Prosedur Pelatihan Pada United Tractors Makassar

Tugas Akhir - Prosedur Pelatihan Pada United Tractors Makassar

Latar Belakang Prosedur Pelatihan Pada United Tractors Makassar

Penggunaan tenaga kerja yang efektif dan terarah merupakan kunci kearah peningkatan kinerja karyawan sehingga dibutuhkan suatu kebijakan perusahaan untuk penggerak karyawan agar bekerja lebih produktif sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan. Salah satu upaya yang dapat dilakukan perusahaan untuk meningkatkan kualitas karyawan dari perusahaan tersebut adalah dengan melakukan pelatihan baik karyawan baru maupun karyawan yang telah lama bekerja.

Pelatihan ini merupakan suatu usaha yang terencana dari perusahaan untuk meningkatkan pengetahuan, kemandirian, keterampilan dan kemampuan kerja karyawan. Dengan pelaksanaan pelatihan  yang tepat, maka perusahaan diharapkan selalu dapat melaksanakan pelatihan agar kemandirian karyawan dalam mencapai hasil kerja yang telah ditetapkan oleh perusahaan.

Pelatihan merupakan salah satu usaha dalam meningkatkan mutu sumber daya manusia dalam dunia kerja. Karyawan, baik yang baru ataupun yang sudah bekerja perlu mengikuti pelatihan karena adanya tuntutan pekerjaan yang dapat berubah akibat perubahan lingkungan kerja,dan strategi dalam perusahaan.

Pelatihan memberikan berbagai manfaat terhadap kemandirian  kerja seorang  karyawan dalam perusahaan itu sendiri. Bagi karyawan, pelatihan memberi manfaat seperti tambahan pengetahuan, keterampilan kerja, peningkatan prestasi kerja dan sebagainya. Sedangkan bagi perusahaan mereka juga memperoleh manfaat lebih seperti terjaganya stabilitas perusahaan dan karyawan. Pengamatan sementara di lapangan, hal tersebut disebabkan adanya rekrutmen karyawan baru yang belum memahami secara benar tentang bagaimana melakukan pekerjaannya, adanya perubahan-perubahan lingkungan kerja yaitu perubahan teknologi atau adanya alat-alat yang baru yang sistem proses pengoperasiannya belum dipahami serta adanya perubahan-perubahan peraturan dan interpretasinya yang belum disosialisasikan secara menyeluruh kepada seluruh karyawan.

Berdasarkan gambaran latar belakang tersebut. Maka diharapkan melalui pelatihan yang baik, nantinya dapat meningkatkan kemandirian kerja karyawan pada United Tractors di Makassar. Hal ini juga bertujuan untuk memberikan rasa percaya diri dan menumbuhkan rasa keyakinan pada diri karyawan dalam melakukan pekerjaannya.

Sebelumnya kita ketahui bersama bahwa yang dapat memegang peranan penting dalam sebuah instansi atau perusahaan adalah seorang pimpinan. Sehingga antara pimpinan dan karyawan dapat berkomunikasi dengan baik dan berjalan lancar agar resiko terjadinya kesalahan dalam bekerja dapat menjadi berkurang. Hal ini bahwa  karyawan harus ada motivasi atau dukungan yang di berikan oleh pimpinan perusahaan sehingga mencapai apa yang telah di harapkan oleh instansi atau perusahaan tersebut.

Berdasarkan hal tersebut diatas pada prinsipnya memiliki perumusan yang sama terhadap pengertian mengenai pelatihan adalah suatu penerapan fungsi-fungsi manajemen perusahaan yaitu fungsi perencanaan, pengorganisasian dan kemnadirian dalam bekerja, penentuan staf serta kepemimpinan, dan pengendalian. Sedangkan rumusan yang menekankan bahwa pelatihan yang merupakan hal yang penting untuk dilakukan oleh perusahaan agar para karyawan bisa bekerja dengan mandiri, disamping itu juga sebagai ilmu, mengandung arti bahwa dalam mencapai tujuan yang diinginkan oleh perusahaan itu sendiri.

Pembahasan Prosedur Pelatihan Pada United Tractors Makassar

Prosedur penanganan pelatihan dirancang dan direncanakan oleh bagian HRD PT. United Tractors, hasil rancangan tersebut diperlihatkan kepada pimpina yang mengacu pada visi dan mis perusahaan. Setelah program perencanaan pelatihan tersebut disetujui oleh pimpinan selanjutnya bagian HRD mengimplemetasikan program pelatihan tersebut yang dibagi dalam dua ketegori : kategori karyawan lama dan kategori karyawan baru. Bagi karyawan baru dilakukan proses on teh job training dengan waktu masa training selama tig bulan selanjutnya karyawan tersebut di tempatkan sesuai dengan kebutuhan PT. United Tractors. Sedangkan untuk karyawan lama diberikan pelatihan motivasi ynag berguna untuk mengembangkan motivasi kerja karyawan.

Proses pelaksanaan Achievement Motivation Training tersebut didasarkan atas tingkat evaluasi karyawan selama satu semester dan atas informasi dari kantor pusat terhadap informasi data-data terbaru bagi perusahaan yang sekaligus tahapan sosialisasi terhadap informasi terbaru bagi perusahaan. Selanjutnya semua bentuk pelatihan yang diprogram dalam pelaksanaan kegiatan pelatihan dilakukan evaluasi yang dilihat kinerja masing-maisng karyawan atau berdasarkan unit masing-masing.

Prosedur penanganan pelatihan dilaksanakan secara konsisten dan berkelanjutan oleh PT. United Tractors Makassar dengan arah pengembangan kualitas kerja karyawan dalam rangka meningkatkan income perusahaan yang nantinya juga berimplikasi terhadap karyawan dalam penerimaan reward dan insneti-insentif lainnya yang bertujuan memberikan motivasi keerja bagi karyawan sehingga juga dapat meningkatkan loyalitas kerja karyawan dalam bekerja. Prosedur penanganan pelqatihan tersebut sudah sesuai dengan prosedur pengembangan karyawan yang secara teoritis, yaitu bahwa dalam penangangan prosedur pelatihan kerja karyawan harus terencana, terprogram dan sustanabel dengan tetap menerima informasi-informasi terbaru dalam rangka pengembangan kemampuan karyawan.   

Pelatihan tersebut dilakukan di PT. United Tractors Makassar yaitu ada pada Bagian HRD dan unit Customer Care yang merupakan salah satu cara pembinaan, pemberdayaan dan pengembangan karyawan sebagai salah satu bentuk upaya peningkatan kualitas SDM menuju SDM yang professional, handal dan tangguh di bidangnya masing-masing.

Pelatihan di PT. United Tractors Makassar dilakukan secara Inhouse Training maupun Off-Site Training yang tujuannya untuk merancang program peningkatan kualitas SDM  tersebut supaya berdaya guna dan berhasil guna, maka pemilihannya harus selektif  dan disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan baik untuk saat ini maupun  mendatang, dengan harapan dapat meningkatkan produktivitas kerja sehingga sasaran perusahaan dapat tercapai.

Untuk meningkatkan kualitas SDM, semua tingkatan karyawan secara selektif memperoleh kesempatan untuk menambah pengetahuan, wawasan dan meningkatkan keterampilan melalui pendidikan dan pelatihan yang dilaksanakan didalam maupun diluar perusahaan sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Pelatihan secara Inhouse Training salah satu contohnya adalah melakukan penelitian-penelitian menyangkut masalah teknis di perusahaan dan cara pengolahan jaringan dan pengelompokan pelanggan.

Sedangakan pelatihan secara Off-Site Training contohnya  adalah konsultasi tentang Sumber Daya Manusia. Pada dasarnya kegitan pelatihan yang dibutuhkan perusahaan dan dilaksanakan oleh PT. United Tractors Makassar dibagi kedalam tiga jenis meliputi :
1. Skill (Keterampilan) :
Pelatihan keterampilan ini secara kualitatif mudah untuk dievaluasi seberapa besar keberhasilannya yaitu dengan melihat penerapan dilapangan/unit kerjanya. Pelatihan ini difokuskan pada praktek sedangkan teori hanya diberikan sebagai pengantar atau sekedar mengingatkan kembali. Jenis pelatihan ini sering diklasifikasikan sebagai penyegaran. Supaya lebih efektif pada pelaksanaan pelatihan di PT. United Tractors Makassar yang meliputi skill ini dilakukan kerja sama dengan, atau House Traning BIT (Built In Traning) yang diselenggarakan di tiap-tiap unit Sebagainya.

