantu memperlancar aktivitas kantor oleh karena itu tanggung jawab sekretaris sangatlah besar bagi kantor.

Pekerjaan sekretaris sangat berdampak besar bagi kantor, karena sekretaris dapat membantu pimpinan dalam menyelesaikan pekerjaannya seperti menangani surat masuk dan surat keluar, mempersiapkan rapat, menelpon, mengatur perjalanan dinas pimpinan dengan relasinya, serta menyusun jadwal kegiatan pimpinan. Tugas seorang sekretaris cukup kompleks, sehingga memerlukan kreativitas yang cukup tinggi. Tidak semua pekerjaan sekretaris membutuhkan tanggung jawab yang sama, pekerjaan dan tanggung jawab itu pada dasarnya tergantung kepada tuntutan, kemampuan dan keahlian sekretaris yang bersangkutan dan tergantung kepada syarat yang diajukan oleh perusahaan yang bersangkutan. Pada intinya sekretaris harus mampu menangani segala pekerjaan yang dilimpahkan kepadanya dan menangani pekerjaan tersebut dengan penuh tanggung jawab.

Sekretaris dapat dikatakan elemen yang penting dalam sebuah dunia kerja. Sekretaris dapat dikatakan tangan kanan atau orang kepercayaan dari pimpinan, sehingga menjadi orang yang dipercaya membantu menyelesaikan tugas pimpinan bahkan menjaga rahasia kantor. Maka dengan tanggung jawab ini sekretaris harus memiliki kepribadian yang baik dan kuat, yaitu mampu menentukan dan mengatur dirinya sendiri dalam melakukan sesuatu dan mampu menempatkan diri dalam segala situasi.

Sekretaris mengerjakan tugasnya tersebut dengan caranya sendiri dan dengan ilmu serta pengetahuan yang dimiliki. Tidak semua karyawan dapat mengerjakan apa yang sekretaris lakukan. Pimpinan juga memiliki banyak kegiatan atau pekerjaan yang mempunyai batas kemampuannya untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut dan ketika pimpinan sedang kesulitan mengerjakan itu semua, disinilah sekretaris dapat berperan.

Pada PT Pelindo IV (PERSERO) Makassar, sekretaris juga mempunyai  peranan yang sangat penting di dalam menyelesaikan dan membantu tugas-tugas  kantor. Seorang sekretaris  PT Pelindo IV (PERSERO) Makassar harus memiliki pengalaman dan  pengetahuan cukup luas,  harus menimbulkan kesan yang baik kepada atasan  ataupun karyawan lainnya. Selain itu harus bersikap ramah, sopan-santun, cekatan dan teliti karena sekretaris mempunyai tugas dan tanggung jawab yang besar .

Sekretariat Perusahaan PT Pelindo IV (PERSERO) Makassar mempunyai fungsi perencanaan, penyelenggaraan, pembinaan dan evaluasi kegiatan komunikasi perusahaan, kehumasan, hubungan antar lembaga dan luar negeri, kesekretariatan Direksi, Tata Kelola Perusahaan (Good Corporate Governance) serta kegiatan program kemitraan dan bina lingkungan.

Tugas-tugas Sekretariat Perusahaan PT Pelindo IV (PERSERO) Makassar adalah Mengelola kesekretariatan Direksi, rapat Direksi, rapat Komisaris, RUPS, dan kegiatan administrasi Direksi lainnya, Menyusun dan melaksanakan program komunikasi perusahaan, termasuk komunikasi eksternal, komunikasi internal, dan kehumasan, Melaksanakan kegiatan hubungan kelembagaan dan hubungan masyarakat dengan pihak-pihak yang berkepentingan atas informasi dari perusahaan, Pengawasan terhadap penerapan Good Corporate Governance (GCG) yang berlandaskan prinsip-prinsip transparansi, kemandirian, akuntabilitas pertanggungjawaban dan kewajaran di lingkungan Perseroan.Merencanakan, memonitor dan mengevaluasi program kemitraan dan bina lingkungan.

Demikian tugas akhir / skripsi mengenai Latar Belakang Peran Sekretaris Pada PT Pelindo IV (Persero) Makassar, semoga dapat bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel