Syarat sekretaris Menurut Ahli

Syarat-syarat seorang sekretari

Syarat-syarat tertentu agar seorang sekretaris dapat melaksanakan pekerjaan sebaik-baiknya. Adapun syarat-syarat yang harus dimiliki untuk menjadi sekretaris adalah :

Syarat kepribadian
Tidak banyak orang untuk menjadi sekretaris yang baik, namun dimiliki bakat saja tidak cukup bilamana kita tidak tahu kepribadian yang bagaimana harus kita punyai untuk menjadi seorang sekretaris yang baik itu.

Adapun kepribadian yang dikehendaki itu adalah sebagai berikut :
Harus bersikap mawas diri
Bersikap ramah
Sabar
Simpatik
Penampilan diri yang baik
Pandai bergaul
Dapat dipercaya serta memegang teguh rahasia
Bijaksana dengan orang lain
Memiliki ingatan yang baik
Mempunyai perhatian atas pekerjaannya, dan lain-lain.

Syarat pengetahuan
Syarat pengetahuan dibedakan menjadi 2 (dua) yaitu :
Syarat pengetahuan umum
Seorang sekretaris harus memiliki pengetahuan kemasyarakatan dan kebudayaan yang dapat mengangkat nama dari perusahaan. Misalnya :
Menguasai dan memahami Bahasa Indonesia dengan baik dan benar serta menguasai bebearap bahasa asing secara lisan maupun tulisan, serta memiliki pengetahuan ekstra.
Pengetahuan tentang misi, fungsi, tugas-tugas serta struktur organisasi serta susunan personil.
Pengetahuan tentang korespondensi dan tata kearsipan

Syarat pengetahuan khusus

Pengetahuan khusus ini, maksudnya adalah sekretaris mengetahui atau mengerti hal-hal menegenai dimana sekretaris itu bekerja. Apabila sekretaris itu bekerja pada perusahaan yang bergerak di bidang usaha perkapalan, maka ia harus mampu menguasai ilmu perkapalan, begitu pula bila usaha dibidang usahanya penyewaan apartemen, maka sekretaris itu harus menguasai ilmu keapartemenan, dan sebagainya.

Syarat keahlian

Setiap sekretaris diharuskann memiliki keterampilan untuk menunjang pekerjaannya, keterampilan itu meliputi :
Mampu menyusun laporan
Mampu berkorespondensi
Mampu menguasai Bahasa Indonesia dan Bahasa Asing lainnya
Teknik tata penyimpanan arsip
Teknik berkomunikasi dengan telepon
Menulis cepat dengan steno
Teknik mengetik surat

Syarat praktek
Sebelum seorang diangkat sebagai sekretaris, orang tersebut harus cukup mempunyai pengalaman dalam berbagai pekerjaan tata usaha kantor, maka dengan demikian orang itu harus mencoba menangani pekerjaan yang tanggung jawabnya belum begitu luas, misalnya : sebagai resepsionis, operator, korespondensi dan lain-lain.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel