Latar Belakang Kualitas Pelayanan Customer Service Pada PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk KCP Pettarani Makassar
Thursday, 24 August 2017
Persaingan dalam dunia bisnis saat ini sangat ketat tak terkecuali pada perbankan sehingga setiap perusahaan dituntut untuk dapat memberikan pelayanan yang terbaik bagi nasabah, saat ini persaingan dalam dunia perbankan tidak lagi mengutamakan produk tetapi lebih mengutamakan pada pelayanannya. Hal tersebut dikarenakan banyaknya perbankan konvensional maupun syariah, dimana setiap bank mengemas jasa mereka sedemikian rupa untuk menarik pada nasabah.
Pada saat ini persaingan dalam dunia perbankan dalam mengambil dan merebut perhatian nasabah semakin ketat. Persaingannya tidak hanya mengarah ke dalam hal penawaran bunga pada bank konvensional dan penawaran bagi hasil pada bank syariah, akan tetapi sudah memulai memperhatikan beberapa aspek-aspek dalam hal pelayanan. Dengan anggapan, semakin baik pelayanan yang diberikan oleh bank terhadap nasabah maka akan lebih besar peluang bank untuk memperoleh keuntungan yang lebih tinggi. Hal ini karena ada alasan yaitu, apabila seorang nasabah nyaman dalam bertransaksi di suatu bank tertentu, maka dia bisa dikatakan akan loyal terhadap bank tersebut.
Salah satu sifat dari jasa atau pelayanan adalah di produksi atau di konsumsi pada saat yang bersamaan. Tidak seperti produk manufaktur dimana hasil produksi dapat disimpan, dibeli, dan kemudian di konsumsi. Oleh karena sifat itu, kepuasan pelanggan terhadap pelayanan sangatlah bergantung pada proses interaksi atau waktu dimana pelanggan dan penyedia jasa bertemu langsung.
Pelayanan disini diartikan sebagai suatu aktivitas yang menyertai sebuah produk atau jasa, dimana kegiatan ini ditujukan untuk memberikan kemudahan dalam rangka meningkatkan kepuasan dalam penggunaan jasa yang ditawarkan perusahaan dengan kata lain, kegiatan ini dikenal dengan istilah pelayanan konsumen atau Customer Service.
Customer Service sangat penting dalam meningkatkan proses pelayanan. Customer Service dituntut harus memiliki kemampuan untuk melayani pelanggan secara cepat dan tepat serta memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik, didukung dengan tersedianya sarana dan prasarana yang mendukung kecepatan, ketepatan, dan keakuratan pekerjaannya sehingga dapat memberikan pelayanan yang terbaik bagi kepuasan pelanggan. Customer Service juga sering disebut ketika meggambarkan budaya organisasi.
Pelayanan yang berkualitas yang diberikan kepada pelanggan secara konsisten dapat mempengaruhi tujuan dari sebuah usaha atau perusahaan misalnya image atau citra yang dimiliki perusahaan. Kegiatan pelayanan yang dimaksud dikenal dengan istilah pelayanan, yang artinya adalah kepedulian kepada nasabah dengan memberikan layanan terbaik untuk memfasilitasi kemudahan pemenuhan kebutuhan, agar mewujudkan hal tersebut setiap bank harus memiliki sistem pelayanan diantaranya 3S (Senyum, Salam, Sapa) atau dalam bentuk lainnya agar dapat mencapai pelayanan yang diharapkan nasabah.
Bukanlah hal yang mudah untuk menjadi bank kebanggaan nasional yang unggul, terkemuka dan terdepan, akan tetapi dibutuhkan semangat dan etos kerja yang tinggi khususnya dalam menciptakan proses pelayanan maupun kinerja, hal ini tentunya bukanlah hal yang mudah bagi setiap perusahaan khususnya PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. Dimana BNI adalah perusahaan yang bergerak dibidang perbankan, dengan jumlah nasabah yang cukup tinggi di Asia Tenggara, tidak luput dari peran Customer Service yang melayani nasabah sesuai dengan selogannya “Melayani Negeri Kebanggaan Bangsa”, tujuannya adalah untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada nasabah terutama dalam pelayanan, karena dengan pelayanan yang baik akan memberikan nilai tambah kepada seluruh nasabah.
Berdasarkan Uraian diatas penulis tertarik mengambil judul “Kualitas Pelayanan Customer Service Pada PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk KCP Pettarani Makassar”.
Pada saat ini persaingan dalam dunia perbankan dalam mengambil dan merebut perhatian nasabah semakin ketat. Persaingannya tidak hanya mengarah ke dalam hal penawaran bunga pada bank konvensional dan penawaran bagi hasil pada bank syariah, akan tetapi sudah memulai memperhatikan beberapa aspek-aspek dalam hal pelayanan. Dengan anggapan, semakin baik pelayanan yang diberikan oleh bank terhadap nasabah maka akan lebih besar peluang bank untuk memperoleh keuntungan yang lebih tinggi. Hal ini karena ada alasan yaitu, apabila seorang nasabah nyaman dalam bertransaksi di suatu bank tertentu, maka dia bisa dikatakan akan loyal terhadap bank tersebut.
Salah satu sifat dari jasa atau pelayanan adalah di produksi atau di konsumsi pada saat yang bersamaan. Tidak seperti produk manufaktur dimana hasil produksi dapat disimpan, dibeli, dan kemudian di konsumsi. Oleh karena sifat itu, kepuasan pelanggan terhadap pelayanan sangatlah bergantung pada proses interaksi atau waktu dimana pelanggan dan penyedia jasa bertemu langsung.
Pelayanan disini diartikan sebagai suatu aktivitas yang menyertai sebuah produk atau jasa, dimana kegiatan ini ditujukan untuk memberikan kemudahan dalam rangka meningkatkan kepuasan dalam penggunaan jasa yang ditawarkan perusahaan dengan kata lain, kegiatan ini dikenal dengan istilah pelayanan konsumen atau Customer Service.
Customer Service sangat penting dalam meningkatkan proses pelayanan. Customer Service dituntut harus memiliki kemampuan untuk melayani pelanggan secara cepat dan tepat serta memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik, didukung dengan tersedianya sarana dan prasarana yang mendukung kecepatan, ketepatan, dan keakuratan pekerjaannya sehingga dapat memberikan pelayanan yang terbaik bagi kepuasan pelanggan. Customer Service juga sering disebut ketika meggambarkan budaya organisasi.
Pelayanan yang berkualitas yang diberikan kepada pelanggan secara konsisten dapat mempengaruhi tujuan dari sebuah usaha atau perusahaan misalnya image atau citra yang dimiliki perusahaan. Kegiatan pelayanan yang dimaksud dikenal dengan istilah pelayanan, yang artinya adalah kepedulian kepada nasabah dengan memberikan layanan terbaik untuk memfasilitasi kemudahan pemenuhan kebutuhan, agar mewujudkan hal tersebut setiap bank harus memiliki sistem pelayanan diantaranya 3S (Senyum, Salam, Sapa) atau dalam bentuk lainnya agar dapat mencapai pelayanan yang diharapkan nasabah.
Bukanlah hal yang mudah untuk menjadi bank kebanggaan nasional yang unggul, terkemuka dan terdepan, akan tetapi dibutuhkan semangat dan etos kerja yang tinggi khususnya dalam menciptakan proses pelayanan maupun kinerja, hal ini tentunya bukanlah hal yang mudah bagi setiap perusahaan khususnya PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. Dimana BNI adalah perusahaan yang bergerak dibidang perbankan, dengan jumlah nasabah yang cukup tinggi di Asia Tenggara, tidak luput dari peran Customer Service yang melayani nasabah sesuai dengan selogannya “Melayani Negeri Kebanggaan Bangsa”, tujuannya adalah untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada nasabah terutama dalam pelayanan, karena dengan pelayanan yang baik akan memberikan nilai tambah kepada seluruh nasabah.
Berdasarkan Uraian diatas penulis tertarik mengambil judul “Kualitas Pelayanan Customer Service Pada PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk KCP Pettarani Makassar”.