Tinjauan Promosi melalui social media pada PT GARUDA INDONESIA cabang Makassar

Latar Belakang Tinjauan Promosi melalui social media pada PT. GARUDA INDONESIA cabang Makassar

Perkembangan internet, khususnya  penggunaan social media beberapa tahun terakhir ini sungguh sangat mencengangkan. Semua orang seolah-olah mulai berbondong-bondong  menuju tren digital ini, mereka menemukan media baru untuk mengekspreksikan diri, membentuk opini, berbagi informasi atau sekedar mencari kawan. Media baru ini bersifat interaktif, horisontal dan mencerdaskan yang membuat cara berkomunikasi berubah sama sekali.

Internet merupakan kumpulan  jaringan-jaringan di seluruh dunia yang terkoneksi menjadi sebuah jaringan global. Seiring berkembangnya zaman, kemajuan teknologi internet semakin maju pesat. Di internet kita bisa bermain game, menonton, mencari informasi berupa data, gambar, suara atau video, dan kita juga bisa berinteraksi dengan pengguna internet di seluruh dunia melalui sosial  atau jejaring sosial. Sekarang ini sudah banyak menjamur di dunia berbagai sosial media dan jejaring sosial dengan berbagai fiturnya yang canggih. Seperti blog, facebook, twitter, google+, path, whatsapp, skype, wechat, BBM (Blackbeery Messenger) , dan lain lain.

Data kuantitatif dari penggunaan social media, khususnya Facebook dan Twitter di Indonesia saja menyebutkan bahwa 15% tweet di dunia berasal dari Indonesia, per Januari 2011 ada sekitar 4.883.228 akun twitter yang berasal dari Indonesia dan sekaligus menempatkan Indonesia di urutan kedua untuk jumlah akun Facebook terbersar di Dunia. Tentu, dengan data statistik tersebut bisa dilihat betapa besarnya potensi yang seharusnya bisa dimanfaatkan oleh perusahaan untuk mengembangkan peluang-peluang baru atau sekedar untuk bisa bertahan ditengah persaingan.

Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih, saat ini penggunaan internet sudah tidak asing lagi untuk memasarkan suatu produk atau jasa. Suatu usaha yang dilakukan untuk melakukan pemasaran produk atau jasa dengan menggunakan media internet dapat disebut juga e-marketing. E-marketing adalah sisi pemasaran dari e-commerce, yang terdiri dari kerja dari perusahaan untuk mengkomunikasikan sesuatu, mempromosikan, dan menjual barang dan jasa melalui internet.

E-commerce adalah sistem penjualan yang berkembang setelah ditemukan Internet. Sistem pemasaran atau penjualan seperti ini bisa menjangkau seluruh dunia pada saat yang bersamaan tanpa harus mendirikan kantor cabang di semua negara. Selain itu juga biasa dilakukan 24 jam tanpa berhenti. Dengan hanya melalui unit komputer yang terhubung ke Internet, perusahaan dapat memasarkan produk-produknya. (Arifin, 2003: 101).

Perusahaan yang berorientasi kepada pasar harus memikirkan bagaimana mempengaruhi konsumen, khususnya pembeli potensial agar bersedia membeli produk yang dihasilkan. Untuk dapat bertahan dalam keadaan yang peka terhadap perubahan yang penuh persaingan saat ini, sebuah perusahaan pertama-tama harus menentukan apa yang dapat dijual dan strategi apa yang dapat meningkatkan pelanggan.

Sebagian besar industri-industri masih cemas tentang bagaimana memasarkan produk mereka dan bagaimana dapat bertahan dalam pasar yang penuh persaingan. Dengan ketentuan yang dihadapi perusahaan-perusahaan tersebut, maka umpan balik dari pelanggan atau konsumen yang mengenai efektivitas promosi penjualan cukup penting, untuk membantu kelangsungan hidup perusahaan.

Promosi adalah salah satu kegiatan marketing yang salah satu fungsinya untuk meningkatkan hasil penjualan, baik secara langsung maupun tidak langsung. Oleh sebab itu promosi sangat penting bagi perusahaan, dalam usaha untuk memasarkan dan memperkenalkan hasil produk perusahaan.

Berbagai macam cara dilakukan oleh para pengusaha di bidang penerbangan untuk menarik minat para konsumenn. Biasanya para pengusaha di bidang penerbangan membuat berbagai macam strategi bisnis, mulai dari promosi penjualan tiket hingga pelayanan yang lebih kepada pelanggan. Hal ini mereka lakukan untuk mendapatkan pangsa pasar yang baik dan mereka bisa lebih unggul dari para pesaing yang lain.

Kemunculan teknologi informasi saat ini membawa perubahan dalam segala aspek khususnya komunikasi. Salah satunya yaitu kemunculan internet merupakan inovasi besar yang mampu memberikan fasilitas kemudahan bagi penggunanya. Internet menjadi media komunikasi efektif, efisien, dan murah.

Kemajuan teknologi ini juga membawa perubahan bagi konsumen, pasar, dan pemasaran (marketing). Teknologi ini disebut sebagai new wave technology.

New wave technology adalah teknologi yang memungkinkan konektivitas dan interaktivitas antar individu dan kelompok. Hermawan Kartajaya (2010: 2) mengatakan pada perkembangan teknologi ini, pemasar juga mengalami perubahan fungsi dimana konsumen memiliki informasi yang cukup serta dapat membandingkan berbagai macam penawaran dari produk-produk sejenis.

Perkembangan teknologi informasi membawa perubahan dalam cara berkomunikasi. Prahalad dan Ramaswamy dalam Kartajaya (2010: 12) berpendapat bahwa peran konsumen telah berubah. Hal ini ditunjukkan dengan pergeseran dalam peran konsumen dari terisolasi menjadi saling terhubung dimana dalam mengambil keputusan mereka cukup mendapat informasi.

Kemunculan internet berbasis social media (media social) membawa perubahan baru bagi masyarakat dalam berkomunikasi. Social media membuat seorang berkomunikasi dengan ratusan bahkan ribuan lain. Kotler (2010:7) mengklasifikasikan media sosial yang ekpresif meliputi Blog, Twitter, Flickr, YouTube, Facebook dan situs jejaring sosial lainnya dan kolaboratif seperti Wikipedia, Rotten Tomatoes, dan Craigslist. Kedua jenis media sosial ini membentuk pasar yang berbeda karena karakteristiknya. Jejaring sosial seperti Facebook merupakan sarana interaksi antar individu untuk menjalin komunikasi dimanapun mereka berada.

Social Networking merupakan sebuah komunitas atau wadah sebagai tempat berkumpulnya individu-individu untuk membuat sebuah group untuk membangun hubungan yang baik. Selain itu, situs jaringan sosial tidak hanya digunakan untuk berkomunikasi atau berinteraksi dengan orang lain secara global tetapi, hal ini juga merupakan salah satu cara efektif untuk melakukan promosi bisnis secara online.

Pemasaran dengan strategi promosi melalui internet khususnya dengan social media (jejaring sosial) dapat meningkatkan penjualan secara luas dan tidak memerlukan biaya pemasaran yang mahal. Konsumen juga akan lebih mudah untuk mencari informasi mengenai produk yang ingin mereka beli karena tidak perlu tatap muka secara langsung.

Data yang dilansir situs www.evadollzz.com, menunjukkan 10 situs social media terpopuler di tahun 2016, Facebook menduduki posisi pertama, disusul Twitter, Google +, Instagram, Pinterest, Tumblr, Flickr, Linkedin, Ask Fm, dan Social chat Apps. Selain itu, jumlah pengguna internet Indonesia setiap tahunnya terus mengalami peningkatan yang signifikan.

Pembahasan Tinjauan Promosi melalui social media pada PT GARUDA INDONESIA cabang Makassar

1. Penerapan promosi melalui social media
PT. Garuda Indonesia memang menerapkan promosi melalui social media. PT. Garuda Indonesia memiliki beberapa akun social media diantaranya :
- Instagram
- Line
- Facebook
- Twitter dll

Menurut Ibu Widia Winarni Bunga :
Akun social media Garuda Indonesia setiap hari mem-posting sesuatu seperti memberitahu produk-produk apa saja yang dimiliki Garuda Indonesia. Namun media social yang paling aktif digunakan Garuda Indonesia untuk melakukan promosi yaitu line dan instagram, di social media instagram sudah pernah dilakukan kontes dan social media line setiap 2 minggu sekali melakukan kuis. hal ini dilakukan agar dapat meningkatkan awareness customer dan agar orang-orang  selalu memantau akun media social garuda Indonesia.

Yang menjelaskan tentang peningkatan followers social media Line Garuda Indonesia dari bulan Oktober 2015 – Maret 2016.
Selain murah promosi social media juga mudah karena tidak membutuhkan waktu yang lama untuk memasang iklan agar langsung dilihat oleh masyarakat. Garuda Indonesia berusaha memperbanyak costumer terutama dikalangan yang muda-muda. Menurut Ibu Winarni, walaupun media konvensional dipasar Makassar masih paling kuat. misalnya, billboard, Koran, radio dan digital marketing. Dimana pada digital marketing Garuda Indonesia dibagi 2 (dua) yaitu:
- Email blast dan
- Sms blast
Yang memiliki costemer best lebih dari 40.000 customers.

Hambatan yang dihadapi dalam menerapkan promosi melalui social media yaitu : dari segmentasi costumer, di pasar Makassar diakui bahwa masyarakat lebih banyak memperoleh informasi melalui media konvensional. yang cukup besar yaitu email. Memang social media ada pasarnya tapi, belum terlalu besar Garuda Indonesia baru growing di pasar itu . cuman untuk mindcommunication banyak yang join di social media tapi tahap convention read ke buying itu masih rendah, dibanding membaca Koran dan membaca email convention read-nya lebih besar.

Cara mengatasi hambatan dalam menerapkan promosi melalui social media tersebut yaitu : Membiasakan seseorang melihat akun Garuda Indonesia dengan cara memberikan kuis otomatis dari pihak Garuda Indonesia akan memberikan hadiah, voucher dll. Menurut Ibu Widia Winarni dengan hal ini akan menarik customer untuk membaca dan mencari informasi melalui akun social media Garuda Indonesia sehingga mereka  akan terbiasa membuka akun social media Garuda Indonesia.

2. Strategi pengembangan Social Media
Pertama, membuat seseorang mengerti dan tahu social media yang dimiliki dengan cara mempromosikan melalui media konvensional atau media non-social media.
Kedua, meningkatkan Awareness dengan cara membagi-bagikan 200 sampai 300 voucher jadi hal ini dapat memicu customer untuk join di akun social media Garuda Indonesia sehingga selain menambah Awareness juga akan menambah followers.
Ketiga, keep them interested dengan akun social media Garuda Indonesia
- Men-share informasi yang dibutuhkan customer
- Make them existed dengan cara membuat kuis, secara otomatis mereka akan menunggu sesuatu atau Reward ketika mereka memantau social media Garuda Indonesia.
- Dan meluncurkan produk-produk terbaru atau promosi garuda Indonesia lebih dulu melalui social media karena lebih mudah, murah dan cepat dibanding billboard yang harus mengantri dan butuh biaya yang besar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel