Jenis-jenis Sekretaris Menurut Ahli

Jenis-jenis Sekretaris

Sekretaris Instansi (Organisasi)
Sekretaris instansi atau organisasi adalah seorang Office manager yang ruang lingkup tugasnya meliputi semua aspek kegiatan kantor.  Sekretaris instansi atau organisasi mampu merencanakan sendiri apa yang harus direncanakan, menyusun struktur organisasi dan tata cara organisasi, memimpin organisasi (sekretariat) dan   mengambil keputusan dengan baik.

Contoh Sekretaris Organisasi adalah :
Sekretaris Jenderal
Sekretaris Inspektorat Jenderal
Sekretaris Wilayah
Sekretaris Dewan
Sekretaris Yayasan

Syarat-syarat Sekretaris Organisasi adalah :
Syarat Pengetahuan meliputi :
Mempunyai pengetahuan yang luas
Memahami seluk-beluk tentang organisasi, misi atau fungsi tugas, pokok organisasi dan tugas-tugas lainnya.
Mempunyai ilmu pengetahuan yang berhubungan dengan bidang tugasnya.
Memiliki pengetahuan tentang tata naskah dan kearsipan.
Mempunyai pengetahuan yang baik tentang bahasa indonesia dan bahasa asing.

Syarat keterampilan meliputi :
Mampu menyusun laporan.
Mampu berkorespondensi.
Mampu menggunakan bahasa indonesia dan bahasa asing secara baik.

Syarat kepribadian meliputi :
Memiliki kepribadian baik dan ramah.
Loyalitas dan dedikasi yang tinggi.
Ketekunan, ketelitian, kerapian, kejelian, keterbukaan, kesabaran, dan keramahtamahan dan tanggung jawab.

Sekretaris Pribadi
Sekretaris pribadi bukan manajer, meskipun ia harus menjalankan fungsi manajemen terhadap karyawan lainnya. Ia harus mampu mencegah pimpinan agar jangan sampai kelebihan beban atau persoalan-persoalan kecil yang kurang penting. Seorang sekretaris pribadi harus selalu berusaha untuk mengenai hal-hal dibawah ini :
Sifat-sifat dan pribadi pimpinannya, adat kebiasaan dan kegemaran atau hobby, kelebihan dan kelemahan pimpinan, dapat melindungi pimpinan, cara dan kemauannya bekerja.

Syarat-syarat sekretaris pribadi :
Syarat pengetahuan meliputi :
Pengetahuan umum yang luas, terutama yang berhubungan dengan data naskah atau warkat (biaya pos, titipan kilat, harga-harga benda pos dan tarif angkutan).
Pengetahuan tentang misi, fungsi, tugas-tugas, struktur organisasi dan tata cara kearsipan.
Memahami dan menguasai penerapan bahasa indonesia yang baku, baik dan benar serta bahasa asing.

Syarat keterampilan meliputi :
Teknik menyusun surat dengan pengetikan surat.
Teknik tata penyimpanan arsip.
Menulis cepat dengan steno.
Teknik berkomunikasi dengan telepon.

Syarat kepribadian meliputi :
Loyalitas
Ketekunan
Kesabaran
Ketelitian
Kearsipan
Dapat menyimpan rahasia

Berdasarkan kemampuan dan pengalaman kerjanya, sekretaris dapat dibedakan menjadi dua golongan yaitu :
Sekretaris Junior
Adalah sekretaris yang baru meniti kariernya sebagai sekretaris
Sekretaris Senior
Adalah sekretaris yang sudah memiliki profesionalisme yang mantap, dapat berdiri sendiri mengatasi masalah yang timbul dan melaksanakan tugasnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel