Strategi Bauran Promosi pada BRI

STRATEGI BAURAN PROMOSI PADA PT. BANK RAKYAT INDONESIA UNITMAMAJANG MAKASSAR

1. Latar Belakang Masalah Strategi Bauran Promosi pada BRI

Perkembangan yang terjadi dalam dunia perbankan adalah munculnya berbagai fenomena menarik di pentas perbankan nasional, yakni banyaknya pelaku bisnis memasuki dan menggeluti bisnis perbankan. Kalangan perbankan seperti tidak mau kehilangan momentum untuk ikut berlomba-lomba dalam memperebutkan hati masyarakat agar mempercayakan uangnya untuk disimpan di bank. Bank memanfaatkan perilaku konsumen yang cenderung konsumtif sebagai wujud keikutsertaan dalam persaingan. Bank pun meluncurkan iklan-iklan sekreatif mungkin di berbagai media massa guna mempengaruhi perilaku konsumtif masyarakat.

Peranan perbankan dalam memajukan perekonomian suatu negara sangatlah besar. Hampir semua sektor yang berhubungan dengan kegiatan keuangan pasti membutuhkan jasa bank, karena bank merupakan lembaga keuangan yang sangat dibutuhkan oleh berbagai lapisan masyarakat, yang kegiatannya menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan atau rekening seperti tabungan, deposito, rekening giro, dan menyalurkannya kembali kepada masyarakat dalam bentuk pinjaman atau kredit.

Bank Rakyat Indonesia, yang menyediakan bermacam-macam produk perbankan, meliputi produk dana, produk jasa dan pelayanan serta produk kredit, selalu berusaha untuk bertahan, bersaing dan menguasai pasar dengan meningkatkan kinerjanya agar tetap menjadi bank yang sehat dan berkembang dengan baik. Persaingan itu tidak hanya bertumpu pada kinerja keuangannya saja, tetapi juga pada kualitas pelayanan dan produknya.

Tabungan Simpedes menjadi legenda tersendiri bagi produk tabungan BRI. Dari beberapa produk tabungan, giro, dan deposito yang ditawarkan Bank Rakyat Indonesia (BRI), tabungan Simpanan Pedesaan (Simpedes) masih merupakan produk paling laris yang dikeluarkan salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di Makassar. Produk tabungan Simpedes PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Makassar masih paling banyak peminatnya. Simpedes merupakan produk BRI yang sudah ada sejak dulu yang digunakan baik nasabah di perkotaan maupun di pelosok pedesaan.

Adapun upaya yang dilakukan oleh PT. Bank Rakyat Indonesia Unit Mamajang Makassar dalam meningkatkan jumlah nasabah,?Simpedes” yaitu dengan menggunakan strategi promosi dengan cara memperkenalkan produknya kepada masyarakat dengan pembagian merchandise untuk memberikan informasi yang akurat dan jelas serta pelayanan yang optimal/total terhadap nasabah.

Dengan promosi tersebut diharapkan produk yang dihasilkan akan dikenal oleh masyarakat luas dan membangun merk yang kuat serta memiliki identitas yang dapat menggambarkan suatu value yang akan menancap dalam benak konsumen, serta dapat menarik minat nasabah atau calon nasabah sehingga tercapai tujuan perusahaan yaitu meningkatkan jumlah nasabah.

Dari hasil penelitian tersebut perusahaan dalam hal ini adalah PT Bank Rakyat Indonesia Unit Mamajang Makassar akan mengetahui sejauh mana barometer perusahaannya menawarkan produk tabungan Simpedes kepada masyarakat / nasabahnya. Berdasarkan latar belakang diatas, penulis tertarik untuk mengambil judul : “Tinjauan Strategi Bauran Promosi Pada PT. Bank Rakyat Indonesia Unit Mamajang Makassar.”

2. Identifikasi Masalah Strategi Bauran Promosi pada BRI
Mengacu pada latar belakang masalah maka, dapat dikemukakan identifikasi masalah yaitu, strategi bauran promosi yang digunakan oleh  PT. Bank Rakyat Indonesia Unit mamajang dan kendala-kendala yang dihadapi?

3. Rumusan  Masalah Strategi Bauran Promosi pada BRI
Berdasarkan identifikasi masalah di atas, maka rumusan penelitian ini adalah untuk :
- Bagaimana proses pelaksanaan strategi bauran promosi periklanan (Advertising), Penjualan Perorangan (Personal Selling), dan Promosi Penjualan (Sales Promotion) terhadap Jenis Tabungan Simpedes pada PT. Bank Rakyat Indonesia Unit Mamajang Makassar.
- Kendala-kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan strategi bauran promosi pada PT. Bank Rakyat Indonesia Unit Mamajang Makassar.

4. Batasan Masalah Strategi Bauran Promosi pada BRI
Berdasarkan masalah yang ada maka penulis membatasi penulisan yang dikarenakan oleh adanya keterbatasan waktu, pikiran dan sarana yang ada maka penulis hanya membatasi dan membahas mengenai pelaksanaan strategi bauran promosi terhadap jenis tabungan Simpedes meliputi Periklanan (Advertising), Penjualan Perorangan (Personal Selling) dan Promosi Penjualan (Sales Promotion), serta kendala-kendala yang dihadapi pada pelaksanaan strategi bauran promosi.

5. Tujuan Penelitian Strategi Bauran Promosi pada BRI
Berdasarkan rumusan masalah di atas, maka tujuan penelitian ini adalah untuk :
- Untuk mengetahui pelaksanaan strategi bauran promosi terhadap jenis tabungan simpedes pada PT. Bank Rakyat Indonesia Unit Mamajang Makassar.
- Untuk mengetahui kendala-kendala yang dihadapi selama pelaksanaan strategi bauran promosi PT. Bank Rakyat Indonesia Unit Mamajang.

6. Kegunaan Penelitian Strategi Bauran Promosi pada BRI
Adapun manfaat yang di harapkan dari penelitian ini adalah :
- Sebagai salah satu syarat untuk menyelesaikan studi jenjang pendidikan diploma tiga.
- Sebagai bahan masukan / informasi bagi manajemen PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Untuk mengetahui pelaksanaan strategi bauran promosi yang tepat terhadap jenis Tabungan Simpedes pada Bank tersebut sehingga dapat terealisasikan dengan baik.

7. Desain Penelitian Strategi Bauran Promosi pada BRI
- Metode penelitian
Metode penelitian yang digunakan oleh penulis adalah metode deskriptif kualitatif yang dimaksudkan untuk mengetahui tentang pelaksanaan strategi bauran promosi terhadap jenis tabungan simpedes Bank Rakyat Indonesia.

- Teknik Pengumpulan Data
Adapun teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini antara lain :
a. Studi Kepustakaan (Library Research)
Data yang diperoleh oleh penulis berupa konsep atau teori dengan mempelajari buku-buku, hasil penelitian yang terkait dengan objek ini.

b. Studi Lapangan (Field Research)
Studi lapangan dari dalam penelitian ini terdiri dari :
- Pengamatan (Observation)
Penulis terjun langsung ke PT. Bank Rakyat Indonesia Unit Mamajang Makassar dan mengamati hal-hal yang berkaitan dengan obyek penelitian yang akan diteliti.
- Wawancara (Interview)
Penulis melakukan wawancara pada pihak yang dianggap memberikan masukan sebagai bahan informasi yang berhubungan dengan Strategi Promosi Terhadap Jenis Tabungan Simpedes Bank Rakyat Indonesia Unit Mamajang Makassar.

8. Analisis Data Strategi Bauran Promosi pada BRI
- Sumber Data
a. Data Primer
Yaitu data yang diperoleh secara langsung dan dikumpulkan oleh penulis, di antaranya wawancara baik pada karyawan maupun atasan.
b. Data Sekunder
Yaitu data yang diperoleh dari sumber data yang tersedia dalam bentuk dokumen operasional lembaga yang berkaitan dengan objek yang diteliti.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel