Uraian Tugas dan Tanggung Jawab PT Pertamina (Persero) 2018

a. Direktur Utama
Tugas dan Wewenang
1) Mengkoordinasikan dan mengendalikan kegiatan-kegiatan dibidang administrasi keuangan, kepegawaian dan kesekretariatan.
2) Mengkoordinasikan dan mengendalikan kegiatan pengadaan dan peralatanperlengkapan.
3) Merencanakan dan mengembangkan sumber-sumber pendapatan serta pembelanjaandan kekayaan perusahaan.
4) Mengendalikan uang pendapatan, hasil penagihan rekening penggunaan air dari langganan.
5) Melaksanakan tugas-tugas yang diberikan Direktur Utama.
6) Dalam melaksanakan tugas-tugas Direktur Umum bertanggung jawab kepada Direktur Utama.
7) Memimpin seluruh dewan atau komite eksekutif
8) Menawarkan visi dan imajinasi di tingkat tertinggi (biasanya bekerjasama dengan MD atau CEO)
9) Memimpin rapat umum, dalam hal: untuk memastikan pelaksanaan tata-tertib;keadilan dan kesempatan bagi semua untuk berkontribusi secara tepat; menyesuaikanalokasi waktu per item masalah; menentukan urutan agenda; mengarahkan diskusi kearah konsensus; menjelaskan dan menyimpulkan tindakan dan kebijakan

b. Wakil Direktur
Tugas wakil direktur:
1) Mewakili perusahaan di dalam dan di luar organisasi.
2) Menyusun dan mengevaluasi sasaran dan rencana perusahaan.
3) Mengelola kekayaan perusahaan.
4) Mengawasi dan mengevaluasi jalannya perusahaan.
5) Mengawasi kegiatan dan kinerja pegawai tingkat atas.

c. Satuan Pengawasan Internal (SPI) Kedudukan dan Kualifikasi:
1) SPI mempunyai kedudukan langsung di bawah Direktur Utama untuk menjaminindependensinya dari kegiatan atau unit kerja yang diaudit.
2) Kepala SPI harus memiliki kualifikasi akademis dan kompetensi yang memadai agardapat melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya.
3) Kepala SPI diangkat dan diberhentikan oleh Direktur Utama dengan persetujuanKomisaris.

Tugas dan Tanggung Jawab SPI:
1) Membuat strategi, kebijakan, serta rencana kegiatan pengawasan;
2) Memonitor pencapaian tujuan dan strategi pengawasan secara keseluruhan sertamelakukankajian secara berkala;
3) Memastikan sistem pengendalian internal Perusahaan berfungsi efektif termasuk melakukan kegiatan yang dapat mencegah terjadinya penyimpangan serta melakukan assessment terhadap sistem tersebut secara berkala.
4) Melaksanakan fungsi pengawasan pada seluruh aktivitas usaha yang meliputi antara lain bidang akuntansi, keuangan, sumber daya manusia dan operasional.
5) Melakukan audit guna mendorong terciptanya kepatuhan baik pekerja maupun manajemen Perusahaan kepada peraturan perundang-undangan yang berlaku;

d. Sekretaris Perseroan Kedudukan dan Kualifikasi :
Tugas Dan Tanggung Jawab
1) Mempersiapkan penyelenggaraan RUPS.
2) Menghadiri rapat Direksi dan rapat gabungan antara Komisaris dengan Direksi.
3) Mengelola dan menyimpan dokumen yang terkait dengan kegiatan Perusahaan meliputi dokumen RUPS, risalah rapat Direksi, risalah rapat gabungan antara Direksi dengan Komisaris, dan dokumen-dokumen Perusahaan yang penting lainnya.
4) Mencatat Daftar Khusus berkaitan dengan Direksi dan keluarganya serta Komisarisdan keluarganya baik dalam Perusahan

e. Kepala Hukum Korporat
Tugas dan tanggung jawab
1) Memastikan seluruh rancangan, pembuatan dan pelaksanaan segala peraturan jasa kustodian sentral: Peraturan operasional serta perjanjian-perjanjian resmi yang diterapkan Perusahaan dilakukan sesuai dengan standar dan kaidah yang benar serta mengikuti peraturan perundangan yang berlaku.
2) Memastikan Kesesuaian Peraturan dan Pengambilan keputusan
3) Penanganan Penyelesaian Perselisihan Perusahaan : menangani penyelesaianperselisihan KSEI dengan pihak ketiga dengan memastikan bahwa Perusahaanmemegang kebenaran serta memiliki kelengkapan dokumen-dokumen untuk penyelesaian perselisihan sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku.
4) Berkoordinasi dalam pengelolaan dokumen-dokumen Peraturan : pengelolaan dokumen-dokumen yang erat hubungannya dengan peraturan perundangan seperti peraturan dan prosedur pengelolaan jasa kustodian sentral, perjanjian-perjanjian dengan para pemegang rekening, serta bertanggung jawab dalam administrasi saham, daftar pemegang saham dan dokumen-dokumen perusahaan yang lain.

f. Kepala Unit Usaha LNG
Kepala Bidang Usaha LNG membawahi: Manajer Pengembangan Pasar LNG,Manajer Penjualan LNG, Manajer Transportasi LNG, Manajer Operasi Kilang LNG.

g. Direktur Hulu
Direktur Hulu membawahi: Deputi Direktur Perencanaan dan Evaluasi, DeputiDirektur Pengembangan Usaha serta General Manajer terkait kegiatan hulu, sementara untuk Legal Consultan dan Sekretariat Direktorat Hulu bertanggung jawab langsung kepadaDirektur Hulu.

h. Direktur Pengolahan
Tugas Direktur Pengolahan:
1) Memimpin semua kegiatan dan perencanaan mengenai pengolahan dan distribusi,pemeliharaan sumber-sumber dan distribusi air;
2) Menyetujui rencana kerja masing-masing bagian yang dibawahnya dan menetapkandalam bidangnya;
3) Memberikan keputusan untuk menyelesaikan soal prinsipil dalam bidangnya;
4) Perencanaan, koordinasi dan pengawasan kegiatan dari Bagian Produksi, Perawatan,Transmisi & Distribusi, Perencanaan Teknik & Evaluasi;
5) Persiapan perencanaan dan design pekerjaan yang akan dilaksanakan, penyusunan rencana kerja dan pelaksanaannya.

i. Direktur Umum
Tugas & Wewenang Direktur Umum
1) Mengkoordinasikan dan mengendalikan kegiatan-kegiatan dibidang administrasikeuangan, kepegawaian dan kesekretariatan.
2) Mengkoordinasikan dan mengendalikan kegiatan pengadaan dan peralatanperlengkapan.
3) Merencanakan dan mengembangkan sumber-sumber pendapatan serta pembelanjaandan kekayaan perusahaan.
4) Mengendalikan uang pendapatan, hasil penagihan rekening penggunaan air darilangganan.
5) Melaksanakan tugas-tugas yang diberikan Direktur Utama.
6) Dalam melaksanakan tugas-tugas Direktur Umum bertanggung jawab kepadaDirektur Utama.

j. Direktur Pemasaran dan Niaga
Tugas dan Wewenang
1) Melakukan perencanaan strategi pemasaran hasil produksi yang terpadu dan efisien dengan memperhatikan sumber daya perusahaan.
2) Menyusun perencanaan program kerja untuk jangka pendek dan jangka panjang dalammenunjang terlaksananya tujuan pemasaran.
3) Merencanakan dan menganggarkan biaya pemasaran / marketing seefisien mungkindengan koordinasi bersama atasan.
4) Melakukan perencanaan prosedur kerja yang efektif di Bagian Marketing sehingga dapat mendukung perkembangan perusahaan.
5) Melakukan perencanaan pengembangan dan alokasi sumber daya manusia dibagiannya, dengan melakukan koordinasi bersama Bagian lain yang terkait sehinggatercipta efisiensi sumber daya

k. Direktur SDMTugas Direktur SDM:
1) Merencanakan, mengembangkan dan mengimplementasikan strategi di bidangpengelolaan dan pengembangan SDM
2) Menetapkan dan memelihara sistem yang sesuai untuk mengukur aspek penting dari pengembangan HR
3) Memonitor, mengukur dan melaporkan tentang permasalahan, peluang, rencana pengembangan yang berhubungan dengan SDM dan pencapaiannya dalam skala waktu dan bentuk / format yang sudah disepakati.
4) Mengatur dan mengembangkan staf langsung (yang melakukan direct report kepadanya).

l. Direktur Keuangan
Tugas dan tanggung jawab Direktur Keuangan adalah :
1) Menetapkan rencana pendapatan dan pengeluaran jangka panjang juga jangka pendek berdasarkan anggaran yang telah disetujui dalam rapat Direktur Utama.
2) Mengawasi semua masalah yang menyangkut kelancaran penyediaan keuangan dan semua dana perusahaan.
3) Mengawasi pengalokasian dana

Demikian mengenai Uraian Tugas dan Tanggung Jawab PT Pertamina (Persero) 2018 , semoga dapat bermanfaat.

Artikel yang terkait :
- Latar Belakang Analisis Kinerja Keuangan pada PT Pertamina (Persero)
- Pengertian Analisis Kinerja Keuangan Menurut Para Ahli
- Uraian Tugas dan Tanggung Jawab PT Pertamina (Persero) 2018
- Analisis Kinerja Keuangan pada PT Pertamina (Persero)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel