Implementasi Sistem Pelayanan Pada Bagian Poliklinik PT Aneka Tambang (Persero) Tbk Makassar
Tuesday, 27 December 2016
Tugas Akhir - Implementasi Sistem Pelayanan Pada Bagian Poliklinik PT Aneka Tambang (Persero) Tbk Makassar
Latar Belakang Implementasi Sistem Pelayanan Pada Bagian Poliklinik PT Aneka Tambang (Persero) Tbk Makassar
Sistem pelayanan merupakan suatu kegiatan atau urutan kegiatan pada suatu organisasi atau instansi yang dilakukan oleh seseorang atau kelompok orang maupun suatu instansi tertentu untuk memberikan bantuan dan kemudahan pada pegawai yang mempunyai kepentingan dalam organisasi itu dalam rangka mencapai tujuan sesuai dengan aturan pokok dan tata cara yang telah ditetapkan. Dari pengertian di atas tersirat bahwa suatu pelayanan pada dasarnya melibatkan dua pihak yang saling berhubungan yaitu organisasi pemberi pelayanan di satu pihak dan masyarakat sebagai penerima pelayanan di pihak lainnya. Jika organisasi mampu memberikan pelayanan yang optimal dan memenuhi tuntutan dari masyarakat, maka dapat dikatakan organisasi tersebut telah mampu memberikan pelayanan yang memuaskan kepada pasien yang datang.
Sistem pelayanan merupakan suatu kegiatan atau urutan kegiatan pada suatu usaha yang dilakuan oleh seseorang atau kelompok orang maupun suatu instansi tertentu untuk memberikan bantuan dan kemudahan pada pegawai yang mempunyai keluhan mengenai kesehatan, organisasi ini tidak hanya memberikan kemudahan pada pegawai itu saja tetapi juga pihak organisasi memberikan jaminan kesehatan bagi keluaga pegawai dan pesiuanan dari organisasi tersebut dalam rangka mencapai tujuan sesuai dengan aturan pokok dan tata cara yang telah ditetapkan.
Dari pengertian di atas dapat diketahui bahwa suatu pelayanan pada dasarnya melibatkan dua pihak yang saling berhubungan yaitu organisasi pemberi pelayanan yang baik di satu pihak dan pegawai ,keluarga, dan pensiunan sebagai penerima pelayanan di pihaklainnya. Jika organisasi mampu memberikan pelayanan yang optimal dan memenuhi tuntutan dari pegawai, maka dapat dipastikan pegawai akan melakukan pekerjaannya dalam keadaan sehat dan akan memberikan kinerja terbaiknya dalam bekerja.
Pada pengamatan awal yang dilakukan oleh penulis dibagian Poliklinik PT Aneka Tambang(Persero) Tbk Makassar yaitu mereka menerima rujukan medis dari berbagai kantor perwakilan PT Aneka Tambang di Indonesia mulai dari pegawai, keluarga dan pensiunan yang mengalami gangguan kesehatan dan selanjutnya bagian poliklinik akan memberikan pelayanan bagi mereka sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan di dalam perusahaan.
PT Aneka Tambang (persero)Tbk Makassar khususnya pada bagian Poliklinik dalam keseharianya selalu berhubungan dengan kesehatan pegawai, keluarga dan pensiunan. Dalam pelayanan kesehatan pegawai, keluarga dan pensiunan pada bagian ini sudah terlaksana dengan baik meskipun ada kesalahan namun bisa ditangani dengan baik.
Pembahasan Implementasi Sistem Pelayanan Pada Bagian Poliklinik PT Aneka Tambang (Persero) Tbk Makassar
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dengan observasi dan wawancara berikut ini uraian pembahasan tersebut.
1. Prosedur Pelayanan pada Bagian Poliklinik PT Aneka Tambang (Persero) Tbk Makassar
Pelayanan merupakan bagian pelayanan merupakan suatu bentuk sistem, prosedur atau metode tertentu diberikan kepada orang lain, dalam hal ini, kebutuhan pelanggan tersebut dapat terpenuhi sesuai dengan harapan atau keinginan pelanggan dengan tingkat persepsi mereka.Pada bagian Poliklinik ANTAM Makassar dalam proses pelayanannya hanya melayani karyawan, keluarga karyawan dan pensiunan PT Aneka Tambang (Persero) Tbk. Ada beberapa prosedur dalam proses pelayanan yang dilakukan bagian Poliklinik Antam Makassar yaitu mulai dari pengajuan surat rujukan atau SPRM bagi yang berobat dari luar kota atau cabang PT Aneka Tambang (Persero) Tbk, kecuali bagi yang berada di Makassar. Melakukan beberapa pendataan, pemerikasaan dengan Dokter Umum, Dokter Spesialis dan kemudian Rumah Sakit bagi pasien rawat inap.
Berdasarkan hasil pengamatan prosedur pelayanan pada bagian Poliklinik ANTAM ini berjalan dengan baik dapat dilihat dari kurangnya pasien yang komplain terhadap prosedur pelayanan yang dilakukan oleh pihak bagian Poliklinik.
2. Fasilitas Pelayanan Bagian Poliklinik PT Aneka Tambang (Persero) Tbk Makassar
Fasiltas atau sarana sangat berpengaruh dalam keberhasilan sistem pelayanan yang diberikan kepada pasien.Ada beberapa fasilitas yang disediakan oleh bagian Poliklinik kepada pasiennya seperti Ruang Tunggu yang juga di lengkapi beberap fasilitas untuk menunjang kenyamanan pasien seperti AC dan Dispenser.Ruang dokter untuk pemeriksaan pasien yang di lengkapi beberapa peralatan kesehatan untuk pemeriksaan pasien.Bagi pasien yang melakukan berobat jalan telah disipakan penginapan yaitu berupa Mess yang terbagi dua yaitu Mess Sinergi dan Mess Sawerigading.
Bagi karyawan Poliklinik beberapa fasilitas yang disediakan masih dirasa kurang khususnya peralatan dalam pemeriksaan kesehatan karyawan yang perlu ditambah demi menunjang pelayanan yang baik kepada pasien.
3. Sistem Pelayanan pada Bagian Poliklinik PT Aneka Tambang (Persero) Tbk Makassar
Sistem pelayanan pada bagian poliklinik ini merupakan sistem pelayanan kesehatan bagi karyawan, keluarga karyawan dan pensiunan demi menunjang kesehatan mereka.Dalam sistem pelayanan kesehatan ini tidak luput dari kinerja perusahaan yangberusaha untuk meningkatkan tingkat kesehatan karyawannya melalui Poliklinik yang ada di perusahaan.
Dalam menunjang sistem pelayanannya bukan hanya fasilitas yang diberikan namun biaya pengobatan baik rawat inap maupun rawat jalan telah ditanggung oleh perusahaan.Sehingga dengan sistem pelayanan kesehatan seperti ini dapat meningkatkan kesehatan karyawan, keluarga karyawan maupun pensiunan PT Aneka Tambang (Persero) Tbk.
4. Hambatan-hambatan dalam Proses Pelayanan di Bagian Poliklinik PT Aneka Tambang (Persero) Tbk Makassar
Berdasarkan hasil observasi dan wawancara, diperoleh informasi bahwa hambatan-hambatan yang dialami pada bagian Poliklinik PT Aneka Tambang (Persero) Tbk Makassar yaitu fasilitas untuk pemeriksaan kesehatan yang terbatas sehingga kadang menghambat pelayanan kesehatan terhadap pemeriksaan karyawan seperti halnya tensi yang disediakan hanya ada satu serta keterbatasan tenaga kerja kesehatan dalam pelayanannya karena tenaga kerja yang ada pada poliklinik bukan hanya melayani pasien yang datang tetapi juga memproses setiap tagihan-tagihan pengobatan pasien yang kemudian harus dilaporkan kepada pihak perusahaan.
Demikian tugas akhir mengenai Implementasi Sistem Pelayanan Pada Bagian Poliklinik PT Aneka Tambang (Persero) Tbk Makassar, semoga dapat bermanfaat.
Latar Belakang Implementasi Sistem Pelayanan Pada Bagian Poliklinik PT Aneka Tambang (Persero) Tbk Makassar
Sistem pelayanan merupakan suatu kegiatan atau urutan kegiatan pada suatu organisasi atau instansi yang dilakukan oleh seseorang atau kelompok orang maupun suatu instansi tertentu untuk memberikan bantuan dan kemudahan pada pegawai yang mempunyai kepentingan dalam organisasi itu dalam rangka mencapai tujuan sesuai dengan aturan pokok dan tata cara yang telah ditetapkan. Dari pengertian di atas tersirat bahwa suatu pelayanan pada dasarnya melibatkan dua pihak yang saling berhubungan yaitu organisasi pemberi pelayanan di satu pihak dan masyarakat sebagai penerima pelayanan di pihak lainnya. Jika organisasi mampu memberikan pelayanan yang optimal dan memenuhi tuntutan dari masyarakat, maka dapat dikatakan organisasi tersebut telah mampu memberikan pelayanan yang memuaskan kepada pasien yang datang.
Sistem pelayanan merupakan suatu kegiatan atau urutan kegiatan pada suatu usaha yang dilakuan oleh seseorang atau kelompok orang maupun suatu instansi tertentu untuk memberikan bantuan dan kemudahan pada pegawai yang mempunyai keluhan mengenai kesehatan, organisasi ini tidak hanya memberikan kemudahan pada pegawai itu saja tetapi juga pihak organisasi memberikan jaminan kesehatan bagi keluaga pegawai dan pesiuanan dari organisasi tersebut dalam rangka mencapai tujuan sesuai dengan aturan pokok dan tata cara yang telah ditetapkan.
Dari pengertian di atas dapat diketahui bahwa suatu pelayanan pada dasarnya melibatkan dua pihak yang saling berhubungan yaitu organisasi pemberi pelayanan yang baik di satu pihak dan pegawai ,keluarga, dan pensiunan sebagai penerima pelayanan di pihaklainnya. Jika organisasi mampu memberikan pelayanan yang optimal dan memenuhi tuntutan dari pegawai, maka dapat dipastikan pegawai akan melakukan pekerjaannya dalam keadaan sehat dan akan memberikan kinerja terbaiknya dalam bekerja.
Pada pengamatan awal yang dilakukan oleh penulis dibagian Poliklinik PT Aneka Tambang(Persero) Tbk Makassar yaitu mereka menerima rujukan medis dari berbagai kantor perwakilan PT Aneka Tambang di Indonesia mulai dari pegawai, keluarga dan pensiunan yang mengalami gangguan kesehatan dan selanjutnya bagian poliklinik akan memberikan pelayanan bagi mereka sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan di dalam perusahaan.
PT Aneka Tambang (persero)Tbk Makassar khususnya pada bagian Poliklinik dalam keseharianya selalu berhubungan dengan kesehatan pegawai, keluarga dan pensiunan. Dalam pelayanan kesehatan pegawai, keluarga dan pensiunan pada bagian ini sudah terlaksana dengan baik meskipun ada kesalahan namun bisa ditangani dengan baik.
Pembahasan Implementasi Sistem Pelayanan Pada Bagian Poliklinik PT Aneka Tambang (Persero) Tbk Makassar
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dengan observasi dan wawancara berikut ini uraian pembahasan tersebut.
1. Prosedur Pelayanan pada Bagian Poliklinik PT Aneka Tambang (Persero) Tbk Makassar
Pelayanan merupakan bagian pelayanan merupakan suatu bentuk sistem, prosedur atau metode tertentu diberikan kepada orang lain, dalam hal ini, kebutuhan pelanggan tersebut dapat terpenuhi sesuai dengan harapan atau keinginan pelanggan dengan tingkat persepsi mereka.Pada bagian Poliklinik ANTAM Makassar dalam proses pelayanannya hanya melayani karyawan, keluarga karyawan dan pensiunan PT Aneka Tambang (Persero) Tbk. Ada beberapa prosedur dalam proses pelayanan yang dilakukan bagian Poliklinik Antam Makassar yaitu mulai dari pengajuan surat rujukan atau SPRM bagi yang berobat dari luar kota atau cabang PT Aneka Tambang (Persero) Tbk, kecuali bagi yang berada di Makassar. Melakukan beberapa pendataan, pemerikasaan dengan Dokter Umum, Dokter Spesialis dan kemudian Rumah Sakit bagi pasien rawat inap.
Berdasarkan hasil pengamatan prosedur pelayanan pada bagian Poliklinik ANTAM ini berjalan dengan baik dapat dilihat dari kurangnya pasien yang komplain terhadap prosedur pelayanan yang dilakukan oleh pihak bagian Poliklinik.
2. Fasilitas Pelayanan Bagian Poliklinik PT Aneka Tambang (Persero) Tbk Makassar
Fasiltas atau sarana sangat berpengaruh dalam keberhasilan sistem pelayanan yang diberikan kepada pasien.Ada beberapa fasilitas yang disediakan oleh bagian Poliklinik kepada pasiennya seperti Ruang Tunggu yang juga di lengkapi beberap fasilitas untuk menunjang kenyamanan pasien seperti AC dan Dispenser.Ruang dokter untuk pemeriksaan pasien yang di lengkapi beberapa peralatan kesehatan untuk pemeriksaan pasien.Bagi pasien yang melakukan berobat jalan telah disipakan penginapan yaitu berupa Mess yang terbagi dua yaitu Mess Sinergi dan Mess Sawerigading.
Bagi karyawan Poliklinik beberapa fasilitas yang disediakan masih dirasa kurang khususnya peralatan dalam pemeriksaan kesehatan karyawan yang perlu ditambah demi menunjang pelayanan yang baik kepada pasien.
3. Sistem Pelayanan pada Bagian Poliklinik PT Aneka Tambang (Persero) Tbk Makassar
Sistem pelayanan pada bagian poliklinik ini merupakan sistem pelayanan kesehatan bagi karyawan, keluarga karyawan dan pensiunan demi menunjang kesehatan mereka.Dalam sistem pelayanan kesehatan ini tidak luput dari kinerja perusahaan yangberusaha untuk meningkatkan tingkat kesehatan karyawannya melalui Poliklinik yang ada di perusahaan.
Dalam menunjang sistem pelayanannya bukan hanya fasilitas yang diberikan namun biaya pengobatan baik rawat inap maupun rawat jalan telah ditanggung oleh perusahaan.Sehingga dengan sistem pelayanan kesehatan seperti ini dapat meningkatkan kesehatan karyawan, keluarga karyawan maupun pensiunan PT Aneka Tambang (Persero) Tbk.
4. Hambatan-hambatan dalam Proses Pelayanan di Bagian Poliklinik PT Aneka Tambang (Persero) Tbk Makassar
Berdasarkan hasil observasi dan wawancara, diperoleh informasi bahwa hambatan-hambatan yang dialami pada bagian Poliklinik PT Aneka Tambang (Persero) Tbk Makassar yaitu fasilitas untuk pemeriksaan kesehatan yang terbatas sehingga kadang menghambat pelayanan kesehatan terhadap pemeriksaan karyawan seperti halnya tensi yang disediakan hanya ada satu serta keterbatasan tenaga kerja kesehatan dalam pelayanannya karena tenaga kerja yang ada pada poliklinik bukan hanya melayani pasien yang datang tetapi juga memproses setiap tagihan-tagihan pengobatan pasien yang kemudian harus dilaporkan kepada pihak perusahaan.
Demikian tugas akhir mengenai Implementasi Sistem Pelayanan Pada Bagian Poliklinik PT Aneka Tambang (Persero) Tbk Makassar, semoga dapat bermanfaat.