FAJAR TV Makassar
Sunday, 27 August 2017
Gambaran Umum FAJAR TV Makassar
FAJAR TV Makassar adalah stasiun televisi lokal yang berada di Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia. Resmi didirikan pada tanggal 31 Desember 2007 dengan nama PT FAJAR TELEVISI MAKASSSAR,. Stasiun televisi ini merupakan jaringan dari Jawa Pos TV di Jakarta. Dengan semangat mengembangkan daerah melalui media penyiaran, khususnya televisi yang didukung oleh profesional muda dari berbagai latar belakang dan disiplin ilmu yang berbeda, FAJAR TV Makassar menggebrak dominasi televisi swasta dengan slogan, FAJAR TV Cess…! (2007-2009), TVna Orang Sulsel (2009-2010), News & kuis (2010-Juli2010), seratus persen sulsel (2010-sekarang) dengan Moto “Makassar yang sebenar-benarnya” yang beroperaasi pada frekuensi 49 UHF, saat ini dijabat oleh M Sahlan Kartono. FAJAR TV dimiliki oleh Surat kabar Fajar dan Grup Jawa Pos.
Secara kontinyu sejak tahun 2007, Fajar TV Makassar mengudara sejak pukul 07.00 Wita hingga pukul 22.00 Wita. Secara geografis, jangkauan siaran Fajar TV Makassar kini mencakup wilayah yakni Kota Makassar, Kabupaten Pangkep, Kabupaten Maros, Kabupaten Gowa, Kabupaten Takalar, kabupaten bulukumba, Kabupaten Sinjai, Kabupaten Bantaeng, Kabupaten Jeneponto dan kabupaten selayar.
Hasil penelitian Fajar Televisi Makassar mengenai strategi promosi dalam menarik minat pengiklan dengan mewawancarai beberapa informan yang dilakukan kurang lebih dua bulan mendapatkan hasil bahwa devisi marketing Fajar Televisi Makassar menyusun sebuah strategi promosi ada dua strategi pokok yaitu strategi bauran promosi yang berupa Advertising (Pengiklan), personal selling, direct marketing, publicity dan public relations, serta strategi pemilihan media.
Hal yang mendasari dari lima elemen bauran promosi dan pemilihan media yang digunakan adalah efektifitasnya seperti yang dikemukakan oleh Taufik (Manager Marketing)
“terkait strategi apa yang akan kita gunakan dalam promosi didasarkan seberapa besar efektivitas dari masing-masing strategi terhadap minat klien untuk beriklan”
Berikut penjelasan dari lima elemen strategi bauran promosi yang dilakukan Fajar Televisi Makassar:
1. Advertising
Periklanan menjadi bagian promosi yang paling penting dalam menawarkan produk barang atau jasa, Taufik (Manager Marketing) menjelaskan bahwa:
“iklan merupakan elemen penting dari bauran promosi, baik itu melalui media cetak, elektronik atau online tergantung kebutuhan perusahaan. Fajar TV Makassar menggunakan iklan untuk memberi informasi kepada masyarakat tentang jasa yang kami tawarkan.”
2. Publicity
Salah satu cara dalam publisitas yang di lakukan Fajar Televisi Makassar adalah menjadi media partner, lebih lanjut Taufik (manager marketing) menjelaskan:
“….dengan menjadi media partner suatu event, kami biasa merebut perhatian masyarakat apalagi jika eventnya berjalan sukses. Kami bisa mendapat nilai tambah tersendiri baik dari masyarakat maupun pihak penyelenggara event sehingga mereka semakin percaya untuk menggunakan jasa kami dalam beriklan.”
3. Direct marketing
Area direct marketing yang digunakan Fajar Televisi Makassar adalah internet. Taufik (Manager Marketing) menjelaskan bahwa:
“….sekarang ini sangat canggih, dimana-dimana orang biasa mengakses internet sehingga kami mengandalkan promosi melalui internet. Kami memiliki live streaming sehingga masyarakat bisa langsung melihat kualitas tayangan kami serta website dimana masyarakat bisa memposting komentar atau saran terhadap kami, disitulah tercipta interaksi antara Fajar TV Makassar dan masyarakat. Kami juga menggunakan social media facebook dan twitter.”
4. Personal Selling
Personal selling merupakan elemen bauran promosi yang cukup efektif karena prosesnya berlangsung secara tatap muka sehingga mudah menciptakan pemahaman terhadap jasa yang ditawarkan, seperti yang dikemukakan, Taufik (Manager marketing) menjelaskan bahwa:
“personal selling sangat efektif karena kami langsung bertemu dan berinteraksi dengan klien. Personal selling yang juga kami lakukan adalah dengan memberi harga khusus kepada regular klien serta untuk mencari sponsor dalam kegiatan off air.”
5. Public Relation
Public relations berfungsi dalam menjaga relasi dan mencipatakan citra positif perusahaan. Saat ini Fajar TV Makassar telah memiliki divisi khusus public relations sejak tahun 2016 seperti yang dikemukakan oleh Taufik (Manager marketing) menjelaskan bahwa:
“.......sejak tahun 2016 kami memiliki divisi Public Relation jadi tugas dan fungsi Pr dipegang dan dijalankan bersama oleh divisi marketing. Dalam hal ini fungsi Pr yang kami jalankan adalah menjaga relasi dengan klien, menjaga citra Fajar TV Makassar dan bagaimana kami menangani jika ada komplain dari klien.”
Proses penyusunan strategi promosi ini dilaksanakan berdasarkan yang dikemukakan oleh Taufik (marketing manager) menjelaskan bahwa:
“sebelum melaksanakan promosi yang telah ditentukan, kami menyusun strategi promosi berdasarkan segmentasi yaitu anak muda sampai usia dewasa dan budgeting. Budgeting setiap tahunnya berbeda tergantung kebutuhan Fajar TV itu sendiri.”
Strategi promosi ini bertujuan menarik minat pengiklan untuk menggunakan jasa yang ditawarkan oleh Fajar TV Makassar. Selain itu, strategi promosi ini diharapkan bukan hanya menarik pengiklan tapi juga menarik penonton sehingga Fajar TV Makassar lebih banyak melakukan penetrasi langsung kepada masyarakat seperti yang dikemukakan oleh Taufik (marketing manager) bahwa:
“promosi menggunakan media biasanya kurang efektif karena kita tidak bisa mengukur berapa banyak masyarakat yang melihat iklan kita, sedangkan kalau melakukan penetrasi langsung kita bisa berinteraksi dengan masyarakat secara langsung, mempromosikan program tayangan kita sehingga mereka tertarik untuk menonton ataupun memasang iklan.”
Contoh penetrasi langsung ke Masyarakat :
1. Off air
Bagian acara yang tidak di tayangkan. Misalnya, dalam tayangan sebuah konser musik band di TV, kita hanya menyaksikan band tersebut memainkan lima lagu. Dalam konser aslinya, mereka memainkan tujuh buah lagu, dan dua lagu yang tidak di tayangkan itu di sebut off air.
2. Roadshow
Roadshow adalah acara yang diadakan dalam rangka pengenalan atau mengajak untuk mengikuti/ menggunakan sesuatu, bisa juga di bilang dengan special event yaitu suatu kegiatan public relations, yang cukup penting dalam upaya memuaskan banyak orang untuk ikut serta dalam suatu kesempatan memenuhi selera atau kesenangan, serta upaya menarik perhatian bagi publiknya.
3. Media partner
Media Media partnership adalah kerjasama yang terjalin antara penyelenggara event dengan media baik TV, radio, online, maupun cetak.
Selain penetrasi langsung, strategi promosi yang digunakan langsung oleh Fajar TV Makassar adalah menggunakan media cetak, media online, serta media lini atas berupa billboard. Strategi pemilihan media ini didasari oleh tiga hal, yaitu kebutuhan perusahaan, efektivitas dan anggaran. Ketiga media di atas dianggap cukup mampu mempromosikan Fajar TV Makassar dan biayanya lebih murah dibandingkan penetrasi langsung. Media online seperti website dan social media dapat difungsikan secara maksimal untuk promosi karena hampir seluruh lapisan masyarakat menggunakannya, seperti yang dikatakan oleh Tedi hendratno (manager Event organizer) bahwa :
“Fajar TV Makassar juga memasang iklan di surat kabar, media online seperti website dan billboard agar budget promosi tidak membengkak tetapi biasanya itu lebih untuk promosi program terbaru, untuk media lini bawah seperti brosur itu tidak digunakan lagi karena itu terlalu konvensional dan saya rasa tidak efektif di era globalisasi seperti sekarang kita harus memanfaatkan internet sebagai media promosi yang efektif. Kami menggunakan website, dan facebook twitter untuk mempromosikan Fajar TV Makassar. Di samping itu kami menydiakan live streaming sehingga masyarakat bisa melihat langsung kualitas tayangan kami dan tertarik untuk menggunakan jasa kami untuk beriklan .”
Dalam melakukan pemilihan media, Fajar TV Makassar lebih banyak menggunakan metode pemilihan media cost-per-thousand contacts comparison yang dikombinasikan dengan faktor-faktor serta ketetapan ketetapan yang telah ditentukan oleh divisi marketing Fajar TV Makassar, seperti yang dikemukakan oleh Taufik (manager marketing) bahwa :
“dalam melakukan pemilihan media kami lebih condong ke metode cost-per-thousand contacts comparison. Akan tetapi, metode ini tidak serta merta kami gunakan 100% tapi ada pertimbangan-pertimbangan yang menjadi dasar dalam pemilihan media. Pertimbangan ini tentunya seperti faktor-faktor yang akan mempengaruhi strategi promosi kami secara keseluruhan.”
Dalam melakukan kegiatan seperti off air biasanya Fajar TV Makassar menggunakan bekerja sama dengan brand-brand tertentu yang sedang melakukan promosi. Hal ini untuk mengurangi budget/anggaran. Karena kegiatan off air membutuhkan kegiatan besar apalagi jika berlangsung diluar kota Makassar dan dalam waktu beberapa hari. Fajar TV Makassar juga aktif menjadi media partner dalam event-event yang bertuajuan mengedukasi masyarakat tentang pentingnya media massa, seperti yang dikemukakan oleh Taufik (manager marketing) bahwa :
“…..kalau kegiatan off air atau promo program acara kita biasanya kerja sama dengan brand yang sedang melakukan promosi juga. Hal ini kita lakukan untuk menekan budget karena off air itu anggarannya sangat besar dibanding kita memasang iklan di media cetak dan lainnya. Untuk menjadi media partner dalam event-event tertentu kita juga sangat aktif apalagi event yang bertujuan mengedukasi masyarakat tentang media massa karena salah satu tujuan promosi kita adalah mengedukasi, ini juga menjadi bentuk tanggung jawab social Fajar TV Makassar kepada masyarakat”
Sebagai televisi berjaringan, Fajar TV Makassar memiliki keuntungan dalam menarik klien atau pengiklan. Nama besar TV Makassar sebagai statiun televisi nasional memberi kemudahan dalam kegiatan promosi. Kemudahan utama yang dimiliki Fajar TV Makassar adalah networking yang luas, yang banyak diperoleh dari Jawa pos TV pusat di Jakarta, seperti yang dikatakan oleh Taufik (manager marketing) bahwa :
“kami banyak menyiarkan iklan yang berasal dari pemerintah maupun iklan komersil. Iklan dari pemerintah pemkot atau pemprov, biasanya ada program baru atau kegiatan pemerintah kami liput lalu ditayangkan biasanya kami sebut dengan istilah liputan berbayar. Iklan komersil contohnya semen tonasa, klinik kesehatan, dan sebagainya.”
Tidak ada kriteria khusus yang ditentukan oleh Fajar TV Makassar untuk klien atau pengiklan seperti yang dikatakan Tedi Hendratno (manager Event Organiser) bahwa:
“…..kami tidak memberi kriteria tertentu, selama ada kecocokan harga dan iklannya tidak menyalahi ketentuan KPI kami menerima. Selama ini dari data klien yang kami terima paling banyak iklan dari pemerintah dibanding iklan komersil, mungkin karena iklan komersil biasanya lebih memilih langsung beriklan di pusat.”
Menjalin hubungan baik dengan calon pengiklan maupun yang sudah mejadi pengiklan merupakan hal penting dalam menjaga eksistensi Fajar TV Makassar, terutama terhadap pengiklan tetap atau klien reguler Taufik (manager marketing) bahwa :
“pada dasarnya kami mentreat semua klien dengan cara yang sama,
mengutamakan kepuasan klien. Akan tetapi, untuk pengiklan tetap atau klien reguler biasanya kami memberi harga khusus.”
Tidak dapat dipungkiri, terdapat banyak televisi lokal lain yang menjadi saingan Fajar TV Makassar dalam menarik minat pengiklkan. Akan tetapi, Fajar TV Makassar memilih factor-faktor pendukung yang diyakini dapat menarik minat pengiklan dan menjaga eksistensinya.
Adapun factor-faktor keunggulan besar Fajar TV Makssar yang dimaksud adalah sebagai berikut:
1. Fajar TV Makassar merupakan statiun televise lokal di Makassar yang telah memiliki kualitas gambar HD (High definition) adalah gambar yang mempunyai resolusi tinggi sehingga terlihat cerah dan tidak pecah jika dibesarkan. dan juga memiliki gambar SD (Standar Definition) biasanya memiliki resolusi sekitar 0.5 megapixel atau lebih rendah.
2. Fajar TV Makassar memiliki jaringan yang luas sejak tahun 2016
3. Pengiklan bias memilih beriklan dalam lingkup lokal (Makassar) maupun nasional.
4. Tergabung dalam jaringan Jawa Pos TV yang paling di kenal oleh masyarakat.
Sebagai statiun televisi yang mengutamakan rating dari pada keuntungan materi, Fajar TV Makassar lebih selektif dalam pemilihan iklan yang akan ditayangkan, Tedi hendratno (manager marketing) bahwa:
“........kami akan melihat jenis produk atau kegiatan yang akan diiklankan, kalau kami merasa iklan tersebut bisa menurunkan rating maka tidak kami ambil. Contohnya sekarang banyak partai politik dan calon legislatif yang mau beriklan tapi kami tidak mengambil semuanya karena khawatir penonton merasa bosan dan tidak suka sehingga hal ini berpengaruh terhadap penurunan rating Fajar TV Makassar.”
Ada berbagai strategi promosi yang dijalankan Fajar TV Makassar dalam menarik minat pengiklan. Tentunya hal ini tidak terlepas dari kendala atau tantangan dalam pelaksanaanya. Seperti yang dikemukakan oleh Tedi Hendratno (manager Event organaiser) bahwa :
“strategi promosi yang kami lakukan bukan hanya melalui media tetapi juga penetrasi langsung ke masyarakat serta bagaimana membangun hubungan yang baik dengan klien. tantangan atau kendalanya sendiri adalah pengetahuan masyarakat. Masyarakat merasa dalam beriklan di televisi yang paling penting adalah mencari harga paling murah tanpa memperhatikan aspek kualitas. Padahal dengan memberi harga yang lebih tinggi dibanding stasiun televisi lokal lainnya, Fajar TV Makassar menjamin kualitas iklan yang lebih baik. Kendala lainnya adalah kurangnya staf atau karyawan, divisi marketing harus merangkap dua fungsi yaitu pemasaran, penjualan dan divisi Event organaiser yaitu kegiatan dan promosi. Hadirnya banyak stasiun televisi lokal lainnya juga merupakan tantangan bagi kami untuk selalu memberi tayangan yang lebih informatif dan berkualitas.”
Dalam merencanakan sebuah strategi promosi, tentu saja ada factor-faktor yang memengaruhi dalam penentuan dan pelaksanaan strategi promosi tersebut, yaitu :
1. Efektivitas
Seperti yang dikemukakan oleh Taufik (manager marketing) bahwa :
“dalam penentuan strategi promosi, kami akan melihat seberapa besar efektivitasnya terhadap peningkatan jumlah pengiklan dan rating serta efisiensinya. Tentu saja hal ini menjadi tolak ukur keberhasilan suatu strategi.”
2. Anggaran
Setiap perusahaan memiliki rancangan anggaran setiap tahunnya untuk kegiatan operasional perusahaan, lebih lanjut Taufik (manager marketing) bahwa:
“tidak bisa dipungkiri bahwa sumber finansial utama sebuah statiun televisi adalah iklan, sehingga kami akan merencanakan rancangan anggaran untuk promosi seminimal mungkin tapi dengan hasil yang maksimal karena banyak hal-hal yang juga penting dan membutuhkan biaya yang besar, misalnya untuk produksi.”
3. Target promosi
Target setiap tahunnya didasarkan pada kebutuhan perusahaan. Biasanya hal ini ditentukan oleh divisi marketing dan event organizer yang akan melihat situasi pasar, pesiang, target tahun sebelumnya maupun situasi keuangan perusahaan. Seperti yang dikemukakan oleh Taufik (manager marketing) bahwa :
“target setiap tahunnya bisa berubah, biasanya diawal tahun kami melakukan meeting untuk menentukan target tahun ini. Setelah menentukan target baru kami mulai menjalankan strategi promosinya, kalau target sudah terpenuhi biasanya kami menurunkan kuantitas aktivitas promosi. Target promosi dalam setahun kami bagi ke dalam tri-semester.”
