Tinjauan Pelatihan dan Pengembangan Kerja Karyawan Pada PT. Indoofood CBP Sukses Makmur Tbk
Sunday, 25 December 2016
Tugas Akhir - Tinjauan Pelatihan dan Pengembangan Kerja Karyawan Pada PT. Indoofood CBP Sukses Makmur Tbk
Latar Belakang Tinjauan Pelatihan dan Pengembangan Kerja Karyawan Pada PT. Indoofood CBP Sukses Makmur Tbk
Menghadapi dunia kerja yang semakin maju dan berkembang, dituntut setiap pegawai untuk meningkatkan kinerja dalam memberikan pelayanan, sesuai dengan dinamika yang dihadapi organisasi kerja. Upaya-upaya untuk meningkatkan kinerja pegawai diperlukan dukungan organisasi yang memiliki pengembangan manajemen sumber daya manusia yang mampu mewujudkan visi, misi, tujuan dan strategi organisasi.
Keberhasilan suatu organisasi mengembangkan manajemen sumber daya manusia tidak terlepas dari adanya kemauan yang baik (goodwill) dari organisasi tersebut dalam memperhatikan pentingnya kinerja pegawai. Hal ini disadari oleh pihak manajemen, sumber daya manusia organisasi, bahwa setiap kemajuan yang diraih atau dicapai oleh suatu organisasi terlihat dari hasil kerja atau output kerja yang dihasilkan.
Hasil kerja atau output kerja yang dicapai tidak terlepas dari andil kinerja karyawan. Seorang karyawan yang mempunyai kinerja kerja yang tinggi tentu tidak terlepas dari hasil kerja yang dinilai berdasarkan tingkat pencapaian hasil kerja yang sesuai kuantitas kerja, kualitas kerja, efisiensi dan efektifitas kerja.
Hasil kerja yang sesuai kuantitas kerja, kualitas kerja, efisiensi dan efektivitas kerja tentu tidak mudah dicapai tanpa mengupayakan kinerja pegawai terus ditingkatkan secara terencana, terarah dan berkesinambungan. Upaya pengembangan kinerja pegawai banyak dipengaruhi oleh faktor-faktor yang mendukung dan menghambat tercapainya kinerja pegawai yang tinggi.
Fenomena aktual yang dihadapi saat ini oleh karyawan PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk, suatu kesenjangan di dalam pelatihan dan pengembangan karyawan dalam menghadapi dinamika kerjanya. Terlihat beberapa fenomena bahwa hasil kerja dari tinjauan pelatihan kerja dan pengembangan kerja mengalami penurunan dari tahun ke tahun atau terjadi pengalihan pengembangan unit kerja dari aspek jumlah, volume dan kapasitas kerja dari berbagai proyek-proyek pekerjaan rutin dan pembangunan unit kerja.
Fenomena menurunnya kuantitas kerja, juga terlihat adanya fenomena aktual rendahnya kualitas kerja yang dilaksanakan, di mana ditemukan berbagai kritikan dan ketidakpuasan pelanggan yang dilayani atas berbagai aktivitas pelayanan kerja yang dilakukan oleh karyawan.
Terlihat pula bahwa selama ini, perhatian terhadap pengembangan kerja menunjukkan fenomena aktual dari banyaknya aktivitas kerja yang tidak terselesaikan sesuai dengan jadwal perencanaan kerja, pelaksanaan kerja, pengawasan kerja, dan berbagai orientasi kerja yang tidak efisien penggunaan waktu kerja dari batas-batas penggunaan waktu kerja yang telah ditetapkan dan disepakati.
Ditemukan pula fenomena aktual mengenai masih banyak pekerjaan yang dilakukan oleh karyawan belum efektif sesuai manfaat kerja yang telah dilakukan, sehingga ditemukan banyak kegiatan kerja yang terbengkalai, tidak selesai sesuai manfaat yang diharapkan, dan adanya aktivitas kerja yang tumpang tindih dalam pelaksanaannya.
Ini merupakan suatu fenomena aktual atau gejala yang mendasar, sehingga pengembangan kerja karyawan perlu diupayakan untuk dikembangkan dengan memperhatikan adanya faktor-faktor yang berpengaruh terhadap kinerja karyawan dalam menjalankan tugas pokok dan fungsinya sesuai dengan komitmen kerja yang berlaku pada karyawan PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk.
Pelatihan dan pengembangan karyawan menurut pandangan sebagian karyawan dalam pengembangan karyawan yaitu masih perlu ditingkatkan faktor pendidikan karyawan, disiplin kerja, keterampilan kerja, kepemimpinan organisasi dan pemberian kompensasi kerja kepada setiap pegawai untuk meningkatkan kinerjanya.
Banyak karyawan yang beranggapan bahwa untuk pengembangan kinerja pegawai, juga ditentukan oleh adanya faktor keterampilan kerja yang dimiliki karyawan sesuai dengan diklat yang pernah diikuti. Karyawan yang telah mengikuti pelatihan dan pengembangan diri terlihat berbeda dengan karyawan yang baru mengikuti satu atau dua diklat. Makin banyak karyawan yang mengikuti jenis-jenis diklat akan memberikan pengaruh positif terhadap pengembangan kinerjanya.
Ditemukan pula banyak wacana yang sering diperbincangkan oleh pegawai terhadap pengembangan kerja karyawan, diantara mereka banyak yang mengatakan bahwa kesulitan melakukan pengembangan kinerja organisasi dikarenakan belum idealnya faktor kepemimpinan organisasi yang diterapkan selama ini. Masih ditemukan bentuk-bentuk sifat perilaku, organisasi untuk pengembangan kinerja pegawai.
Penyajian Data Hasil Penelitian Tinjauan Pelatihan dan Pengembangan Kerja Karyawan Pada PT. Indoofood CBP Sukses Makmur Tbk
Pada dasarnya kegitan pelatihan yang dibutuhkan perusahaan dan dilaksanakan oleh PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk dibagi kedalam tiga jenis meliputi :
1. Skill (Keterampilan) :
Pelatihan keterampilan ini secara kualitatif mudah untuk dievaluasi seberapa besar keberhasilannya yaitu dengan melihat penerapan dilapangan/unit kerjanya. Pelatihan ini difokuskan pada praktek sedangkan teori hanya diberikan sebagai pengantar atau sekedar mengingatkan kembali. Jenis pelatihan ini sering diklasifikasikan sebagai penyegaran. Supaya lebih efektif pada pelaksanaan pelatihan di PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. Contoh pelatihan yang meliputi skill di PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk ada pada unit Customer Care yaitu:
1) Bidang Manager : pengelolahan karyawan dan operasional
2) Bidang Prime customer : Promosi produk dan fasilitas perusahaan dan pengelompokan pelanggan bisnis
3) Bidang Personal Costomer : Pengelompokan pelanggan residensial
4) Bidang Direct Chanel : Pelayanan Pelanggan
2. Knowledge (pengetahuan)
Pelatihan yang dilakukan oleh PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk yang merupakan rangkaian suatu kegiatan untuk meningkatkan suatu wawasan dan pengetahuan karyawan baik yang bersifat teknis, manajerial maupun spiritual.
Adapun materi/metode yang disampaikan untuk jenis pelatihan ini berupa : Ceramah, Diskusi dan teori, sedangkan praktek diberikan hanya sebagian kecil saja atau disesuaikan dengan kebutuhan, terutama menyangkut hal-hal yang baru (inovasi).
Contoh pelatihan yang meliputi knowledge (pegetahuan) di PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk meliputi :
1) Workshop : Bidang Prime customer
2) Web-site : Bagi karyawan diwajibkan untuk membuka situsportal PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk Telkom yang berisi informasi karyawan dan perusahaan PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk di seluruh Indonesia
Khusus untuk kursus jabatan diatas hanya diikuti oleh karyawan, pimpinan yang mana dilaksanakan dalam rangka peningkatan kualifikasi jabatan yang disesuaikan dengan carier planning. Bagi karyawan yang telah mengikuti kursus jabatan ini tidak secara otomatis dapat menduduki kejabatan yang lebih tinggi atau naik golongan, namun harus dilihat juga potensi dan kompetensinya masing-masing serta formasi yang ada.
Pelatihan yang dilakukan oleh Karyawan PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk bersifat Pengetahuan Manajerial (Executive Development program), diikuti oleh sebagian besar karyawan dan pimpinan.
3. Attitude (Sikap dan Prilaku)
Pelatihan yang dilaksanakan oleh PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk bersifat peningkatan Attitude (sikap dan prilaku) sifatnya soft sehingga sulit untuk mengukur keberhasilannya, namun demikian penulis melihat pada unit customer care, mampu melakukan berbagai cara pelatihan agar seorang karyawan dapat merubah sikap dan perilakunya kearah yang positif, yang idealnya lagi bila penyerapan dan transfer ilmu pengetahuan dan wawasannya dapat diaplikasikan ditempat tugasnya masing-masing karyawan PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. Jenis pelatihan yang dilakanakan oleh unit customer care biasanya berupa pembinaan fisik, mental dan spiritual. Penulis melihat bahwa apapun bentuk dan jenis pelatihan yang telah dan akan diberikan perusahaan kepada karyawan PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk, itu merupakan upaya dalam meraih visi, misi dan sasaran PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk demi kelangsungan usaha dan ketenangan dalam bekerja, dengan mengimplementasikan seluruh karyawan PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk terbesar di Indonesia yang dapat memberikan kontribusinya kepada Negara berupa perolehan Devisa, Deviden, Pajak dan sebagai agen pembangunan serta penyerapan tenaga kerja juga sebagai pemelihara keseimbangan lingkungan sehingga keberadaannya dapat dirasakan oleh masyarakat jasa Telekomunikasi dan informasi dalam teknologi
Manfaat dilaksanakan pelatihan PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk yang diselenggarakan oleh unit Customer Care adalah. pemberdayaan dan pengembangan karyawan sebagai salah satu bentuk upaya peningkatan kualitas SDM menuju SDM yang professional, handal dan tangguh di bidangnya masing-masing dan merancang program peningkatan kualitas SDM supaya berdaya guna dan berhasil guna bagi perusahaan, serta perusahaan yang terbesar dalam bidang komunikasi. Ditinjau dari pembinaan sikap dan mental karyawan PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk banyak melakukan kegiatan sosial yang bersifat membantu masyarakat yang tertimpa musibah. Implementasi dari kegiatan tersebut sebagai hasil dari kegaiatan-kegiatan yang dilaksanakan oleh PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. Hal ini juga terlihat karyawan PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk banyak termotivasi dalam bekerja dan semakin mempunyai loyalitas yang tinggi dalam mengembangkan kemampuan karyawan yang dimilikinya dari hasil pendidikan dan pelatihan yang didapatkan.
Karyawan juga banyak meningkatkan kemampuan dari segi peningkatan pendidikan dari Strata Satu (S1) ke jenjang pendidikan Strata Dua (S2) yang bekerja sama dengan Universitas Hasanuddin, hasil output yang didapatkan dari pendidikan tersbut karyawan PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk banyak mempunyai kemampuan dalam pengelolaan kerja dan pemasaran terhadap produk-produk jasa yang diberikan oleh PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk.
Manfaat yang lain dari hasil pengembangan pendidikan dan pelatihan yang karyawan dapatkan setelah masa kerja lebih dari lima tahun maka karyawan banyak dipromosikan ke jabatan yang lebih baik dari sebelumnya atau peningkatan ke jenjang yang lebih tinggi dari sebelumnya. Proses pelatihan yang karyawan dapatkan banyak memberikan kontribusi yang tinggi bagi PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. Hal ini penulis melihat bahwa banyaknya karyawan PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk yang mempunyai kemampuan yang lebih dalam menjual produk jasa-jasa jaringan yang ditawarkan oleh PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. Sehingga hasil dari pelatihan yang diikuti karyawan tersebut terjadi peningkatan income PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk yang terlihata banyaknya perusahaan-perusahaan di Sulawesi Selatan yang memakai produk-produk yang ditawarkan dari PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk tersebut, baik dari corporate perusahaan maupun individu-individu masyarakat Sulawesi Selatan khususnya masyarakat Kota Makassar.
Pembahasan Tinjauan Pelatihan dan Pengembangan Kerja Karyawan Pada PT. Indoofood CBP Sukses Makmur Tbk
1. Program Pelatihan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia
Pelatihan dan pengembangan SDM dalam jangka pendek dapat direalisasikan pada PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk.
Perencanaan SDM dala jangka pendek dapat direalisasikan pada PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. Beberapa teknik perencanaan sumber daya manusia dapat diimplementasikan dalam proses rekrutmen dan perencanaan karir.
a) Rekrutmen,
Identifikasi kemungkinan ketidakcocokan antara supply dan demand serta penyesuaian melalui rekrutmen, sebelumnya dilihat sebagai alasan perencanaan manpower tradisional. Proses rekrutmen yang dilakukan oleh PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk diseuaikan dengan tingkat kebutuhan pegawai yang disesuaikan dengan kebutuhan kerja yang dilihat dari jumlah pegawai yang keluar, meninggal dunia, pensiun, dll. Proses rekrutmen tersebut dikondisikan oleh tingkat pemakaian atau kebutuhan tenaga kerja.
b) Aspek Pelatihan dan Pengembangan SDM
Aspek perencanaan Sumber Daya Manusia pada PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk disesuaikan dengan hasil visi dan misi PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk yang secara nasional kemudian diimplementasikan dalam bentuk perencanaan jangka pendek, jangka menegah dan jangka panjang. Merujuk dari teori tersebut diatas bahwa pada implementasi akan kebutuhan perbaikan sumber daya manusia maka PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk melakukan analisis tingkat kebutuhan pegawai melalui proses atau tahapan rekrutmen.
Pendekatan baru yang dilakukan oleh PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk langkah yang dilakukannya mempertimbangkan kombinasi kompetensi karyawan melalui pengetahuan, keterampilan dan sikap dan pengalaman yang dimiliki. Kombinasi tersebut pihak PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk melakukan pelatihan setiap semester berdasarkan hasil evaluasi dan Perencanaan MSDM dapat dijadikan petunjuk dan memberikan wawasan masa yang akan datang bagi orang-orang yang diperlukan untuk menyampaikan produk-produk inovatif atau pelayanan berkualitas yang difokuskan melalui strategi bisnis dalam proses rekrutmen.
Jumlah pegawai yang diterima pada PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk setiap tahunnya mengalami peningkatan. Proses rekrutmen ini disesuaikan dengan jumlah karyawan yang dibutuhkan dan penambahan unit kerja pada PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. Hal ini ditunjukkan bahwa tiga tahun terakhir ini proses penerimaan pegawai dari tahun ke tahun semakin meningkat.
Penerimaan pegawai ini dilakukan karena adanya sejumlah pegawai yang pensiun dan beberapa karyawan yang bermasalah dan atau keluar baik dengan alasan maupun tanpa alasan. Proses rekrutmen dilakukan oleh pihak manajemen dilakukan dalam rangka pemenuhan tenaga kerja pada bagian-bagian yang sangat membutuhkan penambahan tenaga kerja, setiap karyawan yang diterima dilakukan proses on the job traning guna pemberian pedidikan dan pelatihan.
Pendidikan dan pelatihan kepada pegawai baru yang direkrut berguna untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman kerja sehingga ketika dalam bekerja pegawai tersebut benar-benar memahami dan mengetahui terhadap pekerjaan yang diberikan. Proses tersebut juga dilakukan dalam mensosialisasikan program kerja prioritas dan program kerja rutinitas pada PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk.
Rekrutmen tersebut dilakukan bertujuan untuk mengisi kekosongan dan tingkat kebutuhan serta memperbaiki kualitas sumber daya manusia pada karyawan PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. Proses ini dilakukan pada bagian Sumber Daya Manusia. Rekrutmen pada PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk memerlukan tahapan yang cukup ketat dan sesuai dengan proses penerimaaan karyawan.
Hal ini membutuhkan pengertian proses-proses yang diintegrasikan pada karekteristik individual dan preferensi dengan implikasinya pada : budaya organisasi, nilai dan gaya, strategi bisnis dan panduan, struktur organisasi dan perubahan, system reward, penelitian dan sistem pengembangan, sarat penilaian dan sistem promosi. Beberapa organisasi dewasa ini menekankan pada tanggung jawab individual bagi pengembangan karir masing-masing. Sistem mentoring formal maupun informal diperkenalkan untuk membantu pencapaian pengembangan karir. Seberapa jauh fleksibelitas dan efisiensi organisasi ditentukan oleh kebijakan pemerintah, baik fiscal maupun pasar tenaga kerja.
Persaingan strategi organisasi secara keseluruhan menjadi dasar dan perencanaan sumber daya manusia. Untuk itu melalui perencanaan sumber daya manusia yang efektif haruslah dilakukan dengan analisis kebutuhan sumber daya manusia dalam kondisi yang selalu berubah, serta mengembangkan aktivitas yang mengarah kepada pemenuhan kebutuhan PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk.
Perencanaan karier pada PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk dilakukan yaitu dengan adanya mutasi dan promosi terhadap pegawai-pegawai yang sudah lama bekerja pada bagian masing-masing dalam unit pekerjaannya yang dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab. Pihak manajemen yang khusus menangani karier pegawai yaitu tetap pada Divisi Sumber Daya Manusia pada PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. Hal ini dilakukan guna melakukan proses penyengaran dan pemerataan pengetahuan kerja pegawai yang berimplementasi pada loyalitas kerja dan kualitas kerja karyawan PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk.
2. Evaluasi Pelatihan dan Pengembangan SDM
Rencana jangka menegah dan jangka panjang SDM pada PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk sangat ditekankan akn pelaksanaannya guna pencapaian profitabilitas income yang tinggi. Pengembangan sumber daya manusia dapat digunakan sebagai indikator kesesuaian antara supply dan demand bagi sejumlah orang-orang yang ada dalam organisasi dengan keterampilan yang sesuai : perencanaan sumber daya manusia juga berguna sebagai “early warning” organisasi terhadap implikasi strategi bisnis bagi pengembangan sumber daya manusia dengan melakukan audit terhadap SDM. Teknik-teknik yang dapat digunakan dalam evaluasi perencanaan sumber daya manusia meliputi :
a. Audit sederhana terhadap sasaran apakah memenuhi tujuan, kekosongan terisi, biaya berkurang, dan sebagainya. Sedangkan tingkat audit tergantung pada tujuan organisasi dan seberapa jauh analisis terhadap keberhasilan maupun penyimpangan dapat dilakukan. Proses audit sederhana ini merupakan tujuan jangka pendek perusahaan dalam bagian audite internal perusahaan dan bagian pengembangan Sumber Daya Manusia perusahaan. Sehingga informasi yang didapat dari proses audit sederhana ini memungkinkan mendapatkan data informasi pegawai pada bagian masing-masing pegawai dengan informasi tingkat kualitas kerja, kebutuhan pegawai (penambahan atau pemindahan) guna mencapai tujuan PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. Informasi juga di dapat tentang laporan keuangan tentang pembiayaan terhadap sektor-sektor yang baru dibuka dan atau yang akan dibuka. Evaluasi juga didapatkan untuk penghematan biaya yang berimplementasi pada efeisiensi dan efektivitas kerja karyawan pada PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk.
b. Evaluasi sebagai bagian dari tinjauan prosedur organisasi lain sesuai standar penggunaan :
1) Prosedur total kualitas; perlu bagi kebutuhan pengawasan dan dapat menggambarkan atensi bagi ketidakcukupan SDM. Pengawasan pegawai disetiap bagian-bagian pada PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk sangat penting dilakukan guna untuk mengetahui efisiensi dan efektifitas kerja pegawai sehingga proses pengembangan sumber daya manusia bisa berjalan dengan baik. Hal ini memberikan informasi yang sangat penting bagi pihak manajemen PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk.
2) Prosedur investasi manusia; perlu pengawasan bagi hasil pelatihan terhadap analisis kebutuhan pelatihan bagi seluruh karyawan berbasis kontinuitas. Proses ini berguna untuk memberikan informasi terhadap pegawai-pegawai yang memiliki semangat kerja, motivasi yang rendah, pengetahuan yang minim terhadap perkembangan informasi dan teknologi. Sehingga hasilnya dapat memberikan informasi bagi di visi SDM. Pelatihan yang diberikan kepada pegawai merupakan investasi jangka panjang bagi manajemen PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk.
3) Pendekatan analitis bagi utilisasi sumber daya manusia dan pengawasan hasil. Pendekatan ini adalah berfokus terhadap hasil-hasil yang didapatkan yang secara menyeluruh pada seluruh bagian-bagian yang ada pada PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. Proses ini harus sejalan dengan visi dan misi PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk.
4) Evaluasi sebagai bagian dari audit komunikasi general atau survei sikap karyawan. Pada bagian ini khusus memperhatikan tingkat keluhan atau complain pelanggan sehingga dibutuhkan informasi-informasi tersebut guna memperbaiki kualitas kerja dan kualitas pelayanan yang dapat menunjang tercapainya visi dan misi perusahaan. Perkembangan dunia informasi memungkin dan memudahkan manajemen dalam mendapatkan data sebagi sumber informasi dalam pengambilan kebijakan dan keputusan oleh pihak manajemen PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk.
5) Dimasukkannya hal-hal berikut sebagai bagian audit yang lebih luas atau tinjauan fungsi SDM :
a) Nilai tambah yang diperoleh organisasi, misalnya dalam mengembangkan manusia atau pengurangan perpindahan tenaga kerja.
b) Dalam pemenuhan target departemen sumber daya manusia atau penetapan fungsi.
c) Dalam pengwasan pencapaian “equal opportunity target” dalam hal gender atau ras.
d) Sebagai bagian bentuk internal atau eksternal bench-marking komporasi dari perencanaan sumber daya manusia yang digunakan dan outcomes dalam bagian lain di organisasi yang sama Melakukan review atas penilaian individu.
Pimpinan PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk yang secara teratur melakukan proses pengembangan strategi sumber daya manusia pada PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk yang memperoleh manfaat berupa distinctive capability dalam beberapa hal dibandingkan dengan perusahaan BUMN yang lain yang tidak melakukan, seperti yang sifatnya strategis.
3. Implementasi Pengembangan SDM
Adapun langkah strategis impelemetasi perencanaan sumber daya manusia yang dilakukan oleh PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk, yakni :
a. Pimpinan PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk mempunyai kemampuan mendifinisikan kesempatan maupun ancaman bagi sumber daya manusia dalam mencapai tujuan bisnis disetiap sektor pembangkit. Pada setiap sector pembangkit bertujuan mendapatkan informasi yang pasti terhadap kemampuan daya yang ada pada sector tersebut guna mendapatkan informasi yang pasti dalam menanggulangi tingkat complain pelanggan baik perorangan maupun perusahaan
b. Dapat memicu pemikiran baru dalam memandang isu-isu sumber daya manusia dengan orientasi dan mendidik patisipan serta menyajikan perluasan perspektif, khususnya disetiap pembangkit dan lini usaha lainnya pada PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. Hasil kreativitas terhadap daya tanggap hal-hal yang baru memudahkan pihak manajemen dalam pencapaian tujuan dari perusahaan.
c. PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk mempunyai komitmen manajemen terhadap tindakan yang dilakukan sehingga dapat menciptakan proses bagi alokasi sumber daya program-program spesifik dan aktivitas. Program-program yang spesifik bertujuan untuk mengetahui langkah-langkah selanjutnya dalam penetuan keputusan dalam evaluasi kerja manajemen.
d. PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk mengembangkan “sense of urgency” dan komitmen untuk bertindak. Prioritas kerja yang urgent dapat membantu manajemen dalam penetuan langkah dan kebijakan setiap bagian dalam perbaikan kerja.
Kemudian yang sifatnya opersional, PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk, sistem pengembangan SDM dapat bermanfaat untuk :
1) Meningkatkan pendayagunaan SDM guna memberi kontribusi terbaik.
2) Menyelaraskan aktivitas SDM dengan sasaran organisasi agar setiap pegawai/tenaga kerja dapat mengotimalkan potensi dan ketrampilannya guna meningkatkan kinerja organisasi.
3) Penghematan tenaga,biaya, waktu yang diperlukan ,sehingga dapat meningkatkan efisiensi guna kesejahteraan pegawai/karyawan.
Adapun pola yang dapat digunakan PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk dalam penyusunan strategi sumber daya manusia organisasi di masa depan antara lain, yaitu :
1) Manajer lini menangani aktivitas sumber daya manusia (strategi dan manajerial), sementara administrasi sumber daya manusia ditangani oleh pimpinan unit teknis operasional.
2) Manajer lini dan Biro kepegawaian/sumber daya manusia saling berbagi tanggung jawab dan kegiatan, dalam kontek manajer lini sebagai pemilik dan sumber daya manusia sebagai konsultan.
Departemen sumber daya manusia berperan dalam melatih manajer dalam praktik-praktik sumber daya manusia dan meningkatkan kesadaran para manajer berhubungan dengan HR concerns. Proses pengembangan sumber daya manusia sangat berpengaruh terhadap kualitas kerja dan produktivitas kerja pegawai yang berimplikasi pada perusahaan. Pihak PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk sedapat mungkin dapat meningkatkan income perusahaan dalam membantu tujuan dan program pemerintah pada setiap perusahaan.
Demikian tugas akhir mengenai Tinjauan Pelatihan dan Pengembangan Kerja Karyawan Pada PT. Indoofood CBP Sukses Makmur Tbk, semoga dapat bermanfaat.
Latar Belakang Tinjauan Pelatihan dan Pengembangan Kerja Karyawan Pada PT. Indoofood CBP Sukses Makmur Tbk
Menghadapi dunia kerja yang semakin maju dan berkembang, dituntut setiap pegawai untuk meningkatkan kinerja dalam memberikan pelayanan, sesuai dengan dinamika yang dihadapi organisasi kerja. Upaya-upaya untuk meningkatkan kinerja pegawai diperlukan dukungan organisasi yang memiliki pengembangan manajemen sumber daya manusia yang mampu mewujudkan visi, misi, tujuan dan strategi organisasi.
Keberhasilan suatu organisasi mengembangkan manajemen sumber daya manusia tidak terlepas dari adanya kemauan yang baik (goodwill) dari organisasi tersebut dalam memperhatikan pentingnya kinerja pegawai. Hal ini disadari oleh pihak manajemen, sumber daya manusia organisasi, bahwa setiap kemajuan yang diraih atau dicapai oleh suatu organisasi terlihat dari hasil kerja atau output kerja yang dihasilkan.
Hasil kerja atau output kerja yang dicapai tidak terlepas dari andil kinerja karyawan. Seorang karyawan yang mempunyai kinerja kerja yang tinggi tentu tidak terlepas dari hasil kerja yang dinilai berdasarkan tingkat pencapaian hasil kerja yang sesuai kuantitas kerja, kualitas kerja, efisiensi dan efektifitas kerja.
Hasil kerja yang sesuai kuantitas kerja, kualitas kerja, efisiensi dan efektivitas kerja tentu tidak mudah dicapai tanpa mengupayakan kinerja pegawai terus ditingkatkan secara terencana, terarah dan berkesinambungan. Upaya pengembangan kinerja pegawai banyak dipengaruhi oleh faktor-faktor yang mendukung dan menghambat tercapainya kinerja pegawai yang tinggi.
Fenomena aktual yang dihadapi saat ini oleh karyawan PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk, suatu kesenjangan di dalam pelatihan dan pengembangan karyawan dalam menghadapi dinamika kerjanya. Terlihat beberapa fenomena bahwa hasil kerja dari tinjauan pelatihan kerja dan pengembangan kerja mengalami penurunan dari tahun ke tahun atau terjadi pengalihan pengembangan unit kerja dari aspek jumlah, volume dan kapasitas kerja dari berbagai proyek-proyek pekerjaan rutin dan pembangunan unit kerja.
Fenomena menurunnya kuantitas kerja, juga terlihat adanya fenomena aktual rendahnya kualitas kerja yang dilaksanakan, di mana ditemukan berbagai kritikan dan ketidakpuasan pelanggan yang dilayani atas berbagai aktivitas pelayanan kerja yang dilakukan oleh karyawan.
Terlihat pula bahwa selama ini, perhatian terhadap pengembangan kerja menunjukkan fenomena aktual dari banyaknya aktivitas kerja yang tidak terselesaikan sesuai dengan jadwal perencanaan kerja, pelaksanaan kerja, pengawasan kerja, dan berbagai orientasi kerja yang tidak efisien penggunaan waktu kerja dari batas-batas penggunaan waktu kerja yang telah ditetapkan dan disepakati.
Ditemukan pula fenomena aktual mengenai masih banyak pekerjaan yang dilakukan oleh karyawan belum efektif sesuai manfaat kerja yang telah dilakukan, sehingga ditemukan banyak kegiatan kerja yang terbengkalai, tidak selesai sesuai manfaat yang diharapkan, dan adanya aktivitas kerja yang tumpang tindih dalam pelaksanaannya.
Ini merupakan suatu fenomena aktual atau gejala yang mendasar, sehingga pengembangan kerja karyawan perlu diupayakan untuk dikembangkan dengan memperhatikan adanya faktor-faktor yang berpengaruh terhadap kinerja karyawan dalam menjalankan tugas pokok dan fungsinya sesuai dengan komitmen kerja yang berlaku pada karyawan PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk.
Pelatihan dan pengembangan karyawan menurut pandangan sebagian karyawan dalam pengembangan karyawan yaitu masih perlu ditingkatkan faktor pendidikan karyawan, disiplin kerja, keterampilan kerja, kepemimpinan organisasi dan pemberian kompensasi kerja kepada setiap pegawai untuk meningkatkan kinerjanya.
Banyak karyawan yang beranggapan bahwa untuk pengembangan kinerja pegawai, juga ditentukan oleh adanya faktor keterampilan kerja yang dimiliki karyawan sesuai dengan diklat yang pernah diikuti. Karyawan yang telah mengikuti pelatihan dan pengembangan diri terlihat berbeda dengan karyawan yang baru mengikuti satu atau dua diklat. Makin banyak karyawan yang mengikuti jenis-jenis diklat akan memberikan pengaruh positif terhadap pengembangan kinerjanya.
Ditemukan pula banyak wacana yang sering diperbincangkan oleh pegawai terhadap pengembangan kerja karyawan, diantara mereka banyak yang mengatakan bahwa kesulitan melakukan pengembangan kinerja organisasi dikarenakan belum idealnya faktor kepemimpinan organisasi yang diterapkan selama ini. Masih ditemukan bentuk-bentuk sifat perilaku, organisasi untuk pengembangan kinerja pegawai.
Penyajian Data Hasil Penelitian Tinjauan Pelatihan dan Pengembangan Kerja Karyawan Pada PT. Indoofood CBP Sukses Makmur Tbk
Pada dasarnya kegitan pelatihan yang dibutuhkan perusahaan dan dilaksanakan oleh PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk dibagi kedalam tiga jenis meliputi :
1. Skill (Keterampilan) :
Pelatihan keterampilan ini secara kualitatif mudah untuk dievaluasi seberapa besar keberhasilannya yaitu dengan melihat penerapan dilapangan/unit kerjanya. Pelatihan ini difokuskan pada praktek sedangkan teori hanya diberikan sebagai pengantar atau sekedar mengingatkan kembali. Jenis pelatihan ini sering diklasifikasikan sebagai penyegaran. Supaya lebih efektif pada pelaksanaan pelatihan di PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. Contoh pelatihan yang meliputi skill di PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk ada pada unit Customer Care yaitu:
1) Bidang Manager : pengelolahan karyawan dan operasional
2) Bidang Prime customer : Promosi produk dan fasilitas perusahaan dan pengelompokan pelanggan bisnis
3) Bidang Personal Costomer : Pengelompokan pelanggan residensial
4) Bidang Direct Chanel : Pelayanan Pelanggan
2. Knowledge (pengetahuan)
Pelatihan yang dilakukan oleh PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk yang merupakan rangkaian suatu kegiatan untuk meningkatkan suatu wawasan dan pengetahuan karyawan baik yang bersifat teknis, manajerial maupun spiritual.
Adapun materi/metode yang disampaikan untuk jenis pelatihan ini berupa : Ceramah, Diskusi dan teori, sedangkan praktek diberikan hanya sebagian kecil saja atau disesuaikan dengan kebutuhan, terutama menyangkut hal-hal yang baru (inovasi).
Contoh pelatihan yang meliputi knowledge (pegetahuan) di PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk meliputi :
1) Workshop : Bidang Prime customer
2) Web-site : Bagi karyawan diwajibkan untuk membuka situsportal PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk Telkom yang berisi informasi karyawan dan perusahaan PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk di seluruh Indonesia
Khusus untuk kursus jabatan diatas hanya diikuti oleh karyawan, pimpinan yang mana dilaksanakan dalam rangka peningkatan kualifikasi jabatan yang disesuaikan dengan carier planning. Bagi karyawan yang telah mengikuti kursus jabatan ini tidak secara otomatis dapat menduduki kejabatan yang lebih tinggi atau naik golongan, namun harus dilihat juga potensi dan kompetensinya masing-masing serta formasi yang ada.
Pelatihan yang dilakukan oleh Karyawan PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk bersifat Pengetahuan Manajerial (Executive Development program), diikuti oleh sebagian besar karyawan dan pimpinan.
3. Attitude (Sikap dan Prilaku)
Pelatihan yang dilaksanakan oleh PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk bersifat peningkatan Attitude (sikap dan prilaku) sifatnya soft sehingga sulit untuk mengukur keberhasilannya, namun demikian penulis melihat pada unit customer care, mampu melakukan berbagai cara pelatihan agar seorang karyawan dapat merubah sikap dan perilakunya kearah yang positif, yang idealnya lagi bila penyerapan dan transfer ilmu pengetahuan dan wawasannya dapat diaplikasikan ditempat tugasnya masing-masing karyawan PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. Jenis pelatihan yang dilakanakan oleh unit customer care biasanya berupa pembinaan fisik, mental dan spiritual. Penulis melihat bahwa apapun bentuk dan jenis pelatihan yang telah dan akan diberikan perusahaan kepada karyawan PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk, itu merupakan upaya dalam meraih visi, misi dan sasaran PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk demi kelangsungan usaha dan ketenangan dalam bekerja, dengan mengimplementasikan seluruh karyawan PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk terbesar di Indonesia yang dapat memberikan kontribusinya kepada Negara berupa perolehan Devisa, Deviden, Pajak dan sebagai agen pembangunan serta penyerapan tenaga kerja juga sebagai pemelihara keseimbangan lingkungan sehingga keberadaannya dapat dirasakan oleh masyarakat jasa Telekomunikasi dan informasi dalam teknologi
Manfaat dilaksanakan pelatihan PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk yang diselenggarakan oleh unit Customer Care adalah. pemberdayaan dan pengembangan karyawan sebagai salah satu bentuk upaya peningkatan kualitas SDM menuju SDM yang professional, handal dan tangguh di bidangnya masing-masing dan merancang program peningkatan kualitas SDM supaya berdaya guna dan berhasil guna bagi perusahaan, serta perusahaan yang terbesar dalam bidang komunikasi. Ditinjau dari pembinaan sikap dan mental karyawan PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk banyak melakukan kegiatan sosial yang bersifat membantu masyarakat yang tertimpa musibah. Implementasi dari kegiatan tersebut sebagai hasil dari kegaiatan-kegiatan yang dilaksanakan oleh PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. Hal ini juga terlihat karyawan PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk banyak termotivasi dalam bekerja dan semakin mempunyai loyalitas yang tinggi dalam mengembangkan kemampuan karyawan yang dimilikinya dari hasil pendidikan dan pelatihan yang didapatkan.
Karyawan juga banyak meningkatkan kemampuan dari segi peningkatan pendidikan dari Strata Satu (S1) ke jenjang pendidikan Strata Dua (S2) yang bekerja sama dengan Universitas Hasanuddin, hasil output yang didapatkan dari pendidikan tersbut karyawan PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk banyak mempunyai kemampuan dalam pengelolaan kerja dan pemasaran terhadap produk-produk jasa yang diberikan oleh PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk.
Manfaat yang lain dari hasil pengembangan pendidikan dan pelatihan yang karyawan dapatkan setelah masa kerja lebih dari lima tahun maka karyawan banyak dipromosikan ke jabatan yang lebih baik dari sebelumnya atau peningkatan ke jenjang yang lebih tinggi dari sebelumnya. Proses pelatihan yang karyawan dapatkan banyak memberikan kontribusi yang tinggi bagi PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. Hal ini penulis melihat bahwa banyaknya karyawan PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk yang mempunyai kemampuan yang lebih dalam menjual produk jasa-jasa jaringan yang ditawarkan oleh PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. Sehingga hasil dari pelatihan yang diikuti karyawan tersebut terjadi peningkatan income PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk yang terlihata banyaknya perusahaan-perusahaan di Sulawesi Selatan yang memakai produk-produk yang ditawarkan dari PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk tersebut, baik dari corporate perusahaan maupun individu-individu masyarakat Sulawesi Selatan khususnya masyarakat Kota Makassar.
Pembahasan Tinjauan Pelatihan dan Pengembangan Kerja Karyawan Pada PT. Indoofood CBP Sukses Makmur Tbk
1. Program Pelatihan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia
Pelatihan dan pengembangan SDM dalam jangka pendek dapat direalisasikan pada PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk.
Perencanaan SDM dala jangka pendek dapat direalisasikan pada PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. Beberapa teknik perencanaan sumber daya manusia dapat diimplementasikan dalam proses rekrutmen dan perencanaan karir.
a) Rekrutmen,
Identifikasi kemungkinan ketidakcocokan antara supply dan demand serta penyesuaian melalui rekrutmen, sebelumnya dilihat sebagai alasan perencanaan manpower tradisional. Proses rekrutmen yang dilakukan oleh PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk diseuaikan dengan tingkat kebutuhan pegawai yang disesuaikan dengan kebutuhan kerja yang dilihat dari jumlah pegawai yang keluar, meninggal dunia, pensiun, dll. Proses rekrutmen tersebut dikondisikan oleh tingkat pemakaian atau kebutuhan tenaga kerja.
b) Aspek Pelatihan dan Pengembangan SDM
Aspek perencanaan Sumber Daya Manusia pada PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk disesuaikan dengan hasil visi dan misi PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk yang secara nasional kemudian diimplementasikan dalam bentuk perencanaan jangka pendek, jangka menegah dan jangka panjang. Merujuk dari teori tersebut diatas bahwa pada implementasi akan kebutuhan perbaikan sumber daya manusia maka PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk melakukan analisis tingkat kebutuhan pegawai melalui proses atau tahapan rekrutmen.
Pendekatan baru yang dilakukan oleh PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk langkah yang dilakukannya mempertimbangkan kombinasi kompetensi karyawan melalui pengetahuan, keterampilan dan sikap dan pengalaman yang dimiliki. Kombinasi tersebut pihak PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk melakukan pelatihan setiap semester berdasarkan hasil evaluasi dan Perencanaan MSDM dapat dijadikan petunjuk dan memberikan wawasan masa yang akan datang bagi orang-orang yang diperlukan untuk menyampaikan produk-produk inovatif atau pelayanan berkualitas yang difokuskan melalui strategi bisnis dalam proses rekrutmen.
Jumlah pegawai yang diterima pada PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk setiap tahunnya mengalami peningkatan. Proses rekrutmen ini disesuaikan dengan jumlah karyawan yang dibutuhkan dan penambahan unit kerja pada PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. Hal ini ditunjukkan bahwa tiga tahun terakhir ini proses penerimaan pegawai dari tahun ke tahun semakin meningkat.
Penerimaan pegawai ini dilakukan karena adanya sejumlah pegawai yang pensiun dan beberapa karyawan yang bermasalah dan atau keluar baik dengan alasan maupun tanpa alasan. Proses rekrutmen dilakukan oleh pihak manajemen dilakukan dalam rangka pemenuhan tenaga kerja pada bagian-bagian yang sangat membutuhkan penambahan tenaga kerja, setiap karyawan yang diterima dilakukan proses on the job traning guna pemberian pedidikan dan pelatihan.
Pendidikan dan pelatihan kepada pegawai baru yang direkrut berguna untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman kerja sehingga ketika dalam bekerja pegawai tersebut benar-benar memahami dan mengetahui terhadap pekerjaan yang diberikan. Proses tersebut juga dilakukan dalam mensosialisasikan program kerja prioritas dan program kerja rutinitas pada PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk.
Rekrutmen tersebut dilakukan bertujuan untuk mengisi kekosongan dan tingkat kebutuhan serta memperbaiki kualitas sumber daya manusia pada karyawan PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. Proses ini dilakukan pada bagian Sumber Daya Manusia. Rekrutmen pada PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk memerlukan tahapan yang cukup ketat dan sesuai dengan proses penerimaaan karyawan.
Hal ini membutuhkan pengertian proses-proses yang diintegrasikan pada karekteristik individual dan preferensi dengan implikasinya pada : budaya organisasi, nilai dan gaya, strategi bisnis dan panduan, struktur organisasi dan perubahan, system reward, penelitian dan sistem pengembangan, sarat penilaian dan sistem promosi. Beberapa organisasi dewasa ini menekankan pada tanggung jawab individual bagi pengembangan karir masing-masing. Sistem mentoring formal maupun informal diperkenalkan untuk membantu pencapaian pengembangan karir. Seberapa jauh fleksibelitas dan efisiensi organisasi ditentukan oleh kebijakan pemerintah, baik fiscal maupun pasar tenaga kerja.
Persaingan strategi organisasi secara keseluruhan menjadi dasar dan perencanaan sumber daya manusia. Untuk itu melalui perencanaan sumber daya manusia yang efektif haruslah dilakukan dengan analisis kebutuhan sumber daya manusia dalam kondisi yang selalu berubah, serta mengembangkan aktivitas yang mengarah kepada pemenuhan kebutuhan PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk.
Perencanaan karier pada PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk dilakukan yaitu dengan adanya mutasi dan promosi terhadap pegawai-pegawai yang sudah lama bekerja pada bagian masing-masing dalam unit pekerjaannya yang dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab. Pihak manajemen yang khusus menangani karier pegawai yaitu tetap pada Divisi Sumber Daya Manusia pada PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. Hal ini dilakukan guna melakukan proses penyengaran dan pemerataan pengetahuan kerja pegawai yang berimplementasi pada loyalitas kerja dan kualitas kerja karyawan PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk.
2. Evaluasi Pelatihan dan Pengembangan SDM
Rencana jangka menegah dan jangka panjang SDM pada PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk sangat ditekankan akn pelaksanaannya guna pencapaian profitabilitas income yang tinggi. Pengembangan sumber daya manusia dapat digunakan sebagai indikator kesesuaian antara supply dan demand bagi sejumlah orang-orang yang ada dalam organisasi dengan keterampilan yang sesuai : perencanaan sumber daya manusia juga berguna sebagai “early warning” organisasi terhadap implikasi strategi bisnis bagi pengembangan sumber daya manusia dengan melakukan audit terhadap SDM. Teknik-teknik yang dapat digunakan dalam evaluasi perencanaan sumber daya manusia meliputi :
a. Audit sederhana terhadap sasaran apakah memenuhi tujuan, kekosongan terisi, biaya berkurang, dan sebagainya. Sedangkan tingkat audit tergantung pada tujuan organisasi dan seberapa jauh analisis terhadap keberhasilan maupun penyimpangan dapat dilakukan. Proses audit sederhana ini merupakan tujuan jangka pendek perusahaan dalam bagian audite internal perusahaan dan bagian pengembangan Sumber Daya Manusia perusahaan. Sehingga informasi yang didapat dari proses audit sederhana ini memungkinkan mendapatkan data informasi pegawai pada bagian masing-masing pegawai dengan informasi tingkat kualitas kerja, kebutuhan pegawai (penambahan atau pemindahan) guna mencapai tujuan PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. Informasi juga di dapat tentang laporan keuangan tentang pembiayaan terhadap sektor-sektor yang baru dibuka dan atau yang akan dibuka. Evaluasi juga didapatkan untuk penghematan biaya yang berimplementasi pada efeisiensi dan efektivitas kerja karyawan pada PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk.
b. Evaluasi sebagai bagian dari tinjauan prosedur organisasi lain sesuai standar penggunaan :
1) Prosedur total kualitas; perlu bagi kebutuhan pengawasan dan dapat menggambarkan atensi bagi ketidakcukupan SDM. Pengawasan pegawai disetiap bagian-bagian pada PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk sangat penting dilakukan guna untuk mengetahui efisiensi dan efektifitas kerja pegawai sehingga proses pengembangan sumber daya manusia bisa berjalan dengan baik. Hal ini memberikan informasi yang sangat penting bagi pihak manajemen PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk.
2) Prosedur investasi manusia; perlu pengawasan bagi hasil pelatihan terhadap analisis kebutuhan pelatihan bagi seluruh karyawan berbasis kontinuitas. Proses ini berguna untuk memberikan informasi terhadap pegawai-pegawai yang memiliki semangat kerja, motivasi yang rendah, pengetahuan yang minim terhadap perkembangan informasi dan teknologi. Sehingga hasilnya dapat memberikan informasi bagi di visi SDM. Pelatihan yang diberikan kepada pegawai merupakan investasi jangka panjang bagi manajemen PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk.
3) Pendekatan analitis bagi utilisasi sumber daya manusia dan pengawasan hasil. Pendekatan ini adalah berfokus terhadap hasil-hasil yang didapatkan yang secara menyeluruh pada seluruh bagian-bagian yang ada pada PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. Proses ini harus sejalan dengan visi dan misi PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk.
4) Evaluasi sebagai bagian dari audit komunikasi general atau survei sikap karyawan. Pada bagian ini khusus memperhatikan tingkat keluhan atau complain pelanggan sehingga dibutuhkan informasi-informasi tersebut guna memperbaiki kualitas kerja dan kualitas pelayanan yang dapat menunjang tercapainya visi dan misi perusahaan. Perkembangan dunia informasi memungkin dan memudahkan manajemen dalam mendapatkan data sebagi sumber informasi dalam pengambilan kebijakan dan keputusan oleh pihak manajemen PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk.
5) Dimasukkannya hal-hal berikut sebagai bagian audit yang lebih luas atau tinjauan fungsi SDM :
a) Nilai tambah yang diperoleh organisasi, misalnya dalam mengembangkan manusia atau pengurangan perpindahan tenaga kerja.
b) Dalam pemenuhan target departemen sumber daya manusia atau penetapan fungsi.
c) Dalam pengwasan pencapaian “equal opportunity target” dalam hal gender atau ras.
d) Sebagai bagian bentuk internal atau eksternal bench-marking komporasi dari perencanaan sumber daya manusia yang digunakan dan outcomes dalam bagian lain di organisasi yang sama Melakukan review atas penilaian individu.
Pimpinan PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk yang secara teratur melakukan proses pengembangan strategi sumber daya manusia pada PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk yang memperoleh manfaat berupa distinctive capability dalam beberapa hal dibandingkan dengan perusahaan BUMN yang lain yang tidak melakukan, seperti yang sifatnya strategis.
3. Implementasi Pengembangan SDM
Adapun langkah strategis impelemetasi perencanaan sumber daya manusia yang dilakukan oleh PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk, yakni :
a. Pimpinan PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk mempunyai kemampuan mendifinisikan kesempatan maupun ancaman bagi sumber daya manusia dalam mencapai tujuan bisnis disetiap sektor pembangkit. Pada setiap sector pembangkit bertujuan mendapatkan informasi yang pasti terhadap kemampuan daya yang ada pada sector tersebut guna mendapatkan informasi yang pasti dalam menanggulangi tingkat complain pelanggan baik perorangan maupun perusahaan
b. Dapat memicu pemikiran baru dalam memandang isu-isu sumber daya manusia dengan orientasi dan mendidik patisipan serta menyajikan perluasan perspektif, khususnya disetiap pembangkit dan lini usaha lainnya pada PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. Hasil kreativitas terhadap daya tanggap hal-hal yang baru memudahkan pihak manajemen dalam pencapaian tujuan dari perusahaan.
c. PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk mempunyai komitmen manajemen terhadap tindakan yang dilakukan sehingga dapat menciptakan proses bagi alokasi sumber daya program-program spesifik dan aktivitas. Program-program yang spesifik bertujuan untuk mengetahui langkah-langkah selanjutnya dalam penetuan keputusan dalam evaluasi kerja manajemen.
d. PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk mengembangkan “sense of urgency” dan komitmen untuk bertindak. Prioritas kerja yang urgent dapat membantu manajemen dalam penetuan langkah dan kebijakan setiap bagian dalam perbaikan kerja.
Kemudian yang sifatnya opersional, PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk, sistem pengembangan SDM dapat bermanfaat untuk :
1) Meningkatkan pendayagunaan SDM guna memberi kontribusi terbaik.
2) Menyelaraskan aktivitas SDM dengan sasaran organisasi agar setiap pegawai/tenaga kerja dapat mengotimalkan potensi dan ketrampilannya guna meningkatkan kinerja organisasi.
3) Penghematan tenaga,biaya, waktu yang diperlukan ,sehingga dapat meningkatkan efisiensi guna kesejahteraan pegawai/karyawan.
Adapun pola yang dapat digunakan PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk dalam penyusunan strategi sumber daya manusia organisasi di masa depan antara lain, yaitu :
1) Manajer lini menangani aktivitas sumber daya manusia (strategi dan manajerial), sementara administrasi sumber daya manusia ditangani oleh pimpinan unit teknis operasional.
2) Manajer lini dan Biro kepegawaian/sumber daya manusia saling berbagi tanggung jawab dan kegiatan, dalam kontek manajer lini sebagai pemilik dan sumber daya manusia sebagai konsultan.
Departemen sumber daya manusia berperan dalam melatih manajer dalam praktik-praktik sumber daya manusia dan meningkatkan kesadaran para manajer berhubungan dengan HR concerns. Proses pengembangan sumber daya manusia sangat berpengaruh terhadap kualitas kerja dan produktivitas kerja pegawai yang berimplikasi pada perusahaan. Pihak PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk sedapat mungkin dapat meningkatkan income perusahaan dalam membantu tujuan dan program pemerintah pada setiap perusahaan.
Demikian tugas akhir mengenai Tinjauan Pelatihan dan Pengembangan Kerja Karyawan Pada PT. Indoofood CBP Sukses Makmur Tbk, semoga dapat bermanfaat.