Latar Belakang Peran dan Tugas Sekretaris pada PT Pos Indonesia (Persero)

Seiring dengan kemajuan teknologi yang begitu pesat mengakibatkan kemajuan di berbagai bidang, tidak terkecuali bidang sekretaris yang mengalami banyak perubahan.. Pekerjaan sekretaris terus berkembang seiring dengan tingkat kedudukan sekretaris serta tugas yang diberikan oleh pimpinan. Sejalan dengan kemajuan teknologi dan tingkat kebutuhan yang tinggi pekerjaan semakin bertambah, sehingga peran sekretaris menjadi sangat strategis. Dari masa ke masa pekerjaan sekretaris awalnya hanya membantu pimpinan di kantor dalam menangani surat-menyurat, selanjutnya tugas sekretaris semakin diperluas dengan pekerjaan lain dalam membantu pimpinan

Seorang sekretaris pada umumnya adalah seseorang yang membantu pimpinan untuk meringankan pekerjaan pimpinan agar pimpinan dapat bertindak secara efektif dan efisien dalam melaksanakan tugasnya. Dalam dunia kerja yang sibuk membutuhkan banyak karyawan untuk meringankan tugas dalam mencapai tujuan kantor, seorang sekretaris diharapkan dapat membantu mengatasi berbagai kesibukan, membantu menyelesaikan kesulitan pekerjaan sehingga bisa dicapai dengan hasil sesuai dengan yang diharapkan, serta memberikan motivasi bagi pimpinan untuk mencapai target yang telah di tetapkan; serta membantu seorang pemimpin atau badan pimpinan atau perusahaan, terutama untuk penyelenggaraan kegiatan administrasi yang akan menunjang kegiatan manajerial seorang pemimpin atau kegiatan operasional perusahaan.

Seorang sekretaris harus mampu berperan sebagai sumber dan filter informasi bagi pimpinan, disamping itu berperan sebagai asisten tangan kanan pimpinan dalam mengatur aktifitas perusahaan atau perkantoran mulai dari administratife sampai human relations, sebagai perantara bagi pimpinan dan pihak-pihak yang ingin berhubungan dengan pimpinan, sebagai alternatif pemikiran dari pimpinan dalam  hal-hal penuangan ide, sebagai secret keep atau pemegang rahasia pimpinan yang berkaitan dengan tugas perusahaan, sebagai mediator pimpinan dengan bawahan. 

Seorang sekretaris merupakan cerminan dari sebuah perusahaan atau kantor tempat bekerja, sehingga sekretaris yang baik adalah sekretaris yang mampu membawa dan menempatkan dirinya dimanapun dia berada, selalu bersikap profesional dalam menghadapi masalah serta bersikap ramah kepada siapa saja dan selalu siap membantu tanpa merasa dirinya paling benar.

PT Pos Indonesia (Persero) merupakan sebuah badan usaha milik negara (BUMN) Indonesia yang bergerak di bidang layanan Pos. Saat ini, bentuk badan usaha Pos Indonesia merupakan perseroan terbatas dan sering disebut dengan PT Pos Indonesia (Persero). Bentuk usaha PT Pos Indonesia (Persero) ini berdasarkan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 1995. Peraturan Pemerintah tersebut berisi tentang pengalihan bentuk awal Pos Indonesia yang berupa perusahaan umum (perum) menjadi sebuah perusahaan (persero).

Peran sekretaris dalam perusahaan PT Pos Indonesia (Persero)  di anggap penting karena semua bagian Devisi berkaitan dengan kesekretariatan.

Mengingat peran Sekretariatan dalam PT POS INDONESIA (Persero), penulis tertarik untuk membahasa mengenai PERAN DAN TUGAS SEKRETARIAT DI PT POS INDONESIA (Persero).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel