Pembahasan Strategi Bauran Promosi BRI
Friday, 29 May 2015
Pembahasan Strategi Bauran Promosi BRI
Tabungan simpedes BRI adalah simpanan masyarakat dalam bentuk tabungan dengan mata uang rupiah yang dapat dilayani di kantor Cabang khusus / Kanca / KCP / BRI Unit, yang penyetoran dan pengambilannya tidak dibatasi baik frekuensi maupun maupun jumlahnya sepanjang memenuhi ketentuan yang berlaku.
Sasaran pasar Simpedes adalah nasabah perorangan (individual) dan nasabah non perorangan. Simpanan pedesaan (Simpedes) merupakan salah satu produk yang ditawarkan oleh Bank Rakyat Indonesia (BRI) yang bertujuan untuk menarik dana-dana kecil dari masyarakat pedesaan yang masih kurang mengenal tentang Bank. Terbukti Simpedes merupakan salah satu produk yang sangat diminati oleh masyarakat Indonesia, hal ini karena tidak dipungutnya biaya administrasi.
Bauran Promosi
a. Periklanan (Advertising)
Iklan merupakan salah satu bentuk promosi yang paling banyak digunakan perusahaan dalam mempromosikan produknya. Iklan adalah bentuk komunikasi tidak langsung, yang didasari pada informasi tentang keunggulan atau keuntungan suatu produk, yang disusun sedemikian rupa sehingga menimbulkan rasa menyenangkan yang akan mengubah pikiran seseorang untuk melakukan pembelian.
Adapun kegiatan periklanan yang dilakukan oleh PT. Bank Rakyat Indonesia Unit Mamajang Makassar dilakukan dengan berbagai macam cara diantaranya adalah :
1) Media elektronik seperti TV lokal. Dengan keunggulan yang bersifat audio, visual, dan motion. Dengan format yang sangat fleksibel, jangkauan jauh, sangat menarik perhatian, menimbulkan dampak yang kuat dan kemampuannya yang kuat untuk mempengaruhi persepsi khalayak. Disamping itu, periklanan juga memiliki kelemahan diantaranya, sangat mahal, banyak gangguan dan khalayak tidak selektif.
2) Baliho yang dipasang pada tempat-tempat strategis.
3) Billboard ataupun spanduk.
Penggunaan media iklan diatas, semata-mata mempertimbangkan faktor banyaknya jumlah pembaca dan luas wilayah pendistribusiannya, sedangkan perbedaan frekuensi iklan pada media iklan tersebut diatas, didasarkan pada tingkat jumlah pembacanya.
Dengan demikian perusahaan dapat berharap bahwa semakin banyak jumlah pembaca, maka akan semakin banyak pula masyarakat yang mengenal tabungan simpedes, yang pada akhirnya PT. Bank Rakyat Indonesia Unit Mamajang dapat pula mengharapkan akan semakin banyak masyarakat yang akan menggunakan tabungan tersebut.
b. Penjualan Perorangan (Personal Selling)
Personal selling adalah komunikasi langsung (tatap muka) antara penjual dan calon pelanggan untuk memperkenalkan suatu produk kepada calon pelanggan dan membentuk pemahaman pelanggan terhadap produk sehingga mereka kemudian akan mencoba dan membelinya.
Aktivitas personal selling memiliki beberapa fungsi yaitu sebagai berikut:
1) Prospecting, yaitu mencari pembeli mencari calon nasabah dan menjalin hubungan dengan mereka.
2) Targeting, mengalokasikan kelangkaan waktu demi calon nasabah.
3) Communicating, memberi informasi mengenai produk tabungan simpedes kepada nasabah.
4) Selling, yakni mendekati, mempresentasikan, dan mendemonstrasikan, mengatasi penolakan, serta menjual produk kepada calomnasabah.
5) Servicing, yakni memberikan berbagai jasa dan pelayanan kepada calon nasabah.
6) Information gathering, yakni melakukan riset dan intelijin pasar.
7) Allocating, yaitu menentukan calon nasabah yang akan dituju.
Aktivitas personal selling yang digunakan oleh PT. Bank Rakyat Indonesia Unit Mamajang adalah dengan memberikan tugas kepada karyawan/i yang berwenang. Untuk memasarkan produk simpedes ke calon nasabah dan menawarkan produk simpedes.
Karyawan/i yang ditugaskan untuk melakukan personal selling harus memenuhi kriteria-kriteria sebagai berikut:
1) Salesmanship
Karyawan/i harus memiliki pengetahuan produk dan menguasai seni menjual, seperti cara mendekati calon nasabah, memberikan presentasi dan demonstrasi, mengatasi penolakan nasabah, dan dapat mendorong pembelian.
2) Negotiating
Karyawan/i harus mempunyai kemampuan untuk bernegosiasi tentang syarat-syarat pemakaian.
3) Relationship Marketing
Karyawan/i harus tahu cara membina dan memelihara hubungan baik dengan para nasabahnya.
Tujuan perusahaan dalam melakukan promosi personal selling ini adalah, dengan memberikan penjelasan yang baik kepada konsumen diharapkan mereka akan tertarik untuk menggunakan produk tabungan simpedes.
Strategi yang diterapkan dalam melaksanakan personal selling adalah sebagai berikut:
a. Untuk wilayah Mall
Strategi yang digunakan untuk wilayah mall terutama dimana masih banyak masyarakat yang belum mengetahui apa saja kelebihan tabungan simpedes dan memberikan solusi kepada masyarakat ditempat tersebut untuk menggunakan sms banking.
b. Untuk Pasar Tradisional
Strategi yang digunakan untuk pasar tradisional adalah dengan menawarkan beberapa keunggulan produk kepada calon nasabah tentang tabungan simpedes. Misalnya biaya administrasi dan hadiah menarik saat membuka tabungan.
c. Promosi Penjualan (Sales Promotion)
Promosi penjualan adalah persuasi langsung melalui penggunaan berbagai insentif yang dapat diatur untuk merangsang pembelian produk dengan segera dan/atau meningkatkan jumlah barang yang dibeli pelanggan.
Sifat-sifat yang terkandung dalam promosi penjualan, diantaranya adalah komunikasi, insentif dan undangan (invitation). Sifat komunikasi mngandung arti bahwa promosi penjualan mampu menarik perhatian dan member informasi yang memperkenalkan pelanggan pada produk. Sifat insentif yaitu memberikan keistimewaan dan ransangan yang bernilai bagi pelanggan. Sedangkan sifat undangan adalah mengundang khalayak untuk member saat itu juga.
Promosi penjualan yang dilakukan oleh PT. Bank Rakyat Indonesia Unit Mamajang adalah sebagai berikut:
1) Pameran
Kegiatan pameran sangat diperlukan untuk lebih banyak memberikan informasi kepada masyarakat luas tentang produk tabungan simpedes. Pada kegiatan pameran, produk tabungan simpedes melakukan penawaran baik untuk saldo awal rendah dan banyak hadiah lainnya.
Promosi pemasaran akan sukses dan berjalan dengan baik apabila ditunjang dengan biaya yang memadai, demikian pila dengaberbagai promosi yang telah dilaksanakan oleh PT. Bank Rakyat Indonesia Unit Mamajang.
2) Pengundian
Dalam kegiatan pengundian, PT. Bank Rakyat Indonesia memberikan berbagai macam hadiah dan berkali-kali melakukan pengundian hadiah. PT. Bank Rakyat Indonesia Cabang mengadakan pengundian hadiah simpedes sekali dalam 6 bulan sedangkan PT. Bank Rakyat Indonesia Unit mengadakan pengundian hadiah simpedes sekali dalam sebulan. Pengundian ini semata-mata hanya untuk mempromosikan produk PT. Bank rakyat Indonesia.
Dengan adanya undian, dapat mendorong minat calon nasabah untuk melakukan penyimpanan tabungan lebih banyak lagi, meminimumkan calon nasabah berganti-ganti jenis produk. Namun kelemahannya berdampak pada penjualan menurun setelah masa undian berakhir.
Demikian skripsi manajemen pemasaran, mengenai Pembahasan Strategi Bauran Promosi BRI, semoga dapat bermanfaat.
Tabungan simpedes BRI adalah simpanan masyarakat dalam bentuk tabungan dengan mata uang rupiah yang dapat dilayani di kantor Cabang khusus / Kanca / KCP / BRI Unit, yang penyetoran dan pengambilannya tidak dibatasi baik frekuensi maupun maupun jumlahnya sepanjang memenuhi ketentuan yang berlaku.
Sasaran pasar Simpedes adalah nasabah perorangan (individual) dan nasabah non perorangan. Simpanan pedesaan (Simpedes) merupakan salah satu produk yang ditawarkan oleh Bank Rakyat Indonesia (BRI) yang bertujuan untuk menarik dana-dana kecil dari masyarakat pedesaan yang masih kurang mengenal tentang Bank. Terbukti Simpedes merupakan salah satu produk yang sangat diminati oleh masyarakat Indonesia, hal ini karena tidak dipungutnya biaya administrasi.
Bauran Promosi
a. Periklanan (Advertising)
Iklan merupakan salah satu bentuk promosi yang paling banyak digunakan perusahaan dalam mempromosikan produknya. Iklan adalah bentuk komunikasi tidak langsung, yang didasari pada informasi tentang keunggulan atau keuntungan suatu produk, yang disusun sedemikian rupa sehingga menimbulkan rasa menyenangkan yang akan mengubah pikiran seseorang untuk melakukan pembelian.
Adapun kegiatan periklanan yang dilakukan oleh PT. Bank Rakyat Indonesia Unit Mamajang Makassar dilakukan dengan berbagai macam cara diantaranya adalah :
1) Media elektronik seperti TV lokal. Dengan keunggulan yang bersifat audio, visual, dan motion. Dengan format yang sangat fleksibel, jangkauan jauh, sangat menarik perhatian, menimbulkan dampak yang kuat dan kemampuannya yang kuat untuk mempengaruhi persepsi khalayak. Disamping itu, periklanan juga memiliki kelemahan diantaranya, sangat mahal, banyak gangguan dan khalayak tidak selektif.
2) Baliho yang dipasang pada tempat-tempat strategis.
3) Billboard ataupun spanduk.
Penggunaan media iklan diatas, semata-mata mempertimbangkan faktor banyaknya jumlah pembaca dan luas wilayah pendistribusiannya, sedangkan perbedaan frekuensi iklan pada media iklan tersebut diatas, didasarkan pada tingkat jumlah pembacanya.
Dengan demikian perusahaan dapat berharap bahwa semakin banyak jumlah pembaca, maka akan semakin banyak pula masyarakat yang mengenal tabungan simpedes, yang pada akhirnya PT. Bank Rakyat Indonesia Unit Mamajang dapat pula mengharapkan akan semakin banyak masyarakat yang akan menggunakan tabungan tersebut.
b. Penjualan Perorangan (Personal Selling)
Personal selling adalah komunikasi langsung (tatap muka) antara penjual dan calon pelanggan untuk memperkenalkan suatu produk kepada calon pelanggan dan membentuk pemahaman pelanggan terhadap produk sehingga mereka kemudian akan mencoba dan membelinya.
Aktivitas personal selling memiliki beberapa fungsi yaitu sebagai berikut:
1) Prospecting, yaitu mencari pembeli mencari calon nasabah dan menjalin hubungan dengan mereka.
2) Targeting, mengalokasikan kelangkaan waktu demi calon nasabah.
3) Communicating, memberi informasi mengenai produk tabungan simpedes kepada nasabah.
4) Selling, yakni mendekati, mempresentasikan, dan mendemonstrasikan, mengatasi penolakan, serta menjual produk kepada calomnasabah.
5) Servicing, yakni memberikan berbagai jasa dan pelayanan kepada calon nasabah.
6) Information gathering, yakni melakukan riset dan intelijin pasar.
7) Allocating, yaitu menentukan calon nasabah yang akan dituju.
Aktivitas personal selling yang digunakan oleh PT. Bank Rakyat Indonesia Unit Mamajang adalah dengan memberikan tugas kepada karyawan/i yang berwenang. Untuk memasarkan produk simpedes ke calon nasabah dan menawarkan produk simpedes.
Karyawan/i yang ditugaskan untuk melakukan personal selling harus memenuhi kriteria-kriteria sebagai berikut:
1) Salesmanship
Karyawan/i harus memiliki pengetahuan produk dan menguasai seni menjual, seperti cara mendekati calon nasabah, memberikan presentasi dan demonstrasi, mengatasi penolakan nasabah, dan dapat mendorong pembelian.
2) Negotiating
Karyawan/i harus mempunyai kemampuan untuk bernegosiasi tentang syarat-syarat pemakaian.
3) Relationship Marketing
Karyawan/i harus tahu cara membina dan memelihara hubungan baik dengan para nasabahnya.
Tujuan perusahaan dalam melakukan promosi personal selling ini adalah, dengan memberikan penjelasan yang baik kepada konsumen diharapkan mereka akan tertarik untuk menggunakan produk tabungan simpedes.
Strategi yang diterapkan dalam melaksanakan personal selling adalah sebagai berikut:
a. Untuk wilayah Mall
Strategi yang digunakan untuk wilayah mall terutama dimana masih banyak masyarakat yang belum mengetahui apa saja kelebihan tabungan simpedes dan memberikan solusi kepada masyarakat ditempat tersebut untuk menggunakan sms banking.
b. Untuk Pasar Tradisional
Strategi yang digunakan untuk pasar tradisional adalah dengan menawarkan beberapa keunggulan produk kepada calon nasabah tentang tabungan simpedes. Misalnya biaya administrasi dan hadiah menarik saat membuka tabungan.
c. Promosi Penjualan (Sales Promotion)
Promosi penjualan adalah persuasi langsung melalui penggunaan berbagai insentif yang dapat diatur untuk merangsang pembelian produk dengan segera dan/atau meningkatkan jumlah barang yang dibeli pelanggan.
Sifat-sifat yang terkandung dalam promosi penjualan, diantaranya adalah komunikasi, insentif dan undangan (invitation). Sifat komunikasi mngandung arti bahwa promosi penjualan mampu menarik perhatian dan member informasi yang memperkenalkan pelanggan pada produk. Sifat insentif yaitu memberikan keistimewaan dan ransangan yang bernilai bagi pelanggan. Sedangkan sifat undangan adalah mengundang khalayak untuk member saat itu juga.
Promosi penjualan yang dilakukan oleh PT. Bank Rakyat Indonesia Unit Mamajang adalah sebagai berikut:
1) Pameran
Kegiatan pameran sangat diperlukan untuk lebih banyak memberikan informasi kepada masyarakat luas tentang produk tabungan simpedes. Pada kegiatan pameran, produk tabungan simpedes melakukan penawaran baik untuk saldo awal rendah dan banyak hadiah lainnya.
Promosi pemasaran akan sukses dan berjalan dengan baik apabila ditunjang dengan biaya yang memadai, demikian pila dengaberbagai promosi yang telah dilaksanakan oleh PT. Bank Rakyat Indonesia Unit Mamajang.
2) Pengundian
Dalam kegiatan pengundian, PT. Bank Rakyat Indonesia memberikan berbagai macam hadiah dan berkali-kali melakukan pengundian hadiah. PT. Bank Rakyat Indonesia Cabang mengadakan pengundian hadiah simpedes sekali dalam 6 bulan sedangkan PT. Bank Rakyat Indonesia Unit mengadakan pengundian hadiah simpedes sekali dalam sebulan. Pengundian ini semata-mata hanya untuk mempromosikan produk PT. Bank rakyat Indonesia.
Dengan adanya undian, dapat mendorong minat calon nasabah untuk melakukan penyimpanan tabungan lebih banyak lagi, meminimumkan calon nasabah berganti-ganti jenis produk. Namun kelemahannya berdampak pada penjualan menurun setelah masa undian berakhir.
Demikian skripsi manajemen pemasaran, mengenai Pembahasan Strategi Bauran Promosi BRI, semoga dapat bermanfaat.