Demikian gambaran umum mengenai Fajar TV Makassar, semoga dapat bermanfaat
FAJAR TV Makassar adalah stasiun televisi lokal yang berada di Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia. Resmi didirikan pada tanggal 31 Desember 2007 dengan nama PT FAJAR TELEVISI MAKASSSAR,. Stasiun televisi ini merupakan jaringan dari Jawa Pos TV di Jakarta. Dengan semangat mengembangkan daerah melalui media penyiaran, khususnya televisi yang didukung oleh profesional muda dari berbagai latar belakang dan disiplin ilmu yang berbeda, FAJAR TV Makassar menggebrak dominasi televisi swasta dengan slogan, FAJAR TV Cess…! (2007-2009), TVna Orang Sulsel (2009-2010), News & kuis (2010-Juli2010), seratus persen sulsel (2010-sekarang) dengan Moto “Makassar yang sebenar-benarnya” yang beroperaasi pada frekuensi 49 UHF, saat ini dijabat oleh M Sahlan Kartono. FAJAR TV dimiliki oleh Surat kabar Fajar dan Grup Jawa Pos.
Secara kontinyu sejak tahun 2007, Fajar TV Makassar mengudara sejak pukul 07.00 Wita hingga pukul 22.00 Wita. Secara geografis, jangkauan siaran Fajar TV Makassar kini mencakup wilayah yakni Kota Makassar, Kabupaten Pangkep, Kabupaten Maros, Kabupaten Gowa, Kabupaten Takalar, kabupaten bulukumba, Kabupaten Sinjai, Kabupaten Bantaeng, Kabupaten Jeneponto dan kabupaten selayar.
Hasil penelitian Fajar Televisi Makassar mengenai strategi promosi dalam menarik minat pengiklan dengan mewawancarai beberapa informan yang dilakukan kurang lebih dua bulan mendapatkan hasil bahwa devisi marketing Fajar Televisi Makassar menyusun sebuah strategi promosi ada dua strategi pokok yaitu strategi bauran promosi yang berupa Advertising (Pengiklan), personal selling, direct marketing, publicity dan public relations, serta strategi pemilihan media.
Hal yang mendasari dari lima elemen bauran promosi dan pemilihan media yang digunakan adalah efektifitasnya seperti yang dikemukakan oleh Taufik (Manager Marketing)
“terkait strategi apa yang akan kita gunakan dalam promosi didasarkan seberapa besar efektivitas dari masing-masing strategi terhadap minat klien untuk beriklan”
Berikut penjelasan dari lima elemen strategi bauran promosi yang dilakukan Fajar Televisi Makassar:
1. Advertising
Periklanan menjadi bagian promosi yang paling penting dalam menawarkan produk barang atau jasa, Taufik (Manager Marketing) menjelaskan bahwa:
“iklan merupakan elemen penting dari bauran promosi, baik itu melalui media cetak, elektronik atau online tergantung kebutuhan perusahaan. Fajar TV Makassar menggunakan iklan untuk memberi informasi kepada masyarakat tentang jasa yang kami tawarkan.”
2. Publicity
Salah satu cara dalam publisitas yang di lakukan Fajar Televisi Makassar adalah menjadi media partner, lebih lanjut Taufik (manager marketing) menjelaskan:
“….dengan menjadi media partner suatu event, kami biasa merebut perhatian masyarakat apalagi jika eventnya berjalan sukses. Kami bisa mendapat nilai tambah tersendiri baik dari masyarakat maupun pihak penyelenggara event sehingga mereka semakin percaya untuk menggunakan jasa kami dalam beriklan.”
3. Direct marketing
Area direct marketing yang digunakan Fajar Televisi Makassar adalah internet. Taufik (Manager Marketing) menjelaskan bahwa:
“….sekarang ini sangat canggih, dimana-dimana orang biasa mengakses internet sehingga kami mengandalkan promosi melalui internet. Kami memiliki live streaming sehingga masyarakat bisa langsung melihat kualitas tayangan kami serta website dimana masyarakat bisa memposting komentar atau saran terhadap kami, disitulah tercipta interaksi antara Fajar TV Makassar dan masyarakat. Kami juga menggunakan social media facebook dan twitter.”
4. Personal Selling
Personal selling merupakan elemen bauran promosi yang cukup efektif karena prosesnya berlangsung secara tatap muka sehingga mudah menciptakan pemahaman terhadap jasa yang ditawarkan, seperti yang dikemukakan, Taufik (Manager marketing) menjelaskan bahwa:
“personal selling sangat efektif karena kami langsung bertemu dan berinteraksi dengan klien. Personal selling yang juga kami lakukan adalah dengan memberi harga khusus kepada regular klien serta untuk mencari sponsor dalam kegiatan off air.”
5. Public Relation
Public relations berfungsi dalam menjaga relasi dan mencipatakan citra positif perusahaan. Saat ini Fajar TV Makassar telah memiliki divisi khusus public relations sejak tahun 2016 seperti yang dikemukakan oleh Taufik (Manager marketing) menjelaskan bahwa:
“.......sejak tahun 2016 kami memiliki divisi Public Relation jadi tugas dan fungsi Pr dipegang dan dijalankan bersama oleh divisi marketing. Dalam hal ini fungsi Pr yang kami jalankan adalah menjaga relasi dengan klien, menjaga citra Fajar TV Makassar dan bagaimana kami menangani jika ada komplain dari klien.”
Proses penyusunan strategi promosi ini dilaksanakan berdasarkan yang dikemukakan oleh Taufik (marketing manager) menjelaskan bahwa:
“sebelum melaksanakan promosi yang telah ditentukan, kami menyusun strategi promosi berdasarkan segmentasi yaitu anak muda sampai usia dewasa dan budgeting. Budgeting setiap tahunnya berbeda tergantung kebutuhan Fajar TV itu sendiri.”
Strategi promosi ini bertujuan menarik minat pengiklan untuk menggunakan jasa yang ditawarkan oleh Fajar TV Makassar. Selain itu, strategi promosi ini diharapkan bukan hanya menarik pengiklan tapi juga menarik penonton sehingga Fajar TV Makassar lebih banyak melakukan penetrasi langsung kepada masyarakat seperti yang dikemukakan oleh Taufik (marketing manager) bahwa:
“promosi menggunakan media biasanya kurang efektif karena kita tidak bisa mengukur berapa banyak masyarakat yang melihat iklan kita, sedangkan kalau melakukan penetrasi langsung kita bisa berinteraksi dengan masyarakat secara langsung, mempromosikan program tayangan kita sehingga mereka tertarik untuk menonton ataupun memasang iklan.”
Contoh penetrasi langsung ke Masyarakat :
1. Off air
Bagian acara yang tidak di tayangkan. Misalnya, dalam tayangan sebuah konser musik band di TV, kita hanya menyaksikan band tersebut memainkan lima lagu. Dalam konser aslinya, mereka memainkan tujuh buah lagu, dan dua lagu yang tidak di tayangkan itu di sebut off air.
2. Roadshow
Roadshow adalah acara yang diadakan dalam rangka pengenalan atau mengajak untuk mengikuti/ menggunakan sesuatu, bisa juga di bilang dengan special event yaitu suatu kegiatan public relations, yang cukup penting dalam upaya memuaskan banyak orang untuk ikut serta dalam suatu kesempatan memenuhi selera atau kesenangan, serta upaya menarik perhatian bagi publiknya.
3. Media partner
Media Media partnership adalah kerjasama yang terjalin antara penyelenggara event dengan media baik TV, radio, online, maupun cetak.
Selain penetrasi langsung, strategi promosi yang digunakan langsung oleh Fajar TV Makassar adalah menggunakan media cetak, media online, serta media lini atas berupa billboard. Strategi pemilihan media ini didasari oleh tiga hal, yaitu kebutuhan perusahaan, efektivitas dan anggaran. Ketiga media di atas dianggap cukup mampu mempromosikan Fajar TV Makassar dan biayanya lebih murah dibandingkan penetrasi langsung. Media online seperti website dan social media dapat difungsikan secara maksimal untuk promosi karena hampir seluruh lapisan masyarakat menggunakannya, seperti yang dikatakan oleh Tedi hendratno (manager Event organizer) bahwa :
“Fajar TV Makassar juga memasang iklan di surat kabar, media online seperti website dan billboard agar budget promosi tidak membengkak tetapi biasanya itu lebih untuk promosi program terbaru, untuk media lini bawah seperti brosur itu tidak digunakan lagi karena itu terlalu konvensional dan saya rasa tidak efektif di era globalisasi seperti sekarang kita harus memanfaatkan internet sebagai media promosi yang efektif. Kami menggunakan website, dan facebook twitter untuk mempromosikan Fajar TV Makassar. Di samping itu kami menydiakan live streaming sehingga masyarakat bisa melihat langsung kualitas tayangan kami dan tertarik untuk menggunakan jasa kami untuk beriklan .”
Dalam melakukan pemilihan media, Fajar TV Makassar lebih banyak menggunakan metode pemilihan media cost-per-thousand contacts comparison yang dikombinasikan dengan faktor-faktor serta ketetapan ketetapan yang telah ditentukan oleh divisi marketing Fajar TV Makassar, seperti yang dikemukakan oleh Taufik (manager marketing) bahwa :
“dalam melakukan pemilihan media kami lebih condong ke metode cost-per-thousand contacts comparison. Akan tetapi, metode ini tidak serta merta kami gunakan 100% tapi ada pertimbangan-pertimbangan yang menjadi dasar dalam pemilihan media. Pertimbangan ini tentunya seperti faktor-faktor yang akan mempengaruhi strategi promosi kami secara keseluruhan.”
Dalam melakukan kegiatan seperti off air biasanya Fajar TV Makassar menggunakan bekerja sama dengan brand-brand tertentu yang sedang melakukan promosi. Hal ini untuk mengurangi budget/anggaran. Karena kegiatan off air membutuhkan kegiatan besar apalagi jika berlangsung diluar kota Makassar dan dalam waktu beberapa hari. Fajar TV Makassar juga aktif menjadi media partner dalam event-event yang bertuajuan mengedukasi masyarakat tentang pentingnya media massa, seperti yang dikemukakan oleh Taufik (manager marketing) bahwa :
“…..kalau kegiatan off air atau promo program acara kita biasanya kerja sama dengan brand yang sedang melakukan promosi juga. Hal ini kita lakukan untuk menekan budget karena off air itu anggarannya sangat besar dibanding kita memasang iklan di media cetak dan lainnya. Untuk menjadi media partner dalam event-event tertentu kita juga sangat aktif apalagi event yang bertujuan mengedukasi masyarakat tentang media massa karena salah satu tujuan promosi kita adalah mengedukasi, ini juga menjadi bentuk tanggung jawab social Fajar TV Makassar kepada masyarakat”
Sebagai televisi berjaringan, Fajar TV Makassar memiliki keuntungan dalam menarik klien atau pengiklan. Nama besar TV Makassar sebagai statiun televisi nasional memberi kemudahan dalam kegiatan promosi. Kemudahan utama yang dimiliki Fajar TV Makassar adalah networking yang luas, yang banyak diperoleh dari Jawa pos TV pusat di Jakarta, seperti yang dikatakan oleh Taufik (manager marketing) bahwa :
“kami banyak menyiarkan iklan yang berasal dari pemerintah maupun iklan komersil. Iklan dari pemerintah pemkot atau pemprov, biasanya ada program baru atau kegiatan pemerintah kami liput lalu ditayangkan biasanya kami sebut dengan istilah liputan berbayar. Iklan komersil contohnya semen tonasa, klinik kesehatan, dan sebagainya.”
Tidak ada kriteria khusus yang ditentukan oleh Fajar TV Makassar untuk klien atau pengiklan seperti yang dikatakan Tedi Hendratno (manager Event Organiser) bahwa:
“…..kami tidak memberi kriteria tertentu, selama ada kecocokan harga dan iklannya tidak menyalahi ketentuan KPI kami menerima. Selama ini dari data klien yang kami terima paling banyak iklan dari pemerintah dibanding iklan komersil, mungkin karena iklan komersil biasanya lebih memilih langsung beriklan di pusat.”
Menjalin hubungan baik dengan calon pengiklan maupun yang sudah mejadi pengiklan merupakan hal penting dalam menjaga eksistensi Fajar TV Makassar, terutama terhadap pengiklan tetap atau klien reguler Taufik (manager marketing) bahwa :
“pada dasarnya kami mentreat semua klien dengan cara yang sama,
mengutamakan kepuasan klien. Akan tetapi, untuk pengiklan tetap atau klien reguler biasanya kami memberi harga khusus.”
Tidak dapat dipungkiri, terdapat banyak televisi lokal lain yang menjadi saingan Fajar TV Makassar dalam menarik minat pengiklkan. Akan tetapi, Fajar TV Makassar memilih factor-faktor pendukung yang diyakini dapat menarik minat pengiklan dan menjaga eksistensinya.
Adapun factor-faktor keunggulan besar Fajar TV Makssar yang dimaksud adalah sebagai berikut:
1. Fajar TV Makassar merupakan statiun televise lokal di Makassar yang telah memiliki kualitas gambar HD (High definition) adalah gambar yang mempunyai resolusi tinggi sehingga terlihat cerah dan tidak pecah jika dibesarkan. dan juga memiliki gambar SD (Standar Definition) biasanya memiliki resolusi sekitar 0.5 megapixel atau lebih rendah.
2. Fajar TV Makassar memiliki jaringan yang luas sejak tahun 2016
3. Pengiklan bias memilih beriklan dalam lingkup lokal (Makassar) maupun nasional.
4. Tergabung dalam jaringan Jawa Pos TV yang paling di kenal oleh masyarakat.
Sebagai statiun televisi yang mengutamakan rating dari pada keuntungan materi, Fajar TV Makassar lebih selektif dalam pemilihan iklan yang akan ditayangkan, Tedi hendratno (manager marketing) bahwa:
“........kami akan melihat jenis produk atau kegiatan yang akan diiklankan, kalau kami merasa iklan tersebut bisa menurunkan rating maka tidak kami ambil. Contohnya sekarang banyak partai politik dan calon legislatif yang mau beriklan tapi kami tidak mengambil semuanya karena khawatir penonton merasa bosan dan tidak suka sehingga hal ini berpengaruh terhadap penurunan rating Fajar TV Makassar.”
Ada berbagai strategi promosi yang dijalankan Fajar TV Makassar dalam menarik minat pengiklan. Tentunya hal ini tidak terlepas dari kendala atau tantangan dalam pelaksanaanya. Seperti yang dikemukakan oleh Tedi Hendratno (manager Event organaiser) bahwa :
“strategi promosi yang kami lakukan bukan hanya melalui media tetapi juga penetrasi langsung ke masyarakat serta bagaimana membangun hubungan yang baik dengan klien. tantangan atau kendalanya sendiri adalah pengetahuan masyarakat. Masyarakat merasa dalam beriklan di televisi yang paling penting adalah mencari harga paling murah tanpa memperhatikan aspek kualitas. Padahal dengan memberi harga yang lebih tinggi dibanding stasiun televisi lokal lainnya, Fajar TV Makassar menjamin kualitas iklan yang lebih baik. Kendala lainnya adalah kurangnya staf atau karyawan, divisi marketing harus merangkap dua fungsi yaitu pemasaran, penjualan dan divisi Event organaiser yaitu kegiatan dan promosi. Hadirnya banyak stasiun televisi lokal lainnya juga merupakan tantangan bagi kami untuk selalu memberi tayangan yang lebih informatif dan berkualitas.”
Dalam merencanakan sebuah strategi promosi, tentu saja ada factor-faktor yang memengaruhi dalam penentuan dan pelaksanaan strategi promosi tersebut, yaitu :
1. Efektivitas
Seperti yang dikemukakan oleh Taufik (manager marketing) bahwa :
“dalam penentuan strategi promosi, kami akan melihat seberapa besar efektivitasnya terhadap peningkatan jumlah pengiklan dan rating serta efisiensinya. Tentu saja hal ini menjadi tolak ukur keberhasilan suatu strategi.”
2. Anggaran
Setiap perusahaan memiliki rancangan anggaran setiap tahunnya untuk kegiatan operasional perusahaan, lebih lanjut Taufik (manager marketing) bahwa:
“tidak bisa dipungkiri bahwa sumber finansial utama sebuah statiun televisi adalah iklan, sehingga kami akan merencanakan rancangan anggaran untuk promosi seminimal mungkin tapi dengan hasil yang maksimal karena banyak hal-hal yang juga penting dan membutuhkan biaya yang besar, misalnya untuk produksi.”
3. Target promosi
Target setiap tahunnya didasarkan pada kebutuhan perusahaan. Biasanya hal ini ditentukan oleh divisi marketing dan event organizer yang akan melihat situasi pasar, pesiang, target tahun sebelumnya maupun situasi keuangan perusahaan. Seperti yang dikemukakan oleh Taufik (manager marketing) bahwa :
“target setiap tahunnya bisa berubah, biasanya diawal tahun kami melakukan meeting untuk menentukan target tahun ini. Setelah menentukan target baru kami mulai menjalankan strategi promosinya, kalau target sudah terpenuhi biasanya kami menurunkan kuantitas aktivitas promosi. Target promosi dalam setahun kami bagi ke dalam tri-semester.”
Demikian gambaran umum mengenai Fajar TV Makassar, semoga dapat bermanfaat