Tinjauan Strategi Marketing Mix Pada PT. Angkasa Pura I (Persero) Makassar Studi Kasus Jasa Pemakaian Counter

Tugas Akhir - Tinjauan Strategi Marketing Mix Pada PT. Angkasa Pura I (Persero) Makassar Studi Kasus Jasa Pemakaian Counter

1.1 Latar Belakang Masalah
Dalam era perdagangan bebas, setiap perusahaan menghadapi persaingan yang ketat Meningkatnya intensitas persaingan dan jumlah pesaing menuntun perusahaan untuk selalu memperhatikan kebutuhan dan keinginan konsumen serta berusaha memenuhi harapan konsumen dengan cara memberikan pelayanan yang lebih memuaskan daripada yang dilakukan oleh pesaing.
Pada dasarnya tujuan dalam mendirikan perusahaan adalah mencari laba semaksimal mungkin.Keberhasilan suatu perusahaan dalam mencapai tujuan itu sangat dipengaruhi oleh kemampuan perusahaan dalam memasarkan produknya. Perusahaan dapat menjual produknya dengan harga yang menguntungkan pada tingkat kualitas yang diharapkan, akan mampu mengatasi tantangan dari para pesaing terutama dalam bidang pemasaran (Dharmmesta, Basu Swastha dan Irawan 2001)
Walaupun laba bukan satu-satunya tujuan perusahaan didirikan, tetapi tidak boleh diabaikan begitu saja, sebab kelangsungan hidup perusahaan ditentukan seberapa besar sumbangan yang mampu diberikan dalam bentuk laba atas investasi-investasi yang di lakukan, pada suatu kegiatan usaha tertentu. Oleh karena itu pengelolaan yang baik terhadap semua aktivitas perusahaan terutama yang berhubungan dengan aktivitas marketing.
Promosi tetap di butuhkan. Apapun jenis jasa yang anda tawarkan, anda harus memperkenalkannya pada masyarakat dan terlebih lagi pada target pasar anda. Promosi sangat penting guna image produk kepada konsumen. Promosi yang paling sederhana adalah dari mulut ke mulut, opini dari orang lain hingga beriklan di Koran, majalah dan website iklan. Anda juga dapat menyebarkan brosur dan bahkan membangun website professional guna mendukung usaha jasa anda, saat ini biaya membuat website sudah tidak lagi mahal.
Agar berhasil dalam kondisi saat ini, diperlukan strategi bauran pemasaran berorentasi pasar yang dapat mengantisipasi seluruh keinginan konsumen, mengatasi ancaman persaingan, dan memperkuat keunggulan bersaing.Perubahan pola bersaing global tersebut mutlak memerlukan analisis terhadap segala kekuatan lingkungan yang mempengaruhi perubahan secara berkesinambungan.
Secara umum peningkatan volume penjualan yang dihasilkan oleh perusahaan dipengaruhi oleh 2 faktor, yaitu factor internal perusahaan (hal-hal yang dapat dikendalikan oleh perusahaan, misalnya mutu produk, kemasan, harga, dll) dan factor eksternal perusahaan (hal-hal yang berada diluar jangkauan perusahaan, misalnya, globalisasi, teknologi, deregulasi, selera, situasi politik, dan lain-lain), (Augusty T. Ferdinand : 2006)
Inti utama dari kegiatan pemasaran yang dikenal luas adalah bauran pemasaran (marketing mix), yang mencakup 7P (product, price, place, promotion, people, physic, process). Ketujuh variable tersebut merupakan kombinasi yang mempunyai peran yang sama dan merupakan satu kesatuan guna menunjang sukses perusahaan. Karena product, price, place, dan promotion dapat digunakan oleh perusahaan yang bersangkutan untuk menyusun strategi dasar perusahaan yang dapat menjadi acuan bagi penyusun strategi bauran pemasaran yang efektif. Pada pelaksanaannya alat pemasaran (marketing mix) tersebut dilakukan secara berbeda-beda dan unik, tetapi tujuan akhir dari marketing mix tersebut adalah meningkatkan penjualan dari produk yang dihasilkan oleh perusahaan tersebut dan menghasilkan laba.
Salah satu bentuk strategi pemasaran yang mampu mempengaruhi konsumen mengambil keputusan adalah penggunaan strategi bauran pemasaran yang meliputi produk, harga, promosi, dan tempat (saluran distribusi).Strategi pemasaran dan strategi bauran pemasaran mempunyai hubungan yang tidak terpisahkan. Strategi bauran pemasaran  merupakan salah satu alat dari strategi pemasaran untuk mencapai tujuan perusahaan, khususnya dalam fungsi penciptaan pertukaran.
PT. Angkasa Pura I (Persero) Kantor Cabang Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar merupakan salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di sector perhubungan yang bergerak dalam bidang pengelolaan dan pengusahaan kebandar udaraan, serta pelayanan jasa navigasi penerbangan. Tugas pokoknya adalah pengelolaan dan pengusahaan dan ditargetkan untuk meningkatkan laba.
Berdasarkan hal tersebut, maka penulis tertarik membahasnya dalam sebuah penelitian dengan judul “Tinjauan Strategi Marketing Mix Pada PT. Angkasa Pura I (Persero) Makassar Studi Kasus Jasa Pemakaian Counter”.

1.2 Rumusan Masalah
Berdasarkan uraian latar belakang masalah diatas maka penulis menemukan permasalahan yaitu :
1. Bagaimana pelaksanaan strategi marketing mix pada PT. Angkasa Pura I (Persero) Cabang Makassar.
2. Hambatan-hambatan apa saja yang di hadapi dalam pelaksanaan strategi marketing mix pada PT. Angkasa Pura I (Persero) Cabang Makassar ?

1.3 Tujuan Penelitian
1. Untuk mengetahui pelaksanaan strategi marketing mix pada PT. Angkasa Pura I (Persero) Cabang Makassar.
2. Untuk menganalisa hambatan-hambatan apa yang dihadapi dalam pelaksanaan strategi marketing mix pada PT. Angkasa Pura I (Persero) Cabang Makassar Studi Kasus Jasa Pemakaian Counter.

1.4 Manfaat Penelitian
Dalam penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat berbagai pihak sebagai berikut :
1.Bagi Perusahaan
Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi yang berguna untuk mengevaluasi kembali sumber strategi marketing mix  dan kendala-kendala yang dihadapi PT. Angkasa Pura I (Persero) Cabang Makassar serta solusi apa yang dapat menanggulangi hambatan-hambatan pelaksanaan strategi marketing mix.
2. Bagi Penulis
Hasil penelitian ini sebagai tugas akhir untuk memenuhi salah satu syarat kelulusan program diploma III, dan juga menambah pengetahuan tentang strategi pemasaran pada salah satu perusahan BUMN.
3. Bagi Pembaca
Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan referensi dalam melakukan penelitan-penelitan berikutnya serta menambah wawasan dan pengetahuan.

Tugas akhir yang berhubungan dengan Tinjauan Strategi Marketing Mix :
Tinjauan Strategi Marketing Mix Pada PT. Angkasa Pura I (Persero) Makassar Studi Kasus Jasa Pemakaian Counter
Tinjauan Pustaka Tinjauan Strategi Marketing Mix Pada PT. Angkasa Pura I (Persero) Makassar Studi Kasus Jasa Pemakaian Counter
Metode Penelitian Tinjauan Strategi Marketing Mix Pada PT. Angkasa Pura I (Persero) Makassar Studi Kasus Jasa Pemakaian Counter
Hasil Penelitian dan Pembahasan Tinjauan Strategi Marketing Mix Pada PT. Angkasa Pura I (Persero) Makassar Studi Kasus Jasa Pemakaian Counter
Kesimpulan dan Saran tinjauan strategi bauran pemasaran pada PT Angkasa Pura I (Persero) Cabang Makassar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel