Strategi Promosi FAJAR TV Makassar dalam Menarik Minat Pengiklan

Realitas ekonomi yang harus dipahami adalah kenyataan bahwa media penyiaran, baik itu radio, televisi maupun online tidak berkembang dalam kekosongan. Berbagai media bertumbuh dalam suatu sistem yang kompleks dan harus segera bersaing dengan bentuk-bentuk strategi promosi yang ada guna mendapatkan perhatian dan dukungan bila ingin tetap hidup dan memperoleh keberhasilan secara finansial.
Selain itu, promosi merupakan salah satu fungsi manajemen yang memiliki kontak paling dekat dengan lingkungan eksternal, padahal perusahaan memiliki kendali yang terbatas terhadap lingkungan eksternal. Oleh karena itu, promosi memiliki peranan penting dalam menarik perhatian masyarakat.

Saat ini televisi telah mampu berevolusi dengan melakukan konvergensi dengan media lain, misalnya internet lewat live streaming. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika perkembangannya semakin pesat bersamaan dengan tayangannya. Tentunya, perkembangan itu diiringi dengan upaya yang tepat untuk dapat bertahan di tengah persaingan media sejenis. Penyuguhan programnya juga diiringi dengan strategi promosi yang tepat.
Pendapatan media penyiaran sebagian besar didapatkan dari iklan. Sementara itu, banyak sumber-sumber lain yang dapat digali untuk mendukung kehidupan media penyiaran. Bagaimanapun, iklan adalah bahan bakar untuk kontinuitas bekerja. Artinya, media penyiaran biasa siaran karena ada pemasukan untuk operasionalnya. Walaupun unsur idealisme media penyiaran sangat menonjol, tetapi unsur ini harus ditopang pula oleh bisnis perusahaan yang sehat.

Dalam kondisi susah sekalipun, iklan akan terus tumbuh karena tetap dibutuhkan dan menjadi investasi jangka panjang. Sejalan dengan pertumbuhan media, pertumbuhan belanja iklan tiap media cenderung meningkat. Semuanya memiliki kesempatan untuk tumbuh. Artinya, akan ada pembagian jatah iklan karena masing-masing media memiliki karakternya masing-masing. Selain itu, ada produk tertentu yang tidak cukup hanya menggunakan satu media sehingga harus beriklan di banyak media. Maksudnya, peluang untuk marketing media penyiaran semakin terbuka sejalan dengan perkembangan media yang diiringi dengan teknologi penyiaran yang semakin pesat.

Dewasa ini, promosi bukan hanya memberi pengetahuan tentang produk jasa yang ditawarkan tapi promosi berkaitan dengan bagaimana melihat kelebihan perusahaan untuk diinformasikan kepada masyarakat sehingga masyarakat tertarik untuk menggunakan jasa perusahaan.

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh penulis, Fajar TV Makassar melakukan berbagai strategi promosi dalam menarik minat pengiklan melalui dua strategi pokok, yaitu strategi bauran promosi dan strategi pemilihan media.
1. Strategi Bauran promosi
Strategi bauran promosi adalah kombinasi dari elemen-elemen promosi yang ditetapkan untuk mencapai tujuan tertentu. Fajar TV Makassar menggunakan lima elemen utama dalam bauran promosi, yaitu:
a. Advertising. Adertising atau periklanan erupakan bentuk dari komunikasi tidak langsung yang bertujuan memberi informasi, membujuk, dan mengingatkan produk perusahaan kepada masyarakat. Iklan merupakan salah satu bentuk promosi yang paling banyak digunakan perusahaan dalam mempromosikan produknya.
Fajar TV Makasssar menggunakan tiga jenis iklan, yaitu iklan media cetak berupa surat kabar, iklan media online, dan iklan media lini atas. Ketiga media ini dipandang mampu memenuhi tujuan promosi dengan efektivitas yang tinggi dan biaya yang relatif terjangkau.
Ketiga media ini juga digunakan dengan harapan dapat menarik perhatian masyarakat agar Fajar TV Makassar semakin dikenal. Jika semakin banyak yang mengenal Fajar TV Makassar maka semakin banyak yang yakin dan percaya untuk menggunakan jasa Fajar TV Makassar dalam beriklan.
b. Publisity. Publisity atau publisitas merupakan pemanfaatan nilai-nilai berita yang terkandung dalam suatu produk untuk membentuk citra produk tersebut. Publisitas dapat memberi informasi lebih terperinci daripada iklan. Menjadi media partner dalam suatu event adalah salah satu cara Fajar TV Makassar dalam melakukan publisitas. Event yang diikuti Fajar TV Makassar dalam beberapa bulan terakhir bekerja sama sebagai media partner dalam berbagai event antara lain adalah bersama samsung keker futsa league, DR.ZAKIR NAIK
Fajar TV Makassar aktif jika diajak dalam kegiatan kegiatan yang berhubungan dengan media massa. Menjadi media partner dalam suatu event atau kegiatan, Fajar TV Makassar berusaha memberi kepuasan kepada pihak penyelenggara serta semua pihak yang terlibat termasuk masyarakat pada umumnya agar tercipta kerja sama yang baik sehingga Fajar TV Makassar dinilai semakin baik dan ini bisa menarik pengiklan untuk menggunakan jasa Fajar TV Makassar. Menjadi media partner merupakan strategi promosi yang dinilai efektif dengan anggaran yang minim.
c. Direct Marketing. Direct marketing merupakan system pemasaran yang bersifat interaktif dimana komunikasi promosi ditujukan langsung kepada konsumen individual.
Ada tujuh area dalam direct marketing, yaitu direct mail, mail order, direct response, direct selling, telemarketing, digital marketing dan internet.
Fajar TV Makassar menggunakan area internet dalam melaksanakan direct marketing karena internet dipandang mampu dengan cepat mencapai tujuan promosi itu sendiri. Fajar TV Makassar memiliki website yang bisa digunakan untuk berinteraksi dengan masyarakat. Klien maupun masyarakat pada umumnya bisa memberi kritik, saran, dan komentar terkait pelayanan dan tayangan Fajar TV Makassar secara langsung melalui website tersebut dan akan langsung ditindak lanjuti oleh pihak pengelola website yaitu, kerja sama antara divisi produksi dan divisi marketing.
d. Personal Selling. Personal selling merupakan komunikasi langsung (tatap muka) antara pihak marketing dengan klien dengan tujuan mempromosikan produk jasa yang ditawarkan sekaligus membangun hubungan emosional dengan klien. Fajar  TV Makassar menggunakan personal selling lebih sering dibandingkan dengan elemen promosi yang lain karena berinteraksi langsung secara tatap muka dianggap sangat efektif. Personal selling yang dilakukan Fajar TV Makassar meliputi negosiasi dimana pihak marketing bertemu secara langsung dengan klien untuk memperkenalkan dan menjelaskan secara rinci mengenai prosedur beriklan di Fajar  TV Makassar.
Selanjutnya adalah mengadakan roadshow, dimana Fajar TV Makassar dapat melakukan penetrasi langsung yaitu berinteraksi dengan masyarakat mengenai kelebihan kelebihan yang dimiliki Fajar TV Makassar dalam segi tayangan maupun pelayanan jasa beriklan. Roadshow biasanya dilakukan bekerja sama dengan pihak lain sebagai sponsor. Hal ini untuk menekan anggaran promosi seminim mungkin.
Roadshow ini bertujuan memberi pengetahun tentang media kepada pelajar sekaligus menunjukkan bahwa Fajar TV Makassar peduli terhadap isu-isu media yang sedang berkembang. Dalam roadshow Fajar TV Makassar memasang spanduk, umbul-umbul serta mendirikan stan (booth) yang juga merupakan bagian dari elemen promosi periklanan dimana para pengunjung atau peserta seminar bias berinteraksi langsung dengan karyawan Fajar TV Makassar. Hal ini menjadikan roadshow menjadi salah satu sarana promosi yang efektif. Fajar TV Makassar juga melakukan kunjungan-kunjungan ke masyarakat sebagai bentuk kegiatan sosial untuk menjalin hubungan emosional yang baik dengan masyarakat.
e. Public Relation Public relations merupakan upaya suatu perusahaan untuk memengaruhi persepsi, opini, keyakinan, dan sikap masyarakat terhadap perusahaan Public relations menjadi penting dimasukkan dalam elemen promosi karena sebagai perusahaan yang bergerak dibidang jasa, Fajar TV Makassar membutuhkan pencitraan yang baik terhadap perusahaan dan kinerjanya serta bagaimana membangun relasi yang baik dengan klien sehingga tercipta hubungan kerja sama yang berkelanjutan.
Public relations berfungsi melihat kelemahan-kelemahan Fajar TV Makassar dan dituntut peka terhadap isu-isu yang berkembang di masyarakat sehingga kemungkinan terciptanya citra negatif Fajar TV Makassar dapat dihindari.

2. Strategi pemilihan media
Strategi pemilihan media bertujuan untuk memilih media yang tepat untuk promosi dalam rangka membuat masyarakat menjadi  tahu, paham, menentukan sikap, dan menggunakan jasa yang ditawarkan oleh perusahaan. Kelebihan dan kekurangan media menjadi salah satu faktor pendukung dalam pemilihan media. Strategi pemilihan media menjadi factor penting keberhasilan promosi suatu perusahaan.
Fajar TV Makassar melakukan pemilihan media menggunakan metode cost-per-thousand contacts comparison yang digabungkan dengan beberapa faktor serta ketentuan yang telah ditetapkan oleh divisi marketing. Metode ini dipandang cukup efektif dalam melakukan pemilihan media yang tepat dan sesuai dengan keinginan Fajar TV Makassar.
Strategi pemilihan media berkaitan erat dengan advertising (periklanan) yang merupakan elemen dari strategi bauran promosi sehingga pemilihan media tidak dapat dipisahkan dari strategi bauran promosi termasuk tujuan yang ingin dicapai. Tujuan yang ingin dicapai melalui advertising akan memengaruhi strategi pemilihan media.
Fajar TV Makassar melaksanakan kegiatan advertising dengan tujuan menarik perhatian masyarakat sehingga berdampak terhadap minat pengiklan, maka dari itu Fajar TV Makassar berusaha memilih media untuk beriklan yang efektif dengan biaya yang murah.

Fajar TV Makassar memilih beriklan di tiga kelompok  media yaitu media cetak, media lini atas, dan media online.
1. Media Cetak
Media cetak merupakan media yang masih menjadi pilihan perusahaan dalam beriklan karena memiliki keunggulan yaitu cakupan yang luas, fleksibel, aktual, dan terpercaya.
Fajar TV Makassar menggunakan salah satu dari beberapa jenis media cetak yaitu surat kabar. Surat kabar digunakan untuk menginformasikan program terbaru dari Fajar TV Makassar. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan jumlah penonton dan menarik minat pengiklan.
Surat kabar yang digunakan Fajar TV Makassar adalah Harian Fajar. Alasan pemilihan karena Harian Fajar tergabung dalam group yang sama dengan Fajar TV Makassar.
Diharapkan, masyarakat yang melihat iklan Fajar TV Makassar tertarik untuk menonton dan kemudian melihat kualitas tayangannya sehingga memutuskan menggunakan jasa Fajar TV Makassar untuk beriklan. Akan tetapi Fajar TV Makassar merasa surat kabar terkesan masih konvensional sehingga promosi perlu diiringi dengan menggunakan media lain.
2. Media Lini Atas
Media iklan luar ruang ini banyak digunakan oleh perusahaan dalam beriklan karena dipandang mampu menarik perhatian masyarakat.
Fajar TV Makassar menggunakan beberapa jenis media lini atas sperti billboard, spanduk, dan umbul-umbul. Akan tetapi, yang dianggap paling efektif adalah billboard. Penggunaan spanduk dan umbul-umbul biasanya hanya pada event off air maupun roadshow. Billboard sering diartikan sebagai poster dalam ukuran yang besar.
Billboard dipandang efektif karena ukurannya yang besar dan penampilannya yang bisa dirancang semenarik mungkin sehingga bisa menarik perhatian masyarakat apalagi jika penempatannya di lokasi-lokasi strategis yang bisa sering dilihat oleh masyarakat.
Billboard biasanya digunakan untuk mempromosikan program terbaru Fajar TV Makassar, menginformasikan event-event yang akan diadakan, serta menginformasikan penghargaan-penghargaan yang diterima oleh Fajar TV Makassar. Hal ini bertujuan menarik minat pengiklan dan meningkatkan jumlah penonton Fajar TV Makassar.
3. Media Online
Media online merupakan media iklan baru yang hadir di era globalisasi yang menggunakan internet sebagai sarana untuk mengaksesnya. Media online dipandang mampu bersaing dengan media cetak dan media elektronik, bahkan sebagian orang melihat media online dapat mengungguli kedua media tersebut.
Fajar TV Makassar menjadikan media online sebagai sarana promosi satu-satunya yang bisa menciptakan interaksi dengan masyarakat secara langsung. Melalui website dan live streaming yang disediakan serta social media yang paling banyak digunakan oleh masyarakat yaitu facebook dan twitter. Di website, masyarakat bisa langsung memberi kritik, saran, dan komentar terkait program dan pelayanan Fajar TV Makassar dan bisa secara langsung mendapat respon dari pihak Fajar TV Makassar.
Pemilihan media online didasari kelebihan-kelebihan yang dimiliki seperti fleksibel (bisa diakses kapan saja), murah, sangat populer di masa sekarang, serta terdapat berbagai fitur menarik. Akan tetapi, media online juga memiliki kelemahan yaitu kebanyakan hanya bisa dinikmati oleh masyarakat kelas menengah dan kelas atas karena dibutuhkan koneksi internet untuk mengakses, terlebih untuk masyarakat di luar kota Makassar yang cukup sulit mendapat koneksi internet yang stabil.

Dalam penentuan strategi promosi, Fajar TV Makassar memiliki tiga factor yang akan memengaruhi penentuan strategi promosi, yaitu:
1. Efektivitas. Efektivitas bertujuan mengukur seberapa besar efek atau dampak yang dihasilkan dari suatu strategi promosi. Fajar TV Makassar menentukan strategi promosi yang bisa menarik minat pengiklan secara maksimal dengan anggaran yang disesuaikan.
Efektivitas akan menentukan presentase dari masing-masing elemen bauran promosi yang akan digunakan dan juga dalam pemilihan media.
Efek atau dampak yang diharapkan Fajar TV Makassar adalah bertambahnya pengiklan serta penonton sehingga rating Fajar TV Makassar bisa naik.
2. Anggaran. Anggaran untuk promosi suatu perusahaan berbeda-beda tergantung target yang akan dicapai. Fajar TV Makassar menentukan anggaran promosi disesuaikan dengan ketetapan strategi promosi apa yang akan dijalankan. Pada umumnya, anggaran promosi Fajar TV Makassar sekitar 10% dari total anggaran operasional keseluruhan.
Fajar TV Makassar tidak terlalu banyak mengeluarkan anggaran promosi karena biasanya dalam strategi promosi yang dijalankan mendapat bantuan dari sponsor, contohnya dalam suatu program off air, Fajar TV Makassar bekerja sama dengan perusahaan lain untuk menjadi sponsor.
3. Target Promosi.  Target promosi disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan. Fajar TV Makassar menentukan target sesuai kebutuhan setiap tahunnya. Target promosi ditentukan berdasarkan situasi pasar, kondisi keuangan, pesaing, target promosi tahun sebelumnya, kondisi perekonomian nasional, dan hal-hal lain yang dikondisikan.
Contohnya, untuk menentukan target promosi tahun ini divisi marketing dan Event organizer akan melihat berapa target promosi tahun sebelumnya, hasilnya bagaimana apakah mencukupi kebutuhan Fajar TV Makassar atau tidak, jika target terpenuhi dan hasilnya maksimal biasanya divisi marketing akan menaikkan target promosi.
Target promosi menurut Fajar TV Makassar dapat tercapai bukan hanya diukur dari meningkatnya jumlah pengiklan tetapi dari rating yang meningkat karena hal ini dipandang lebih penting dalam menjaga eksistensi Fajar TV Makassar.

Dalam pelaksanaan strategi promosi, tentu saja Fajar TV Makassar mengalami kendala atau tantangan antara lain:
1. Kualitas jaringan
Fajar TV Makassar melihat bahwa banyak masyarakat yang selalu mengutamakan harga dibandingkan dengan kualitas pelayanan yang diberikan. Sebagai statiun televisi lokal di Makassar yang menghasilkan gambar dengan kualitas HD (high definition), Fajar TV Makassar memberi harga yang lebih tinggi dibandingkan dengan stasiun televisi lokal lainnya. Hal ini dipandang sebagai penyebab menurunnya jumlah pengiklan selama tiga tahun terakhir, padahal harga yang diberikan sebanding dengan kualitas pelayanan yang akan diterima oleh klien.
2. Kurangnya Sumber Daya Manusia (SDM)
Divisi marketing Fajar TV Makassar menjalankan dua fungsi sekaligus yaitu pemasaran, penjualan, dan Divisi Event Organizer kegiatan dan promosi sehingga staf/karyawan harus dituntut bekerja lebih keras dalam melaksanakan dan mencapai hasil maksimal dari kedua fungsi yang dijalankan tersebut. Hal ini dipandang menjadi kendala maupun tantangan bagi Fajar TV Makassar dalam menjalankan strategi promosinya karena bukan menjadi tugas mudah untuk bekerja dalam fungsi-fungsi yang berbeda.
3. Persaingan dengan Statiun Televisi Lokal Lainnya

Di awal kehadirannya Fajar TV Makassar dengan nama Makassar TV hadir sebagai satu-satunya stasiun televisi lokal sehingga tanpa strategi promosi yang kuat, Fajar TV Makassar menjadi satusatunya pilihan masyarakat dalam beriklan. Seiring dengan perkembangan televisi lokal di Makassar, banyak stasiun televisi lokal baru yang hadir di tengah masyarakat. Hal ini menjadi tantangan bagi Fajar TV Makassar untuk tetap menjaga eksistensinya dan menarik minat pengiklan.

Jumlah pengiklan Fajar TV Makassar mengalami peningkatan setiap tahunnya pada periode kedua (Mei-Agustus) dikarenakan situasi pasar dan kondisi perekonomian nasional yang cenderung stabil pada kuartal II setiap tahunnya.
Namun, selama 3 tahun berturut-turut dari 2014-2016, Fajar TV Makassar mengalami penurunan jumlah pengiklan terutama pada tahun 2016 yang menurun hingga 80%. Hal ini sangat disayangkan karena kualitas tayangan yang diberikan lebih tinggi dibandingkan stasiun televisi lokal lainnya.
Penurunan jumlah pengiklan merupakan dampak dari rendahnya minat pengiklan untuk menggunakan jasa Fajar TV Makassar dalam beriklan. Rendahnya minat pengiklan ini salah satunya disebabkan oleh tingginya tarif beriklan di Fajar TV Makassar dibandingkan stasiun televisi lokal lainnya.
Penurunan jumlah pengiklan bukan menjadi kendala berarti bagi Fajar TV Makassar untuk terus memberikan tayangan yang menginspirasi masyarakat. Tantangan dan kendala ini dijadikan motivasi untuk terus berusaha memberikan yang terbaik bagi penonton dan pengiklan demi menjaga eksistensi Fajar TV Makassar.
Hal penting yang ingin dicapai dari strategi promosi Fajar TV Makassar selain meningkatnya penonton dan pengiklan adalah kepuasan klien terhadap pelayanan dan kemampuan Fajar TV Makassar dalam menjalin hubungan kerja sama dengan semua pihak yang terlibat dalam strategi promosinya.

Demikian mengenai Strategi Promosi FAJAR TV Makassar dalam Menarik Minat Pengiklan, semoga dapat bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel