Gambaran Umum Dalton Hotel & Convention Makassar

Tugas Akhir - Gambaran Umum Hotel Delton Makassar

Sejarah Singkat Dalton Hotel Makassar

Dalton Hotel & Convention Makassar Salah satu hotel berbintang tiga yang ada di Makassar saat ini. Hotel ini mulai beroperasi pada tahun 2013 yang berkedudukan di Jl. Perintis Kemerdekaan No.2 KM 16, Makassar. Berjarak sepuluh menit berkendara dari bandara Sultan Hasanuddin Makassar.
Latar belakang berdirinya hotel ini sebenarnya tidak lain dari beberapa pengusaha muda Makassar yang melihat adanya kesempatan dibidang ini. Melihat saat ini Makassar sudah menjadi salah satu yang tempat pelancong berdatangan dan dikhususkan untuk masyarakat setempat.  Nama Grand City Hotel & Convention Makassar resmi berubah menjadi Dalton Hotel & Convention Makassar, senin (1/8/2016). Selain nama, Phinisi Hospitality Group selaku operator hotel juga mengubah logo. Perubahan ini melahirkan konsep “Biztainment Hotel” yang menyatukan gaya hidup “Entertaintment” dan Hotel bisnis “Savvy Lively Stay”. Didirikan di Makasar, sebagai Hotel berbintang 3 dengan konsep baru di Makassar “Biztainment”, Dalton Hotel & Convention memahami arti gaya hidup yang dipadukan dengan kunjungan bisnis.
Nama Hotel tersebut terinspirasi dari bahasa Bugis-Makassar, Dallek yang berarti keberuntungan. Dalton sendiri memiiki makna town of fortune. Dalton juga dikemas menjadi tempat bergengsi untuk para pebisnis muda. Peresmian nama baru hotel dengan 207 kamar, 12 room meeting dan 2 ballroom itu dihadiri Agus Arifin Nu’mang dilakukan pada tanggal 1 Agustus 2016.

Visi dan Misi Dalton Hotel & Convention Makassar
Dalton Hotel & Covention memiliki visi dan misi tertulis yang di jadikan acuan perusahaan dalam melakukan aktivitas agar dapat mencapai tujuan perusahaan.
a. Visi Dalton Hotel & Convention Makassar
Visi dari dalton hotel & convention makassar adalah menjadikan dalton hotel sebagai hotel pilihan utama di Makassar dan sekitarnya. Kami berkomitmen untuk memberikan kualitas properti komersial untuk kepuasan pelanggan.
b. Misi Dalton Hotel & Convention Makassar
Misi dari dalton hotel & convention adalah senantiasa bertekad memberikan produk yang bermutu tinggi guna memenuhi harapan pelanggan melalui pengembangan sumber daya dan manajemen kelas dunia.

3. Struktur Organisasi Dalton Hotel & Convention Makassar
Struktur organisasi ibarat mata rantai saling berkaitan satu sama yang lain, dimana jika salah satu mata rantai tersebut putus, maka dapat dipastikan hotel tersebut tidak berjalan sesuai struktunya. Organisasi merupakan kumpulan yang bergabung dalam suatu wadah yang mempunyai visi yang sama untuk menjalankan usaha hotel yang sejenis. Agar aktifitas organisasi yang dijalankan oleh orang-orang yang ada didalamnya berjalan baik, apalagi makin besar hotel, makin kompleks hubungan aktifitas didalamnya, maka dibentuklah struktur organisasi yang menggambarkan suatu sistem kerja yang baik, dimana terdapat batasan-batasan pembagian tugas, wewenang, dan tanggung jawab serta fungsi masing-masing  personil dalam organisasi.
Struktur organisasi adalah suatu susunan yang merinci pembagian tugas kerja dan menunjukkan berbagai tindakan aktifitas berkaitan satu sama lain, sampai tingkat tertentu ia juga menunjukkan tingkat spesialisasi dari aktifitas kerja. Struktur ini juga menunjukkan herarki organisasi dan struktur wewenang, serta memperlihatkan hubungan pelaporannya.
Struktur  organisasi disusun oleh menajemen hotel  dengan tujuan agar terjalin dan terbentuk tim kerja yang kompak serta untuk mengembangkan perusahaan agar dapat mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Selain itu, tiap bagian dapat saling bekerjasama dalam kegiatan operasionalnya.

Berikut ini dijabarkan dalam bentuk wewenang dan tanggung jawab secara umum dalam strukur organisasi hotel.

4. Uraian Tugas Staf Karyawan Dalton Hotel & Convention Makassar
1. General Manager
General Manager adalah  Direktur atau pimpinan Dalton Hotel & Convention Makassar  yang mengatur semua urusan yang berkaitan dengan berjalannya operasional hotel  baik didalam maupun diluar. Tugas Seorang Manager Hotel yaitu :
a. Mengatur dan meneliti pemesanan, penerimaan, pelayanan kamar, dan kegiatan pengurus hotel.
b. Mengawasi persiapan keamanan, kebun dan pemeliharaan barang-barang.
c. Merencanakan dan mengawasi bar/tempat minum, restauran, dan tempat/ruangan untuk konferensi.
d. Mengamati minuman keras, permainan dan peraturan hukum yang terkait dengan hotel.
e. Menilai dan memeriksa kepuasan tamu
f. Memeriksa pembukuan dan kegiatan pembelian
g. Menetapkan pembuatan anggaran.
h. Mengawasi pemilihan, pelatihan dan pengawasan terhadap staff .
i. Memastikan terpenuhinya standar K3 sesuai dengan peraturan perundang-undangan.
j. Menyediakan informasi wisata lokal.

2. Excutive Houskeep
Tugas Executive Houskeep adalah :
a. Melakukan rekrument karyawan, mewawancara, melatih serta mengawasi serta melakukan penilaian, evaluasi, atau teguran terhadap karyawan secara berkala.
b. Menyiapkan job description dan standard operating procedure housekeeping.
c. Memberi penugasan dan arahan terhadap tugas-tugas yang harus dilakukan karyawan di bagian housekeeping
d. Membantu Room Division Manager dan General manager terhadap program perawatan atau perbaikan yang bersangkutan dengan area tanggung jawab housekeeping, terutama di kamar tamu dan public area.
e. Melaksanakan pengontrolan, permintaan barang atau pembelian barang-barang yang diperlukan dalam operasional sehari-hari di housekeeping, seperti gest supplies,gues room supplies, linen dan sebagainya agar sesuai dengan park stockyang ditentukan.
f. Melakukan pengawasan pengadaan dan pembelian FF&E (Furniture, fixture & equipment) baik untuk housekeeping ataupun di laundry.
g. Melakukan pemeriksaan secara rutin terhadap proses pelaksanaan pencucian laundry, baik untuk house laundry maupun untuk guest laundry.
h. Melakukan pengawasan terhadap terhadap lost and pound.
i. Membuat program pelatihan (training program) terhadap seluruh karyawan.  

3. Front Office Manager
Tugas Front Office Manager adalah :
a. Menyeleksi, menempatkan, melatih dan mengevaluasi karyawan Front Office.
b. Memastikan bahwa semua staff di front office mengusai system komputer hotel, etika mnerima telepon dan standard operasional yang ada di hotel.
c. Menjaga keharmonisan kerja dengan penjualan dan pemasaran tentang harga kamar.
d. Menyambut tamu VIP.
e. Menangani keluhan tamu yang tidak bisa diselesaikan oleh bahawannya .
f. Membuat laporan bulanan tentang daftar tamu, tingkat hunian maupun untung/rugi di bagian kantor depan.
g. Menjaga kedisiplinan petugas kantor depan dengan memberikan dan sanksi bagi yang melanggar ketentuan yang dibuat.
h. Meningkatkan kualitas dan prestasi karyawan yang berprestasi dengan memberikan penghargaan.
i. Membuat budget tahunan, menganalisis operasi dan pendapatan hotel secara harian dari sisi pendapatan, rata-rata harga kamar.

4.Executive Chef
Tugas seorang Executive Chef Yaitu:
a. Mengecek daftar pesanan barang ke gudang, sebagai kitchen requsation (Pengorderan barang untuk keperluan dapur.
b. Mengetik menu atau membuat menu untuk dijual oleh waiter atau staff food an beverage product.
c. Membuat anggaran tahunan untuk mempersiapkan bahan-bahan yang akan dijual.
d. Membuat rencana kerja tahunan sebagai work target atau revenue tahunan untuk menjadi tantangan tercapainya target dimasa mendatang.
e. Selalu menghadiri rapat anatara kepala bagian lainnya, sesuai yang telah ditentukan oleh General Manager.
f. Mengatur dan Mengawasi Seluh tugas-tugas kitchen, khususnya dalam proses pengadaan dan pengolahan makanan sesuai standart yang telah ditetapkan.
g. Mengawasi pelaksanaan tata kerja, keselamatan kerja, dan memenuhi kelengkapan atau atribut kerja agar dapat menciptakan lingkungan kerja yang aman.
h. Mengawasi sepenuhnya tempat penyimpanan makanan dan peralatan-peralatan yang akan digunakan untuk kelancaran operasional kerja.
i. Menjaga food cost standart (standar harga) yang berbanding lurus dengan porsi, sehingga harga yang tercantum dimenu sudah mengalami perhitungan matang.
j. Mengontol dan melaksakan sepenuhnya kegiatan food production secara keseluruhan.
k. Bekerja sama dengan F & B Manager khususnya dalam hal penyediaan makanan dan minuman dalam jamuan-jamuan atau rapat-rapat yang diselenggarakan oleh hotel.
l. Berkreasi menciptakan menu baru, sebagai upaya untuk meningkatkan daya tarik tamu tetapi hal ini sebagai tugas tambahan.
m. Mengawasi tata urutan dalam menyiapkan menu-menu buffet sehingga berjalan dengan teratur dan baik.
n. Menjaga hubungan baik dengan staff dan rekan-rekan.
o. Besedia menjalankan tugas atau instruktur dari atasan.
p. Dan dibutuhkan sebagai advisor dan ketua yang menjadi pengajar, pengawas dan pengambil keputusan demi kelancaran operasional kitchen dengan sebaik-baiknya.

5. F & B Manager
Tugas seorang Food and Beverage Service Manager adalah :
a. Memimpin breafing dengan bawahan saat akan mulai operasional.
b. Membuat program kerja selama setahun (Pelatihan, budgeting, pendapatan serta program kegiatan lainnya).
c. Membuat alur pelayanan (General Service Procedure, Standar Operating Producedure dan Specification task Breakdown).
d. Mengawasi pelaksanaa program .
e. Menerapkan kerja secara konseptual kedalam bentuk operasional.
f. Bertanggung jawab dan mengawasi semua kegiatan Food and Beverage Service.
g. Menangani masalah yang tidak bisa diatasi oleh bawahan.
h. Menyusun rencana kerja dan melatih bawahan.

6. Human Resource Manager
Tugas Human resource manager adalah:
a. Bertanggung jawab mengelola  dan mengembangkan sumber daya manusia. Dalam hal ini termasuk perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan sumber daya manusia dan perkembangan sumber daya manusia.
b. Membuat sistem HR yang efektif dan efisien, misalnya dengan membuat SOP, jon description,training dan development system
c. Bertanggung jawab penuh dalam proses rektrutmen karyawan,mulai dari mencari calon karyawan, wawancara hingga selesi
d. Melakukan seleksi promosi, transfering, dan demosi karyawan yang dianggap perlu
e. Melakukan kegiatan pembinaan, pelatihan dan kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan pengembangan kemampuan, potensi, mental, keterampilan dan pengetahuan karyawan sesuai dengan standar hotel
f. Bertanggung jawab pada hal yang berhubungan dengan absensi karyawan, perhitungan gaji, bonus dan tunjangan.
g. Membuat kontrak kerja karyawan serta memperbaharui masa berlakunya kontrak kerja
h. Melakukan tindakan disipliner pada karyawan yang melanggar peraturan atau kebijakan perusahaan

7. Finance Controller
Tugas Finance Cntroller adalah :
a. Membentuk, menganalisa dan menginterprestasikan data statistik maupun informasi keuangan, sehingga dapat memberikan penilaian independent mengenai rasio atau perbandingan antara hasil operasi (Tingkat keuntungan) dan kinerja terhadap anggaran, hal-hal lain terkait dengan perpajakan maupun tingkat ke efektifan operasional hotel.
b. Bertanggung jawab secara langsung untuk mengevaluasi kinerja staff maupun manager bagian accounting.
c. Menjaga sistem akuntansi dan pencatatan transaksi maupun aset hotel.
d. Berpartisipasi di dalam menyusun anggaran dan peramalan keuangan,institusi dan pengawasan terhadap perencanaan, pelaksanaan prosedur,analisa dan pelaporan selisih.
e. Bertanggug jawab terhadap perencanaan perpajakan, sejalan dengan peraturan Ditjen pajak terkait dengan peraturan pemerintah setempat mengenai penggajian dan pengupahan, serta peraturan yang terkait dengan perpajakan
f. Melengkapi laporan internal besrta perbaikan perubahannya agar dapat lebih berguna dan efisien, serta kelengkapan laporan terhadap pihak eksternal hotel.
g. Menilai tingkat penyusutan aktiva yang dapat dikapitalisasi dan memberikan saran kepada pihak manajemen maka diperlukan penyusuaian terkait dengan perubahan peraturan maupun undang-undang perpajakan.
h. Bekerja sama dengan kepala  Bagian keangan mengenai alur pembukuan maupun peningkatan prosedur dan prosesnya.
i. Mengawasi proses tutup buku bulanan, termasuk penjadwalannya, menilai semua jurnal-jurnal pembukuan dan analisa terhadap akun-akun yang ada.
j. Mengkoordinasikan pemeriksaan tahunan dan persiapan tutup buku tahunan.
k. Meneliti rekening koran dan laporan rekonsiliasinya atas bank yang mengelola keuangan hotel.
l. Mempertahankan pencatatan jadwal penarikan aktiva operasional hotel.
m. Menjaga informasi atau akun-akun investasi.
n. Memariksa utang untuk memastikan bahwa sistem pengawasan internal dipatuhi.

8. Chief Engineering
Tugas  chief engineering yaitu :
a. Bertanggung jawab mengatur Engineering departemen
b. Bertanggung jawab terhadap peralatan meeting yang berhubungan dengan teknik
c. Bertanggung jawab terhadap penyaluan tenaga listrik yang cukup keseluruh bagian hotel
d. Bertanggung jawab terhadap pemeliharaan dan perbaikan bagunan, furnitur dan perabot hotel.

Demikian tugas akhir / skripsi mengenai Gambaran Umum Dalton Hotel & Convention Makassar, semoga dapat bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel