Latar Belakang Prosedur Pengelolaan Surat Menyurat Pada Bagian Communication & Legal Section Head di PT. Angkasa Pura I (Persero) Makassar
Wednesday, 18 October 2017
Dalam suatu instansi atau organisasi di mana sekelompok orang yang bekerja sama untuk keperluan bisnis, profesi, sosial dan pengelolaan surat menyurat dan lain-lain. Mereka bekerjasama menentukan tujuan yang ingin di capai, menyusun rencana kerja, mengelola dan menjalankan operasi bisnis. Dalam menyusun laporan, mengambil keputusan dan melakukan hubungan dengan berbagai pihak luar organisasi, untuk menjalankan tugas-tugas itu mereka beraksi, berinteraksi dan berkomunikasi.
Ada berbagai cara dalam berkomunikasi guna melakukan kerja sama dengan pihak luar sebagai sarana alat pencapaian tujuan perusahaan, berkomunikasi dengan pihak luar dapat dilakukan baik secara lisan maupun secara tulisan sebagai usaha untuk memelihara hubungan yang sebaik-baiknya, salah satunya adalah memberikan pelayanan yang terbaik bagi pihak luar tersebut dengan kegiatan surat-menyurat antara instansi-instansi yang terkait dengan perusahaan.
Kegiatan dalam surat menyurat masih sering di temui pada instansi atau organisasi termasuk perusahaan. sejak zaman dahulu sampai sekarang kegiatan surat menyurat masih sering digunakan, walaupun saat ini sudah berkembang teknologi komunikasi yang lebih canggih dibandingkan dengan menggunakan surat. Karena dengan menggunakan surat lebih efektif, efisien dan praktis dibandingkan dengan alat komunikasi lainnya.
Surat selain berfungsi sebagai alat komunikasi dan informasi hubungannya dengan kepentingan surat masuk. Selain itu surat juga berfungsi sebagai wakil atau duta organisasi. Surat sebagai barang bukti secara tertulis yang mempunyai kekuatan hukum, sumber data yang digunakan untuk petunjuk keterangan tindaklanjut, bahan pengingat dalam kegiatan di masa lalu, surat sebagai jaminan keamana, sebagai alat pengikat antara dua pihak, alat promosi bagi kantor atau perusahaan, dan alat untuk menghemat baik waktu, tenaga dan juga biaya.
Walaupun kegiatan surat menyurat itu dipandang sebagai suatu kegiatan yang mudah, surat menyurat itu dipandang sebagai salah satu dari kegiatan yang bisa menunjang tercapainya tujuan instansi atau organisasi. Salah satu peranan tata usaha bagi perusahaan adalah dengan melakukan kegiatan pengurusan surat baik itu surat masuk maupun surat keluar. Kegiatan pegelolaan surat masuk dan surat keluar pada perusahaan perlu mendapatkan perhatian yang sungguh, karena isi surat pada instansi pemerintah maupun swasta akan menjadi sarana pencapaian tujuan, maka dalam memperhatikan surat perlu adanya pengurusan dan pengendalian atas surat. Hal itu harus diperhatikan supaya dalam menjalankan tugas dan fungsinya dapat berjalan lancar sesuai dengan tujuan yang diharapkan.
Berdasarkan uraian di atas, penulis tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul “Prosedur Pengelolaan Surat Menyurat Pada Bagian Communication & Legal Section Head di PT. Angkasa Pura I (Persero) Makassar”.
Ada berbagai cara dalam berkomunikasi guna melakukan kerja sama dengan pihak luar sebagai sarana alat pencapaian tujuan perusahaan, berkomunikasi dengan pihak luar dapat dilakukan baik secara lisan maupun secara tulisan sebagai usaha untuk memelihara hubungan yang sebaik-baiknya, salah satunya adalah memberikan pelayanan yang terbaik bagi pihak luar tersebut dengan kegiatan surat-menyurat antara instansi-instansi yang terkait dengan perusahaan.
Kegiatan dalam surat menyurat masih sering di temui pada instansi atau organisasi termasuk perusahaan. sejak zaman dahulu sampai sekarang kegiatan surat menyurat masih sering digunakan, walaupun saat ini sudah berkembang teknologi komunikasi yang lebih canggih dibandingkan dengan menggunakan surat. Karena dengan menggunakan surat lebih efektif, efisien dan praktis dibandingkan dengan alat komunikasi lainnya.
Surat selain berfungsi sebagai alat komunikasi dan informasi hubungannya dengan kepentingan surat masuk. Selain itu surat juga berfungsi sebagai wakil atau duta organisasi. Surat sebagai barang bukti secara tertulis yang mempunyai kekuatan hukum, sumber data yang digunakan untuk petunjuk keterangan tindaklanjut, bahan pengingat dalam kegiatan di masa lalu, surat sebagai jaminan keamana, sebagai alat pengikat antara dua pihak, alat promosi bagi kantor atau perusahaan, dan alat untuk menghemat baik waktu, tenaga dan juga biaya.
Walaupun kegiatan surat menyurat itu dipandang sebagai suatu kegiatan yang mudah, surat menyurat itu dipandang sebagai salah satu dari kegiatan yang bisa menunjang tercapainya tujuan instansi atau organisasi. Salah satu peranan tata usaha bagi perusahaan adalah dengan melakukan kegiatan pengurusan surat baik itu surat masuk maupun surat keluar. Kegiatan pegelolaan surat masuk dan surat keluar pada perusahaan perlu mendapatkan perhatian yang sungguh, karena isi surat pada instansi pemerintah maupun swasta akan menjadi sarana pencapaian tujuan, maka dalam memperhatikan surat perlu adanya pengurusan dan pengendalian atas surat. Hal itu harus diperhatikan supaya dalam menjalankan tugas dan fungsinya dapat berjalan lancar sesuai dengan tujuan yang diharapkan.
Berdasarkan uraian di atas, penulis tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul “Prosedur Pengelolaan Surat Menyurat Pada Bagian Communication & Legal Section Head di PT. Angkasa Pura I (Persero) Makassar”.