Contoh pelatihan yang meliputi skill Berdasarkan hasil wawancara dan observasi pada bagian unit Customer Care peneulis menemukan beberapa jenis pelatihan yang dilakukan pada PT. United Tractors Makassar, yaitu Pelatihan yang dilakukan di PT. United Tractors Makassar yaitu pada unit Customer Care melalui suatu cara pembinaan, pemberdayaan dan pengembangan karyawan sebagai salah satu bentuk upaya peningkatan kualitas SDM menuju SDM yang professional, handal dan tangguh di bidangnya masing-masing. Pelatihan di PT. United Tractors Makassar unit Customer Care dilakukan secara Inhouse Training maupun Off-Site Training yang tujuannya untuk merancang program peningkatan kualitas SDM  tersebut supaya berdaya guna dan berhasil guna, maka pemilihannya harus selektif  dan disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan baik untuk saat ini maupun  mendatang, dengan harapan dapat meningkatkan produktivitas kerja sehingga sasaran perusahaan dapat tercapai.

Untuk meningkatkan kualitas SDM, semua tingkatan karyawan secara selektif memperoleh kesempatan untuk menambah pengetahuan, wawasan dan meningkatkan keterampilan melalui pendidikan dan pelatihan yang dilaksanakan didalam maupun diluar perusahaan sesuai dengan kebutuhan perusahaan.
Pelatihan secara Inhouse Training salah satu contohnya adalah melakukan penelitian-penelitian menyangkut masalah teknis di perusahaan dan cara pengolahan jaringan dan pengelompokan pelanggan.
Pelatihan ini difokuskan pada praktek sedangkan teori hanya diberikan sebagai pengantar atau sekedar mengingatkan kembali. Jenis pelatihan ini sering diklasifikasikan sebagai penyegaran. Supaya lebih efektif pada pelaksanaan pelatihan di PT. United Tractors Makassar yang meliputi skill ini dilakukan kerja sama dengan dengan Telkom Traning Centre (TTC), atau House Traning BIT (Built In Traning) yang diselenggarakan di tiap-tiap kandatel.

Contoh pelatihan yang meliputi skill di PT. United Tractors Makassar ada pada unit Customer Care yaitu:
1) Bidang  Manager        
Pelatihan yang diberikan pada bidang manager, yakni :
Pelatihan ini bertujuan memberikan keterampilan para manager dalam mengantisipasi dan mempersiapkan diri dalam menyambut Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) dan sistem pengelolaan karyawan dalam memberikan ingormasi yang up to date sehingga karyawan memiliki bekal keterampilan yang siap berkompetisi dalam dunia pertelekomunikasian.                   
2) Bidang Prime customer
Pelatihan yang dilaksanakan pada bidang prime customer, yakni :
Promosi produk dan fasilitas perusahaan serat pengelompokan pelanggan bisnis, pelatihan ini dikhususkan pada bagian pemasaran dengan tujuan memberikan keterampilan bagian marketing dalam mengambil hati pelanggan dengan menciptakan produk-produk jaringan baru yang dapat bersaing dengan telekomunikasi yang lain, salah satu produk yang terbaru dalam mengambil hati pelanggan yaitu produk Indihome pada PT. United Tractors Makassar. Jenis pelatihan  yang diberikan kepada karyawan bagain marketing, yaitu sosialisasi produk Indihome dengan kelebihan yang dimilikinya. Sosialisasi ini produk Indihome dan evaluasinya dilaksanakan setiap tiga bulan sekali pada bulan yang berjalan.
Sosialisasi ini memberikan informasi dan keterampilan karyawan bagian marketing dengan pengetahuan keunggulan produk Indihome yang dikenal dengan triple play. Selanjutnya setelah karyawan mengikuti pelatihan ini maka karyawan melakukan tugas mengelompokkan pelanggan corporate dan pelanggan perorangan yang membutuhkan produk tersebut dengan melakukan strategi bauran promosi.
3) Bidang Personal Customer   
Pelatihan yang dilaksanakan pada bidang personal customer, yakni :
Pelatihan Pengelompokan pelanggan residensial, pelatihan bidang ini pesertanya adalah bagian marketing yang bertujuan melakukan pemetaan pelanggan-pelanggan yang masuk kategori residensial. Tema pelatihan yang diberikan adalah Strategi Pemetaan Pelanggan dengan pemateri barasal dari PT. United Tractors Makassar yang mempunyai keahlian dalam bidang strategi Operasional Kerja. Bentuk pelaksanaannya berupa Workshop Pemetaan Pelanggan, yang biasanya dilaksanakan setahun sekali di Aula PT. United Tractors Makassar. Evaluasi dari keluaran pelatihan keterampilan ini dilihat dari seberapa besar tingkat complain karyawan setiap bulannya, yang selanjutnya pimpinan unit bidang Personal Customer melakukan pendataan dan menindaklanjuti complain pelanggan tersebut dengan meminimalisir keluhan kembali pelanggan PT. United Tractors Makassar tersebut.
4) Bidang  Direct Chanel       
Pelatihan yang dilaksanakan pada bidang direct chanel, yakni :
Pelatihan pelayanan pelanggan, pelatihan keterampilan yang dilakukan pada bidang ini bertujuan untuk memberikan keterampilan yang handal bagi karyawan dalam bidang kemampuan komunikasi dan pemahaman pemberian layanan prima kepada pelanggan dengan menerapkan dimensi kualitas pelayanan, yaitu Reliability, Assurances, Tangible, Empathy dan Responsibility (RATER). Pelatihan ini dilaksanakan setiap 6 sekali yang tempat pelaksanaanya selalu dilaksanakan di hotel-hotel yang ada di Makassar.
5) Bidang  In Direct Chanel   
Pelatihan yang dilaksanakan pada bidang in direct chanel, yakni
Pengelolaan warung Telkom dan Outlet Flexi, pelatihan yang diberikan pada bidang ini adalah Optimalisasi Mitra Kerja Sama PT. United Tractors Makassar. Peserta dari pelatihan ini adalah karyawan PT. United Tractors Makassar dan outlet-outlet yang merupakan kerjasama dari PT. United Tractors Makassar yang bertujuan meningkatkan income perusahaan dan relasi bisnis dari kerjasama yang ada. Pelatihan ini biasanya banyak di laksanakan di Kantor PT. United Tractors Makassar. Pelatihan yang dilaksanakan oleh PT. United Tractors Makassar ini sekaligus mempromosikan produk-produk baru yang dimiliki oleh PT. United Tractors Makassar.

2. Knowledge (Pengetahuan)
Pelatihan yang dilakukan oleh PT. United Tractors Makassar yang merupakan rangkaian suatu kegiatan untuk meningkatkan suatu wawasan dan pengetahuan karyawan baik yang bersifat teknis, manajerial maupun spiritual.
Adapun materi/metode yang disampaikan untuk jenis pelatihan ini berupa : ceramah, diskusi dan teori, sedangkan praktek diberikan hanya sebagian kecil saja atau disesuaikan dengan kebutuhan, terutama menyangkut hal-hal yang baru (inovasi). Contoh pelatihan yang meliputi knowledge (pegetahuan) di PT. United Tractors Makassar meliputi : Workshop  Bidang Prime customer.   

Pelatihan tersebut diwajibkan karyawan untuk membuka situs portal PT. United Tractors Makassar yang berisi  informasi karyawan dan perusahaan PT. United Tractors Makassar di seluruh Indonesia Khusus untuk pelatihan pengetahuan diatas hanya diikuti oleh karyawan, pimpinan yang mana dilaksanakan dalam rangka peningkatan kualifikasi karyawan yang disesuaikan dengan carier planning. Bagi karyawan yang telah mengikuti kursus jabatan ini tidak secara otomatis dapat menduduki ke jabatan yang lebih tinggi atau naik golongan, namun harus dilihat juga potensi dan kompetensinya masing-masing serta formasi yang ada.
Pelatihan yang dilakukan oleh Karyawan PT. United Tractors  Makassar bersifat Pengetahuan Manajerial (Executive Development program), diikuti oleh sebagian besar karyawan dan pimpinan.

3. Attitude
Pelatihan yang dilaksanakan oleh PT. United Tractors Makassar bersifat peningkatan Attitude (sikap dan prilaku) sifatnya soft sehingga sulit untuk mengukur keberhasilannya, namun demikian penulis melihat pada unit customer care, mampu melakukan berbagai cara pelatihan agar seorang karyawan dapat merubah sikap dan perilakunya kearah yang positif, yang idealnya lagi bila penyerapan dan transfer ilmu pengetahuan dan wawasannya dapat diaplikasikan ditempat tugasnya masing-masing karyawan PT. United Tractors Makassar.

Jenis pelatihan yang dilakanakan oleh unit customer care biasanya berupa pembinaan fisik, mental dan spiritual. Pelaksanaan pelatihan spiritual di  PT. United Tractors Makassar  bekerja sama dengan Dewan Keluarga Mesjid Al-Markaz Al-Islami Makassar.
Penulis melihat bahwa apapun bentuk dan jenis pelatihan yang telah dan akan diberikan perusahaan kepada karyawan PT. United Tractors Makassar, itu merupakan upaya dalam meraih visi, misi dan sasaran PT. United Tractors Makassar demi kelangsungan usaha  dan ketenangan dalam bekerja, dengan mengimplementasikan seluruh karyawan dan PT. United Tractors Makassar ingin menjadi BUMN terbesar di Indonesia Bagian Timur yang dapat memberikan kontribusinya kepada Negara berupa perolehan Devisa, Deviden, Pajak dan sebagai agen pembangunan serta penyerapan tenaga kerja juga sebagai pemelihara keseimbangan lingkungan sehingga keberadaannya dapat dirasakan oleh masyarakat jasa Telekomunikasi dan informasi dalam teknologi.

Manfaat Kegiatan Pelatihan di PT. United Tractors Makassar

Manfaat dilaksanakan pelatihan di PT. United Tractors Makassar yang diselenggarakan oleh unit Customer Care  adalah. pemberdayaan dan pengembangan karyawan sebagai salah satu bentuk upaya peningkatan kualitas SDM menuju SDM yang professional, handal dan tangguh di bidangnya masing-masing dan merancang program peningkatan kualitas SDM supaya berdaya guna dan berhasil guna bagi perusahaan, serta perusahaan yang terbesar dalam bidang komunikasi. Ditinjau dari pembinaan sikap dan mental karyawan PT. United Tractors Makassar banyak melakukan kegiatan sosial yang bersifat membantu masyarakat yang tertimpa musibah. Implemenatsi dari kegiatan tersebut sebagai hasil dari kegaiatan-kegiatan yang dilaksanakan oleh PT. United Tractors Makassar. Hal ini juga terlihat karyawan PT. United Tractors Makassar banyak termotivasi dalam bekerja dan semakin mempunyai loyalitas yang tinggi dalam mengembangkan kemampuan karyawan yang dimilikiny dari hasil pendidikan dan pelatihan yang didapatkan.

Manfaat yang lain dari hasil pengembangan pendidikan dan pelatihan yang karyawan dapatkan setelah masa kerja lebih dari lima tahun maka karyawan banyak dipromosikan ke jabatan yang lebih baik dari sebelumnya atau peningkatan ke jenjang yang lebih tinggi dari sebelumnya. Proses peltaihan yang karyawan dapatkan banyak memberikan kontribusi yang tinggi bagi PT. United Tractors Makassar. Hal ini penulis melihat bahwa banyaknya karyawan PT. United Tractors Makassar yang mempunyai kemampuan yang lebih dalam menjual produk jasa-jasa jaringan yang ditawarkan oleh PT. United Tractors Makassar. Sehingga hasil dari pelatihan yang diikuti karyawan tersebut terjadi peningkatan income PT. United Tractors Makassar yang terlihat banyaknya perusahaan-perusahaan di Sulawesi Selatan yang memakai produk-produk yang ditawarkan dari PT. United Tractors Makassar tersebut, baik dari corporate perusahaan maupun individu-individu masyarakat Sulawesi Selatan khususnya masyarakat Kota Makassar.

Demikian tugas akhir mengenai Prosedur Pelatihan Pada United Tractors Makassar, semoga dapat bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel